Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kolam Ikan Modern Murah ala Bapak Febriyan [1 Kolam Tabur 20.000 Ikan Nila] (2017)

Memelihara Ikan memang mengasyikkan banget ya. Selain dapat menambah Pundi-pundi Penghasilan juga bisa menghilangkan Stress pada jiwa yg Lelah.

Hal ini Telah menjadi Kesaksiaan oleh Bapak Febriyan. Dimana ketika itu sobat beliau menderita gangguan sakit jiwa. Alhamdulillah sekarang udah sembuh karena dekat dengan Lahan Hijau Persawahan dan bersahabat dengan Ikan-Ikan.

Oh ya nih hampir lupa. Buat Teman-Teman Pemula dalam Berternak Ikan yang pengen memulai tetapi masih merasa kebingungan bagaimana cara membuat kolam modern ala sederhana.

Berikut adalah Panduan Membuat Kolam Ikan Modern menggunakan Teknologi Sederhana yang saya kutib dari Channel Youtube Eko Setiawan.

1 KOLAM BERISIKAN 20.000 EKOR IKAN NILA

Membuat Kolam Ikan ngga boleh sembarangan karena dapat menyebabkan Air menjadi Hijau Kotor dan Ikan-Ikan Malas Makan yg berakhir dengan Kematiaan.

Faktor Penentu Keberhasilan berternak ikan adalah Teknologi dan Kualitas Air yg Selalu Bersih Terjaga.

Sayangnya, Teknologi Perikanan yg dijual di Pasaran Modern Tingkat Internasional berharga Sangat Mahal. Hal ini wajar, karena semua serba otomatis.

Bapak Febriyan mencoba membocorkan kepada Teman-Teman.


Bagaimana Rahasia memelihara 20.000 Ekor Ikan Nila dalam 1 Kolam. Ala Kolam Modern Recirculating Aquaculture System (RAS) Tetapi menggunakan Bahan-Bahan Sederhana, Murah dan Dapat di Beli di Hypermart atau Toko-Toko Akuarium.

Bapak Febriyan mengatakan :

Kolam ini didesain dengan Teknologi. Jadi ndak manual. Teknologi ini hasilnya, Ikan Nila yg biasanya Panen 8 Bulan disini jadi 5 Bulan Panen. Disini semua menggunakan Teknologi, mulai dari desain kolam, Filtrasi, oksigen. Jadi, 1 Kolam ini isinya 20.000 ribu.

CARA FILTRASI KOLAM IKAN INI BEKERJA
Di Tengah Kolam di Simpan Pipa sebagai Tempat Keluarnya Air Kotor. Kolam berbentuk Bundar. Berputar-putar keliling dan masuk ke Pipa Pembuangan akibat Gravitasi Putaran. 

Air dari Tengah Kolam kemudian Terjatuh akibat Gravitasi ke Filter Pembuangan Pertama. Lalu lanjut ke bagian Filter Pembuangan Penyaringan Kedua yg berisi alat yg disebut sebagai Turbo.


Bapak Febriyan mengatakan :

Ini namanya Turbo. Turbo taknamain. Belum ada didunia. Turbo ini sebenarnya Pipa. Didalam Pipa ada alat penyaring namanya Karbon Aktif. Turbo itu dengan modal dan alat yang sederhana ngga terlalu mahal. Cuma membolong-bolongin, dengan mata bor 12 mm.

Turbo adalah alat sebagai Pemecah Air.


Tujuannya untuk memecah air yg berisi Karbon Dioksida, memecah racun Amoniak, menghilangkan bau, dan menyaring Kotoran.

Menurut Bapak Febriyan. Alat ini secara rutin dibersihkan kurang lebih 1 minggu sekali atau 2 kali sehari. Kecuali Filter Pertama dibersihkan setiap hari dibersihkan.

Air melewati berbagai Filter Penyaringan yg diisi dengan alat Turbo dan Bioball.

Di Filter Terakhir. Air Telah menjadi Lebih Jernih. Lalu berakhir ke Mesin Pompa yg telah didesain dengan Venturi sehingga menghasilkan Oksigen.


Pompa Tersebut dapat dibeli karena sebenarnya Pompa Rumah Tangga biasa aja.

Artikel Lainnya :

Youtube : Kolam Ikan milik Bapak Febriyan

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU