Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Penjual Senjata Paling Banyak di dunia (2017)

SIPRI atau Organisasi Stockholm International Peace Research Institue yg berpusat di Swedia atau European Union (EU), Kembali menyajikan Laporan Data Terbaru Tentang Persenjataan Internasional.

Namun Data disajikan berasal dari Statistik Tahun 2016 yg Lalu dengan Rentangan Jarak 5 Tahun.

Ekspor Persenjataan meningkat mencapai titik volume tertinggi sejak berakhirnya perang dingin. Arab Saudi dan India Pembeli Senjata Terbesar di dunia.

Aljazair adalah Pembeli Senjata Terbanyak di Benua Africa.


Pada Tahun 2016. Total Keuntungan Ekspor Senjata mencapai sebesar $ 31 Miliar Dolar.

Hanya ada 10 Negara Produsen Senjata yang menguasai 90% Perdagangan Persenjataan di Seluruh dunia. Negara-Negara lain menjual dalam jumlah kecil ngga sampai 10%.

1. AMERIKA SERIKAT

Selama Bertahun-tahun. Belum ada negara yg mampu menggeser posisi peringkat #1 milik AS.

Aude Fleurant dari SIPRI mengatakan

Amerika Serikat memasok senjata utama ke 100 negara di seluruh dunia melebihi negara manapun. Pesawat tempur, amunisi, rudal berpandu presisi, system pertahanan udara dan rudal generasi terbaru merupakan bagian penting ekspor senjata AS.

2. RUSIA

Rusia merupakan Pesaing terberat Amerika Serikat. Senjata-Senjata yg dijual meliputi Pesawat tempur, mesin, senapan serbu, Tank, kapal selam, dan Kendaraan Lapis Baja. Pembeli Terbesarnya China, Iran, Vietnam, dan India.

Pendapatan Rusia mencapai $ 6.4 Miliar Dolar atau Rp 86 Triliun Rupiah. Ini Merupakan Keuntungan Bersih setelah dikurangi Biaya Lainnya dan Pajak.

3-4]. JERMAN + FERANCIS (UNI EROPA)

Jerman/Ferancis merupakan Negara Tergabung di UE (Uni Eropa).

Keuntungan bersih mencapai $ 5 Miliar Dolar sekitar Rp 67 Triliun Rupiah. Produsen Senjata Terbesarnya adalah Thales, Rheinmetall, Heckler koch, dan AIRBUS.

5]. CHINA

Pada Tahun 2007-2011 Ekspor hanya mencapai 3.8%. Namun Pada Tahun 2016 meningkat pesat menjadi 6.8%. Pembeli Senjata negeri Tirai Bambu China kebanyakan berasal dari negara-negara pemilik dana APBN pas-pasan.

Seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar, dll. 

China memang terkenal menjual senjata berharga murah meriah dengan kualitas yg boleh diadu.    

6]. UNITED KINGDOM

Kerajaan yg dipimpin oleh Ratu Elizabeth II menduduki Posisi #6.

Produsen Senjata Terbesarnya adalah BAE SYSTEM. Produk Terlarisnya meliputi Kapal Perang, Kapal Selam Astute, Pesawat Eurofighter Typhoon, Helikopter Lynx, dan SA80.

7]. ISRAEL

Senjata yg diekspor oleh Negara kecil di Timur Tengah ini meliputi Teknologi Cyber, Radar, Laser Pembelok, Artileri, Rudal Pertahanan, Rudal Penyerang Spike, Pesawat tanpa awak Drone, Bom, Robot-Robot Penembak, Sytem-System Militer, RCWS, Satelit, Teknologi Pengintai, dll  

8]. ITALIA (UNI EROPA)

Italia Bagian dari UE. Sama Seperti Jerman dan Ferancis. Produsen Senjata Terbesar di Italia adalah LEONARDO bermarkas di Roma.

Helikopter, Aerostuctures & Pesawat tempur latih merupakan Produk Terlaris Italia.

9]. KOREA SELATAN

Perusahaan Samsung Techwin dan Pesawat tempur T-50 Golden Eagle merupakan dagangan laris dari Negeri Kpop.

Artikel Lainnya :


10]. UKRAINA

Ukraina membuat Pesawat militer Angkut, kapal perang, Tank, Robot, Senapan, elektronik military dan Roket Genggam RPG.

Semoga Bermanfaat ya. GBU