Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Yagu : Kendaraan Tempur Mini Ringan untuk Perang Perkotaan Intensitas Rendah Melewati Gang-Gang Sempit (2018)


Perusahaan militer Israel, Plasan. Meluncurkan produk terbaru pada tahun 2018 di Expo Seguridad Mexico.

Memilih negara Meksiko sebagai lokasi awal perkenalan bukan tanpa alasan. Selama bertahun-tahun kota-kota Meksiko mengalami masalah sosial berhadapan dengan gangster narkoba bersenjata senapan lengkap.

Perusahaan Israel memandang ada celah bisnis untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan bekerjasama melalui kepolisian local dengan memperkenalkan Ranpur ATV yg disebut YAGU.

TENTANG YAGU DAN KEHEBATANNYA   

Yagu adalah Kendaraan mini ringan berperilaku seperti All Terrain Vehicle (ATV).

Diadopsi dari teknologi mobil perang ‘Sand Cat’ buatan Israel yg telah digunakan oleh banyak militer dari negara-negara seperti Kanada, Korea Selatan, Swedia (EU), Kazakhstan, Brazil, Ukraina, Polandia, Bulgaria, dll.


YAGU merupakan bentuk cuitan Sandcat yg dikecilkan dan diringankan dengan komposisi yg hati-hati untuk menunjang keselamatan personil yg ada didalamnya tanpa mengorbankan keunggulan.

Bentuk tubuh Yagu memiliki lebar hanya 162 cm dan berat 1.500 kg.


Yagu mampu melewati jalanan sempit di perkotaan dan menebus sempitnya semak-semak hutan untuk mengejar pelaku kejahatan.

Selama ini hampir di seluruh dunia bermasalah dengan Gengster Narkoba bersenjata lengkap yg beroperasi didalam perkotaan padat penduduk.

Mengejar Gengster menggunakan mobil kepolisian berbasis seperti mobil truck ford atau Toyota atau sedan. Bukan pilihan bijak.

Karena keselamatan polisi yg bertugas berada di ujung tanduk.

Foto : Gengster Narkoba di Meksiko
Senapan laras panjang milik pengedar narkoba mampu menghancurkan mobil-mobil kepolisian tersebut.

Banyak Kepolisian diseluruh dunia mulai menggunakan kekuatan berlebihan dengan menghadirkan Kendaraan Lapis Baja beroda untuk menangkis pelor-pelor yg dilesatkan.

Penggunaan ini kurang bijak apabila dilihat dari sisi harga terlampau mahal hanya untuk menghadapi kejahatan intensitas rendah. Walaupun terbukti efektif menghadang senapan yg ditembakkan untuk melindungi personil yg bertugas.

Tetapi Kendaraan Lapis baja berukuran besar. Bermasalah ketika pelaku kejahatan memilih melarikan diri melalui jalanan sempit.

***********************************************************


Disinilah, Kendaraan tempur buatan Israel ‘YAGU’ menyelesaikan problem.

1]. YAGU memiliki harga lebih murah dari kendaraan lapis baja beroda

2]. YAGU mampu melewati celah sempit, medan berlumpur, perbukitan, hutan sempit dan gang-gang sempit.

3]. YAGU kebal peluru.

Yagu memiliki baja perlindungan balistik Generasi ke III yg disebut dengan B6. Senapan berukuran 5.56 mm sampai 7.62 mm tak akan mampu menembus kaca, ban & lapisannya walaupun ditembak ribuan kali. [Kecuali Peluru ukuran 12,7 mm, roket RPG dan rudal]


Perusahaan Plasan yg memproduksi YAGU dikenal sebagai pemimpin dunia dalam pengembangan bahan komposit dan serat karbon untuk lapis baja armor kendaraan tempur MRAP yg digunakan komponennya oleh JLTV, OSHKOSH, HAWKEI, LOCKHEED MARTIN AVA-1, M1114GR, MAHINDRA RAKSHAK, dan masih banyak lagi.

Artikel Lainnya :

PERSENJATAAN DAN DRONE

Yagu membawa 3 tentara dan 350 Kg beban tambahan.

YAGU memiliki berbagai kamera dan senapan senjata RCWS

Tersedia pula Pesawat Drone yg mampu bertahan terbang hingga 27 menit untuk melakukan observasi, kemudian kembali ke kendaraan secara otomatis untuk melakukan pengisian ulang baterei.

Senapan RCWS, Yagu. Terinstal sensor EO (Electronic Weapon) mampu menembakkan drone-drone kecil secara otomatis tanpa dikendalikan oleh manusia. Senjata RCWS dapat pula dikendalikan secara manual melalui Komputer mini. 

Komponen RCWS dan Drone dibangun oleh Perusahaan Teknologi Robot Israel lainnya bertajuk General Robotics Glrobotics, Pitbull.



Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU