Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kolam Ikan Nila dan Ikan Lele yang Paling ideal di Perkotaan agar Pertumbuhan Ikan Cepat (2016)

Tinggal di Wilayah Perkotaan. Memiliki Kelebihan & Kelemahan Tersendiri. Salah Satu Kelemahannya yaitu Sulit Berkebun & Berternak. Karena luas lahan yg sempit akibat di himpit oleh rumah penduduk.

Beberapa orang mungkin ada yg beruntung memiliki Tanah yg luas. Sebagian orang yg lain. memiliki Tanah yg Sempit. Terkadang ada Tanah di Beberapa Tetangga kita yg Sangat Luas tapi dibiarkan begitu saja penuh dengan rumput ilalang.

Padahal jika pengen di budidayakan. Tanah Tersebut bisa di garap untuk area berternak ayam, berternak kambing, menanam pepaya, menanam pisang, dan berternak ikan.

Jika kita memilih berternak atau bertani di Lahan Sempit perkotaan. Hasilnya sangat menguntungkan. karena dapat menghemat biaya keuangan & memenuhi gizi keluarga tercinta.

Salah satu yg Paling mudah dilakukan adalah Berternak Ikan Nila & Lele di Lahan Sempit Perkotaan. Sayangnya, beberapa orang belum tahu bagaimana cara membangun kolam ikan yg paling baik dan ideal di areal perkotaan.

CARA MEMBUAT KOLAM IKAN YANG BAIK & IDEAL DI PERKOTAAN
#1. Gunakan Kolam Beton

Ada banyak cara bagaimana membangun kolam ikan di area perkotaan. Beberapa diantaranya adalah dengan digali, memakai terpal dan menggunakan semen beton. Jika boleh saya memberi saran. Ada baiknya menggunakan beton aja ya. memang biaya pembangunannya agak mahal. Tapi daya tahannya bisa sampai 25 tahun.

Saya pernah menggunakan kolam terpal. Hasilnya daya tahannya sebentar banget. memang harganya murah. Tapi jika daya kekuatannya sebentar. Maka beli terpal lagi, lalu rusak, lalu beli lagi, lalu rusak lagi. Lalu beli lagi. Lama-lama uang kita terkuras hanya membeli terpal.

#2. Jauhkan Dari Pohon Tetangga dan Jauhkan dari Lindungan Atap Rumah atau Gedung bertingkat.
Memilih Lokasi Kolam Ikan. Ada baiknya ya di Tempat yg Terkena Cahaya Sinar Matahari dari jam 6 pagi – 5 sore. Karena tanpa sinar matahari, ikan sering sakit-sakitan, nafsu makan rendah, pertumbuhan lambat, dan malas bergerak.

Jadi kita bisa berusahalah untuk menjauhi dari atap rumah-rumah penduduk, tembok, atau gedung bertingkat tinggi dan juga dari pohon-pohon di sekitarnya. Karena dapat menutup cahaya matahari.


Pohon seperti Jambu, Nangka, Kelapa, Rambutan, dll. Akarnya dapat merusak beton kolam ikan yg dapat menyebabkan kebocoran. Selain itu apabila daun-daun dari pepohonan jatuh dapat membuat kolam menjadi kotor.

#3. Membuat Kolam di Bawah Tanah
Air memiliki massa berat. Apabila jumlah air banyak dapat membuat beton jebol. Jadi untuk mengurangi efek tersebut. Sebelum membangun infrastruktur kolam ada baiknya kita menggali beberapa cm di bawah tanah agar tanah secara alami dapat menopang beban berat air.

#4. Membuat tangga
Di Kota Penduduknya sangat banyak. Terkadang ada banyak anak kecil tetangga yg tanpa kita sadari ikut bermain di kolam kita. Tangga dapat membantu apabila ada anak-anak kecil yg jatuh agar dapat kembali naik.

Pengalaman saya pernah mendapatkan anak kecil jatuh ke kolam ikan. Dia ingin kembali naik. Tapi ngga ada tangganya. Akhirnya meninggal disitu karena tenggelam. Kan serem ya. ini lah peranan tangga untuk kolam ikan di area perkotaan. Hal ini sepele, tapi ini sangat penting.

#5. Membuat Kolam Kecil untuk Penjernih Air
Banyak orang melupakan Pembuatan Kolam Penjernih. Padahal peranannya sangat penting. Tanpa Kolam Penjernih. Air di Kolam Ikan kita akan selalu kotor & berwarna biru pekat Hanya dalam waktu 3 hari. Kolam kita bisa kotor & penuh lumut.

Tetapi apabila kita membuat kolam penjernih. Air di Kolam kita dapat selalu bersih hingga puluhan tahun tanpa perlu dikuras airnya dengan syarat mesin pompa terus menyala 24 jam setiap hari. Terkadang air memang akan berkurang 1% akibat penguapan. jadi penambahan air tetap perlu dilakukan.

Bagaimana membuat kolam penjernih air. Caranya mudah banget. Buatlah kolam yg berada di atas ketinggian kolam utama. Tujuannya agar air bersih yg telah di jernihkan bisa jatuh secara gravitasi.


Di kolam penjernih. Kita bisa memasukkan tanaman penjernih. Seperti azzola, apu-apu atau tanaman air lainnya. untuk kolam penjernih. Usahakan kedalamannya hanya 20 cm saja. untuk hasil maksimal kita bisa menggunakan bioball dan kapas untuk menangkap kotoran berbentuk padat.

Ada banyak faktor untuk kolam penjernih ini. jika kita menginginkan hasil air yg sejernih kristal. Kita bisa menaruh lebih banyak tanaman penjernih tetapi akibat buruknya oksigen akan saling berebutan yg dapat mengakibatkan kematian pada ikan.


Tetapi faktor lainnya. kita juga memastikan jumlah ikan, jumlah tanaman air seimbang dan tepat dengan luas kolam. Jika kolam kita ngga terlalu luas. Maka menempatkan 20 ikan sudah sangat maksimal.

Terkadang beberapa orang saya perhatiin ada yg menaruh hingga 3.000 ikan di kolam yg sempit. Cara ini saya nilai kurang tepat ya.

Oh iya, Untuk Kolam saya sendiri. Yang memiliki lebar 5 meter x 3 meter dengan kedalaman air 70 cm. saya hanya menaruh sekitar 20-30 ikan saja. untuk tanaman penjernih juga sedikit saja ngga perlu banyak-banyak, memastikan oksigen terlarut bisa maksimal di kolam. Walaupun terkadang agak biru-biru juga tapi ngga kotor banget. jernihnya tetap bisa kelihatan kok.

Terkadang tanaman penjernih air bisa berkembang dengan cepat.

Disini tugas kita tiap 3 hari untuk mengambil tanaman ini agar regenerasinya ngga kebanyakan. Tanaman ini bisa untuk pupuk atau diberi kepada ikan atau ayam untuk dimakan. Padahal tanaman ini bisa tumbuh subur karena kotoran ikan lho…, ajaib banget kan.

#6. Luas & Kedalaman Ideal + Mesin
Luasnya tergantung seberapa mampu lahan di tempat anda. tetapi untuk kedalaman air usahakan agar kedalamannya minimal 70 cm atau maksimal 150 cm.

Dari hasil pengalaman saya berternak ikan selama lebih dari 20 tahun. Faktor kedalaman dan luas wilayah kolam memiliki daya pacu pertumbuhan pada ikan. 

Semakin luas dan dalam kolam yg anda miliki. Maka semakin cepat pula ikan tumbuh besar. Sebaliknya jika kedalaman kolam kita kurang dalam dari 70 cm dapat mengakibatkan pertumbuhan ikan menjadi kerdil. Sekalipun diberi makan makanan bergizi. Ikan tetap akan kerdil.

Tapi bukan berarti juga ya membuat kolam mesti sedalam-dalamnya. Maksimal kedalaman 70 cm - 150 cm sudah sangat lebih dari cukup untuk ikan berjenis Nila & Lele.


Oh ya, hampir lupa. Agar Pertumbuhan Ikan maksimal. Kita dapat menggunakan Mesin Tambahan untuk menciptakan arus, oksigen dan perputaran air penjernihan. Alat Mesin ini dapat kita beli dengan mudah di toko ikan hias. ngga usah yang mahal-mahal. yang murah juga bisa.


tapi biasanya ya, semakin mahal harga alatnya maka semakin jernih air yg bisa dihasilkan.  

#7. Pipa Pembuangan Air
Pipa pembuangan air bermanfaat apabila memasuki musim hujan. Agar air yg berlebihan dapat keluar.

*********

Nah. Itu dia Tips dan Trik yg bisa saya bagi buat teman-teman. Tetapi saya mohon maaf jika artikel ini banyak kekurangannya. Saya hanyalah peternak ikan biasa yg mencoba berbagi ilmu yg saya miliki. Siapa tahu bermanfaat ya.

Saya percaya ada banyak peternak Ikan yg lebih hebat di Indonesia. saya sendiri masih banyak kekurangannya. 

Artikel Lainnya :

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU