Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Pesawat Drone Militer Andalan Tentara Amerika Serikat (2016)

Pesawat Drone Identik dengan Kebutuhan Perang. Walaupun ngga Semua Drone di Ciptakan untuk Perang. Manfaat Drone juga bisa banyak di Gunakan untuk Kebaikan Manusia di Bidang Pertambangan, Energi, Perikanan, Pemerintahan, Sipil, Hobi, Kehutanan, Pemetaan, dll.

Tetapi di Benak Banyak Orang, DRONE Sudah Mengakar Sebagai Mesin PERANG. Diciptakan memang untuk membunuh atau mencabut nyawa orang lain.

Sejak Peristiwa “11 September 2001”. Amerika Serikat melakukan invasi ke Timur Tengah dgn menginjakkan kakinya di Tanah Afghanistan untuk menangkap Osama Bin Laden. Dan untuk Merubah Afghanistan Sebagai Negara Demokrasi.

Kemudian disusul dengan Serangan ke Irak. Untuk menangkap Saddam Hussein yg di Tuduh memiliki Nuklir dan untuk menggantikan Pemerintahan Irak yg dianggap Diktator menjadi Demokrasi.

Memang Sulit Mengetahui Secara Pasti Berapa Jumlah Orang yg Sudah Tewas di Sana.

Menurut Investigasi Nafeez Ahmed. Di Perkirakan 4.000.000+ Orang di Timur Tengah Telah Merenggang Nyawa akibat Perang. (2001-2016). Hampir Keseluruhan yg Tewas merupakan Warga Muslim.

Memang Tak Semuanya Tewas Karena Perang. Beberapa Orang Tewas Karena Embargo, Salah Sasaran, Kelaparan, Sakit Penyakit, Kacaunya Politik di sana. dan Ya..? Lagi-Lagi Infrastruktur yg menjadi Kebutuhan Penting bagi Masyrakat juga Turut di Bom.

Drone di Ketahui Turut Andil dalam Peristiwa Tersebut. Inilah 9 Pesawat Drone Militer Andalan Amerika Serikat yg akan di Gunakan Pada Tahun 2017.

1]. MQ-9 REAPER










MQ-9 REAPER akan menjadi Pengganti Pesawat Drone MQ-1 PREDATOR. Predator sudah lama dalam Dinas Militer AS dan telah terlibat dalam perang panjang. Saat ini, MQ-1 Predator masih digunakan. Tetapi Sedikit demi Sedikit penggunaannya dikurangi. Tepatnya Pada Tahun 2018. Drone Predator akan Pensiun Seutuhnya digantikan oleh MQ-9 REAPER.

MQ-9 REAPER adalah Pesawat Drone yg memiliki Kemampuan 2x dari MQ-1 PREDATOR. Menurut USAF. MQ-9 REAPER akan menjadi Andalan Utama Sampai Tahun 2030. MQ-9 REAPER dijuluki juga sebagai DRONE PREDATOR B

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Daya Angkut Rudal / Bom : 1.700 Kg (atau membawa 7 Rudal)

- Kecepatan : 482 Km/Jam

- Lama Durasi Terbang : 14 Jam

- Kemampuan Terbang Tinggi : 15 Km

- Radar : AN/DAS-1 MTS-B, AN/APY-8 dan SEAVUE

- Harga 1 Unit : $ 16.900.000 (atau Sekitar Rp 212 Miliar Per Unit)

- Perusahaan Pembuat : General Atomics (Amerika Serikat)

- Jumlah yg di Miliki Tentara AS : 93 Unit (Saat ini Sedang Tahap Produksi Hingga 396 Unit)

- Manfaat : Pengintai dan Pembunuh

2]. PUMA
Puma atau RQ-20 merupakan Varian Kecil yg dapat di Luncurkan oleh Tentara Amerika Serikat dengan cara di Lempar menggunakan kedua Tangan. Puma berbentuk Kecil dengan Tenaga Baterei. Ia juga dapat mendarat di Tanah Tak Beraspal. 

Dalam Bidang Militer. PUMA di Gunakan oleh Grup Tentara dengan Kelompok Kecil untuk Pengawasan dan Pengumpulan Intelijen Jarak Dekat.

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Kecepatan : 83 Km / Jam

- Batas Panjang Jarak Tempuh : 15 Km

- Lama Terbang : 2 Jam

- Harga Per Unit : $ 250.000 (atau sekitar Rp 3 Miliar Rupiah Per Unit)

- Jumlah yg dimiliki Pemerintah AS : 1.000 Unit

- Manfaat : Pengintai Jarak Dekat

- Sensor : Elektro Optik dan Kamera Inframerah

- Perusahaan Pembuat : AEROVIRONMENT (Amerika Serikat)

3]. SHADOW

SHADOW atau RQ-7 merupakan Kendaraan Tanpa Awak yg di Gunakan untuk Pengintaian, Pengawasan, Target Akuisisi dan Sebagai Pendukung Gerak Manuver Pasukan Darat untuk Jarak Sedang. Pesawat ini dapat Terbang di Bandara yg Pendek atau Dapat di Lepaskan Menggunakan Ketapel Pneumatik yg Biasanya di Pasang di atas Kendaraan Perang.

Berbagai Macam Elektro Optik, Inframerah (EO/IR), Kamera Video Real Time, Data Link, dll Telah Terinstall Padanya.  

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Kecepatan : 240 Km / Jam

- Batas Panjang Jarak Tempuh : 109 Km

- Lama Terbang : 9 Jam

- Harga Per Unit : $ 750.000 (atau sekitar Rp 9 Miliar Rupiah Per Unit)

- Jumlah yg dimiliki Pemerintah AS : 450 Unit

- Manfaat : Pengintai Jarak Menengah dan Pendukung Angkatan Darat

- Ketinggian Terbang : 4,5 Km

- Perusahaan Pembuat : Membeli Lisensi Teknologi dari Israel Aerospace Industries (Israel). Dan Proses Pengerjaan Kontraktor Pembuatan Kemudian di Lakukan oleh TEXTRON. (AS).

4]. TRITON

Triton atau MQ-4C saat ini masih dalam Tahap Produksi. TRITON akan menggantikan Penuh RQ-4 GLOBAL HAWK. Tetapi untuk Global Hawk yg Terlanjur Sudah di Produksi Tetap di Gunakan untuk Tahun Tahun Mendatang. Setidaknya, Tahun 2023 Menurut Naval Air Systems Command. Seluruh Armada Penjaga Laut AS menggunakan TRITON.

TRITON memiliki Kemampuan 2x di atas GLOBAL HAWK. Di Gunakan Sebagai Pengawasan dan Pengintai (ISR). TRITON di-Khusususkan untuk Patroli Keamanan Laut dalam Misi Pengawasan Lautan dan Daerah Pesisir. Bentuk Tubuhnya yg Bongsor memungkinkannya Tahan Terhadap Terjangan Angin Laut, Petir, dan Badai Laut.


Status TRITON Tak di Gunakan untuk Perang. Tugas Utamanya Sebagai Patroli Penjaga Laut dalam Negeri Amerika Serikat.

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Kecepatan : 575 Km / Jam

- Jarak Jelajah Pengelilingan Patroli Laut : 15.186 Km

- Lama Terbang : 30 Jam

- Harga Per Unit : $ 122.000.000 (atau sekitar Rp 1,6 Triliun Rupiah Per Unit)

- Jumlah yg dimiliki Pemerintah AS : 2 Unit [Saat ini Tahap Produksi]

- Manfaat : Patroli Laut dan Penjaga Laut

- Ketinggian Terbang : 18 Km

- Perusahaan Pembuat : Northrop Grumman.

5]. SNOWGOOSE
Snowgoose atau CQ-10 adalah Pesawat UAV Kendaraan Tanpa Awak Otonom yg bekerja berdasarkan Perintah GPS. Di Gunakan Sebagai Pengiriman Logistik, Pengiriman Alat Medis, Makanan, dan Dapat Membawa Amunisi Peluru Seberat 272 Kg ke Tempat yg Sulit di Jangkau.

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Mesin : Piston Rotaz 914, 81 kW (110 hp)

- Kecepatan : 61 Km / Jam

- Batas Ketinggian Terbang : 5,5 Km

- Jarak Tempuh ke Target : 300 Km

- Jumlah yg dimiliki Tentara AS : 15 Unit [Saat ini Tahap Produksi 49 Unit Tambahan]

- Perusahaan Pembuat : MMIST (Kanada)

5]. QF-16 FIGHTING FALCON
F-16 Merupakan Pesawat Tempur Multirole yg Banyak di Gunakan oleh Berbagai Negara. Kehandalannya Lincah, Cepat dan Gesit. Perusahaan Pembuat Boeing Telah Bekerja Keras Menyempurnakan upgrate F-16 dari Bentuk Pertama Hingga ke Generasi VIPER.

Saat ini, F-16 yg Terkenal Sebagai Pesawat Berawak. Di Kembangkan Kembali Menjadi QF-16. Versi QF-16 memiliki 2 Versi. Yaitu : Sebagai Pelatihan dan Sebagai Generasi Penyerang Next Berikutnya. Untuk Pelatihan. QF-16 dijadikan Sasaran Tembak untuk Pelatihan Pilot Pesawat Tempur.

Sedangkan QF-16 untuk Pertempuran. Akan di Jadikan Sebagai Program WINGMAN. Di Mana ia akan di Sanding dengan F-22 Raptor dan F-35 Lightining untuk memainkan Peran sebagai Pembantu Pertempuran dalam membawa Perbekalan Rudal yg Lebih Banyak. Dan Sebagai Pengecoh untuk memancing Lawan menembakkan Rudal.

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Kecepatan : 2.000 Km / Jam (atau dalam kecepatan Suara : Mach 2.0)

- Radius Tempur : 546 Km

- 120Nm GRDCS Datalink : Peningkatan TVI, Data Latency dan Stabilitas Frekuensi

- Senjata Akurasi Scoring : Peningkatan Sistem Doppler

- Penanggulangan : F-16 Chaff & Flare, EA Pods, ALQ-188 & ALQ-167

- Jumlah yg dimiliki Tentara AS : 30 Unit [Di Rencanakan 126 Unit Tambahan]

- Perusahaan Pembuat : Boeing

- Fungsi :

> Penyerang Udara Skala Penuh Baik Darat Maupun Udara.

> Sebagai WINGMAN (Sayap Tempur Pembantu/Pengecoh/Pembawa Rudal Tambahan)

> Pelatihan (Sasaran Tembak)

6]. FIRE SCOUT
Fire Scout atau MQ-8B adalah Helikopter Tanpa Awak yg Dapat Beroperasi Secara Otonom Berdasarkan GPS atau Di Kendalikan Secara Semi-Otonom. Ia mampu Lepas Landas dan Mendarat Secara Vertikal.

Kegunaannya dirancang untuk memberikan Kesadaran Situasional Bagi Armada Darat, Laut dan Udara. Fire Scout dapat membawa Beban Kargo Berat Logistik Hingga 272 Kg - 320 Kg.

Ia juga dapat Membawa Rudal Hellfire untuk memberikan dukungan Tempur atau Sebagai Pemberi Peringatan.  

Spesifikasi :

- Kru : 0

- Mesin : 1 x Rolls Royce 250, 313 kW (420 hp)

- Kecepatan : 213 Km / Jam

- Batas Ketinggian Terbang : 6,1 Km

- Jarak Tempuh Dari Titik Station Pengendali Darat : 203 Km

- Jumlah yg dimiliki Tentara AS : [Jika Tak ada Halang Melintang. Rencananya 100 unit. Saat ini Sedang Proses Produksi. 28 Unit Telah Memasuki Dinas Layanan]

- Harga : $ 14.000.000 (atau Sekitar Rp 18 Miliar Rupiah)

- Perusahaan Pembuat : Northrop Grumman (Amerika Serikat)

7]. SWITCHBLADE
Switchblade merupakan Gabungan Seperti Mortal Artileri, Rudal Bom dan Drone. Tetapi di Gunakan untuk melakukan Hal Kamikaze. (Menghancurkan Dirinya Sendiri Bersamaan dgn Target Sasarannya).

Senjata Switchblade Telah digunakan Luas oleh Tentara Amerika Serikat di Afghanistan. Ribuan Switchblade Telah di Ledakkan.

Switchblade berbentuk Ringan dan Mudah di Bawa di Tas Ransel. Swicthblade dikendalikan melalui Remote Kontrol Via Digital Data Link (DDL) dengan Kamera Video yg dikendalikan oleh Tentara. Ledakan Switchblade sama seperti Bom Granat Tangan.

Spesifikasi :

- Berat : 2,7 Kg

- Jarak Jangkau : 10 Km

- Lama Berkeliaran di Udara : 10-15 Menit

- Kecepatan : 157 Km/Jam

- Perusahaan Pembuat : AeroVironment  (Amerika Serikat)

- Jumlah Produksi : Tergantung Pesanan Pentagon Tiap Tahun [ ? ]

- Harga Per Unit : $ 70.200 (atau Sekitar Rp 933.000.000 Juta Per Unit)

- Kegunaan : Bom

8]. AGM JASSM
AGM JASSM memiliki 2 Varian. Yaitu AGM-158A (JASSM) dan AGM-158b (JASSM-ER). Teknologi ini Merupakan Gabungan antara Rudal Jelajah, Drone dan Bom.

Sistem Bimbingannya menggunakan Navigasi Inersia dengan memperbaharui Global Positioning System.

Data Linknya memungkinkan AGM JASSM memberikan Status Penglihatannya ke Armada Militer Pesawat Tempur atau Kapal Perang yg Lainnya.

AGM JASSM diciptakan sebagai Spesialis Penyerang Jarak Jauh dari Jangkauan Jauh untuk menembus Pertahanan Lawan dan menghancurkan Infrasturktur yg bernilai besar. Termasuk menghancurkan Bunker, Benteng, Gedung, dll.

AGM JASSM di Luncurkan Melalui Platform Pesawat tempur seperti : B-52, F-15E, F-16, B-1B, dan F-35.

Spesifikasi AGM-158A JASSM

- Berat : 975 Kg

- Jarak Jangkau : 370 Km

- Kecepatan : 800 Km/Jam

- Berat Hulu Ledak Bom : 450 Kg

- Propulsion : Teledyne CAE J402-CA-100 Turbojet

- Harga : $ 850.000 (Sekitar Rp 11 Miliar Rupiah Per Unit)

Spesifikasi AGM-158B JASSM-ER

- Kecepatan : 800 Km/Jam

- Propulsion : Williams Internasional F07-WR-105 Turbofan

- Jarak Tempuh : 1.000 Km

- Harga : $ 1.327.000 (atau sekitar Rp 17 Miliar Per Unit)

- Jumlah Produksi : Tergantung Pesanan Pentagon Tiap Tahun [ ? ]

- Perusahaan Pembuat : Lockheed Martin

9]. UCLASS X-47B [DI BATALKAN]
Setelah Perdebatan Sengit. Akhirnya Drone UCLASS di Batalkan.

UCLASS X-47B Merupakan Pesawat Drone Otonom yg Dapat Mendarat di Kapal Induk. Pengembangannya Telah Di Lakukan Selama Bertahun-tahun. Ia juga unggul dari segi Kecepatan Terbang.

Tetapi ternyata Kelahiran X-47B dinilai Gagal. Bersanding dengan Beberapa Proyek Prototipe Drone milik Amerika Serikat yg juga banyak gagal untuk memasuki Armada Kelas Utama Sebagai Andalan.

Segi Anggaran Keuangan yg Terbatas juga memaksa Proyek X-47B di Hentikan karena Tak Relevan menghadapi China dan Rusia yg memiliki Perisai Udara yg Semakin Canggih.

Sebagai Pengganti X-47B. F-35 Lightining akan di Prioritaskan. Mengingat bukan hal yg mustahil F-35 juga dapat diupgrate menjadi Tanpa Awak.

Selain itu, Pemerintahan AS juga sedang menunggu kedatangan Proyek Prototipe dari Pembom Siluman Long Range Strike Bomber Program dari Northrop Grumman. Yang akan Menjadi Andalan AS di Masa Depan dalam menghadapi Era Bomber dan Drone.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer : B-21 (Coming Soon)

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU