Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel MicroB : Drone otonom UAS mikro pengintaian Perkotaan dgn jangkauan komunikasi 10 Km menggunakan Peluncur Tangan (2018)


Small is beautiful merupakan pepatah umum di belahan bumi barat.

Nah kalau di Indonesia, Pepatah ini biasanya disebut kecil kecil cabe rawit.

Kalimat tersebut menjadi rujukan pula untuk sebuah teknologi pesawat tanpa awak drone yg bertajuk MikroB.

Revolusioner Drone Mini yg belum pernah terjadi sebelumnya

MikroB adalah Pesawat Drone UAS dengan panjang 102 cm, lebar 170 cm dan berat hanya 2,2 Kg

Ukurannya begitu kecil. Namun memiliki kemampuan yg luar biasa. Dimana Drone MikroB dapat terbang dari jarak jauh dari pusat GCS hingga sejauh 10 Km dengan memiliki ketahanan waktu durasi 2 Jam.

Mesin menggunakan ‘Electric brushless’.


Tampilan terbang begitu senyap tanpa polusi karena menggunakan bahan bakar 100% listrik dengan memiliki kecepatan laju hingga 75 km/jam

Drone Micro-B telah dilengkapi dengan Payload Dual Sensor (CCD/Uncooled IR) dan kamera canggih untuk pemantauan & pengintaian (ISTAR)

Pesawat Drone Micro-B beroperasi mandiri (otonom) tanpa perlu dikendalikan melalui remote control secara manual atau dapat pula dilakukan secara manual.


Micro-B dapat terbang tanpa membutuhkan lapangan bandara udara. Terbang secara vertical dengan alat bantu ketapel portable (Hand held pneumatic launcher).

Micro-B Mendarat secara vertical menggunakan parasut.

Kecerdasan algoritma mandirinya menentukan diri sendiri dimana lokasi mendarat terdekat dari kru dengan menentukan arah angin secara otomatis melalui sensor.

Keuntungan memiliki Pesawat Drone ini karena lebih murah, pengerahannya cepat kapan saja, kebal terhadap cuaca buruk, operasionalnya secara otonom, tanda akustik visual yang sangat rendah dan cocok digunakan oleh pasukan khusus, kepolisian atau dinas pemerintahan berbasis sipil


Keunggulan lain, Tak tergantung pada ketrampilan manusia, kecepatan tinggi, daya tahan tinggi, tak perlu perakitan, dapat diluncurkan dimana saja dan memiliki kunci keamanan terpadu. 

Selain Micro-B tersedia pula produk lain berupa Spylite dan ThunderB yg mampu mencapai jarak 150 Km dengan ketahanan hingga 24 jam.

Micro-B, Spylite dan ThunderB diciptakan oleh Perusahaan Cyient Solutions & Systems Private.


Tentang CYIENT SOLUTIONS & SYSTEMS
Cyient Solutions & Systems adalah Perusahaan Joint Venture kerjasama antara Perusahaan India Cyient menguasai 51% saham dan Perusahaan Israel Bluebird Aero Systems menguasai 49% saham. 


Cyient Solutions & Systems kombinasi kekuatan yang menggabungkan keahlian luar biasa dari kepemimpinan perusahaan India yg memiliki cabang di 21 negara.

Handal di bidang layanan rekayasa, geospasial, jaringan, manajemen operasi, dan manufaktur produk dengan sumber daya alam yang melimpah dan tenaga kerja yg melimpah meliputi industri di bidang pertahanan, medis, telekomunikasi, transportasi kereta, semikonduktor, utilitas, industry, energi, kedirgantaraan, dll.



Sedangkan Bluebird Aero adalah perusahaan Israel yg berfokus di bidang Teknologi pesawat drone UAS mikro taktis tak berawak untuk memenuhi kebutuhan bagi militer, keamanan perkotaan, dan pasar sipil di seluruh dunia.

Cyient Solutions & Systems memiliki Pabrik di Hyderabad, India.

Kantor Pusat : Israel dan India.

Di Kantor Bluebird, Israel : Bertugas memberikan akses ilmu pengetahuan dan teknologi drone

Di Hyderabad, India : Bertugas memproduksi, mengintegrasikan, menjual, memasarkan & merakit Drone dalam jumlah skala besar dengan bahan baku alam lokal India

Keuntungan penjualan drone ini secara ekspor ke seluruh dunia di jual dengan bagi hasil persentase sesuai kepemilikan saham untuk perusahaan India dan Israel. 

Artikel Lainnya :


Krishna Bodanapu, CEO Cyient Solutions & Systems mengatakan :

Saya sangat gembira tentang Perusahaan kerjasama ini dengan Perusahaan BlueBird Aero System yg menggabungkan keahlian manufaktur India dan Teknologi UAV Terbaik Israel ke India dalam industri pertahanan. Perusahaan patungan ini menggarisbawahi komitmen kedua mitra terhadap prakarsa “make in India” Pemerintah.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU