Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Trax : Teknologi Cerdas ubah Toko Offline Layaknya Toko Online dengan wawasan yg dikemas melalui Cloud, Computer Vision dan Machine Learning (2018)



Pada tahun 2018. Toko cerdas Amazon Go dengan nuansa serba canggih dan digital. baru berdiri 2 unit saja, sedangkan Toko cerdas Shelfx asal Israel telah mendirikan 1.000 unit toko fisik yg tersebar di beberapa negara, buka 24 jam setiap hari.

Tahukah anda, walaupun jumlah penggunaan internet, smartphone dan jasa pengiriman gojek meningkat pesat, sekitar 90% orang ternyata masih senang berbelanja di toko-toko fisik. Seperti minimarket Alfamart, Indomaret, toko kelontong UKM, supermarket, dll

Bagi anda pemilik toko kelontong, pemilik perusahaan ritel, toko eceran, grosir, atau investor sebuah minimarket atau perusahaan berbasis perdagangan.

Pasti paham banget ya tentang hal ini. yaitu tak efesiennya manajemen pemeriksaan barang-barang dagangan, dimana hingga saat ini masih saja sering kita temui banyak toko-toko yg melakukan pencatatan secara manual. Bahkan ada yg masih menggunakan kertas, melibatkan banyak karyawan manusia yg tiap tahun menuntut kenaikan gaji, kinerja lambat, banyak waktu terbuang sia-sia untuk melakukan pencatatan, penggunaan kertas sama artinya dengan menebang pohon.

Bayangkan ada sebuah teknologi yg mampu melakukan hal di atas dengan waktu sangat cepat secara real time, 100% digital, dan tanpa membutuhkan karyawan manusia. Inilah yg dilakukan oleh perusahaan Trax.   

Tentang TRAX :

Trax adalah teknologi sistem digital yang merampingkan kinerja karwayan dalam operasi toko fisik atau toko offline dengan menggunakan visi computer mutakhir untuk memproses foto yg diambil melalui kamera smartphone, kamera yg terinstall di rak, atau menggunakan robot kamera.


Trax kemudian memberikan wawasan ilmu data yg tersimpan di cloud untuk membangun basis data ritel dan produk analisis kepada staff kantor office atau admin toko tersebut secara otomatis menggunakan kekuatan machine learning dan computer vision. Untuk membantu perusahaan, admin dan pemilik toko menyusun rencana strategi pemasaran berikutnya.

Trax didirikan oleh insinyur Israel, Bar El dan Dror Feldheim.


Teknologi Trax diciptakan pertama kali dengan dana keuangan sebesar $ 235 juta dolar (atau sekitar Rp 3 triliun, 384 miliar rupiah).

Trax dapat berfungsi secara global walaupun pemilik toko tersebut memiliki miliaran produk dagangan yg dijual, memiliki jutaan pembeli/pengunjung rutin tiap bulannya atau memiliki banyak cabang toko offline diberbagai tempat lokasi. Trax mampu menghandle-nya dengan mulus.


PESAING TRAX :
Saat artikel ini saya tulis bagi anda. Trax tak memiliki pesaing yang berarti, Trax perusahaan tunggal terbesar di dunia dalam bidang ini yg telah beroperasi digunakan oleh ratusan ribu toko-toko di 50 negara.  

Pendapatan tahunan Trax mencapai $ 100 juta dolar (atau sekitar Rp 1,4 triliun per tahun).

Dengan dana segar ini, Trax telah mengakuisisi beberapa perusahaan besar seperti Nielsen Store Observation (NSO) asal Amerika Serikat dan mencaplok perusahaan Quri asal Amerika Serikat.  

Perusahaan minuman, Coca Cola mengatakan :

Jika anda mengenal Trax, terapkanlah. Jika anda tidak melakukannya, mulai sekarang rencanakan untuk segera melakukannya. Ini adalah standar bagaimana hal-hal demi memikirkan tentang persaingan dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Kami tak ingin berada di belakang. Kami harus tetap di depan perusahaan saingan. Kami sekarang bersama teknologi Trax. Angka pertumbuhan bisnis 3-5% mungkin tak terlalu menarik. Tetapi kami tak ingin membiarkan ini berlalu. Sahutnya.


Sebagai informasi bagi anda,

Coca-cola juga berjualan minuman secara mandiri menggunakan vending machines. Trax terinstall di platform ini.  


Masa Depan Trax :
Foto : Israel Trax
Mengubah toko offline milik klien-klien Trax di seluruh dunia menjadi 100% digital merupakan ambisi utama dari perusahaan Trax.

Ini semacam gabungan dimana toko offline klien dapat pula berubah menyediakan 2 opsi pilihan seperti layanan gabungan yg diberikan oleh toko online-toko offline.

Sehingga orang-orang yg berada di rumah, dapat mengklik pemesanan melalui smartphone atau laptop. Kemudian barang di antar ke rumah dari toko offline tersebut yg terdekat dengan rumah pelanggan/konsumen.  

Disisi lain, Trax dapat pula membantu pelanggan/konsumen untuk datang ke toko offline klien terdekat. Membantu mereka menemukan dimana rak-rak produk-produk belanjaan dipajang, dimana lokasi produk diskon dipajang. Ini berarti Trax mirip seperti pemetaan Google Maps. Tetapi edisi Google maps ala pemetaan ruangan toko.   


Bar el, Pendiri Trax mengatakan :

Kami memiliki tujuan masa depan. Ini semua tentang toko fisik menjadi benar-benar toko digital. Sahutnya.



Alamat : https://traxretail.com/

Kantor pusat R & D teknologi : Israel

Kantor markas besar : Singapura, (Kantor cabang di China, segera menyusul 2019 siap beroperasi)

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU