Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Agrobics : Reaktor pengolahan air limbah kotor beracun untuk hotel didaur ulang menjadi bersih jernih sekaligus menghasilkan listrik biogas (2019)

Air merupakan sumber kehidupan.

Tetapi peningkatan jumlah populasi penduduk menyebabkan parit, sumur dan air sungai tercemar akibat limbah beracun yg dihasilkan oleh umat manusia. Disisi lain penggunaan air tawar dikuras habis-habisan dari dalam tanah.

Di beberapa negara terlihat limbah air kotor ada dimana-mana. Menyebabkan sungai menjadi hitam, bau dan menjadi sarang kuman penyakit seperti nyamuk malaria, diare, dll.

Gedung-gedung bertingkat tinggi seperti hotel, supermarket dan apartemen terus menerus tumbuh secara signifikan, sebanding dengan jumlah industri yg turut bertumbuh pesat.

Tak ayal penggunaan air bersih sangat vital untuk dibutuhkan oleh umat manusia.

Sayangnya, 70% limbah air industri dibuang ke sungai begitu saja. menyebabkan efek samping menghasilkan pembuangan limbah air beracun yg mengandung zat pembawa kanker dan gatal-gatal.

2,5 miliar orang saat ini menderita akses sanitasi limbah air yg buruk. Banyak  air sudah tercemar limbah beracun, ikan-ikan mengkomsumsi mikroplastik, garam laut dipenuhi butiran racun kanker, sungai dipenuhi limbah tintah tekstil penyebab utama meningkatnya jumlah penderita berbagai macam jenis kanker berbahaya.


ISRAEL AGROBICS
Agrobics diciptakan pertama kali pada tahun 2009 oleh professor doktor Isam Sabbah.

Isam Sabbah adalah professor doktor lulusan S3 dari Technion Israel. 

Isam Sabbah berkecimpung di bidang jurusan kimia, lingkungan hidup dan bioteknologi.

Isam Sabbah dibantu oleh sahabatnya. Gilad Horn.


Tak diketahui berapa modal pendanaan awal untuk membangun teknologi ini karena bersifat rahasia akibat didanai 100% oleh pemerintah Israel sebagai investor utama bekerjasama dengan BUMN Mekorot, tetapi Agrobics tetap sebagai sebuah identitas startup swasta.

BAGAIMANA REAKTOR AGROBICS BEKERJA

Reaktor Agrobics atau disebut Smart Plant mampu menyulap air kotor menjadi bersih, membuang racun bersifat toxic anorganik.  

Teknologi Agrobics terdiri dari modifikasi polimer dari sel mobilisasi menggunakan zat aditif untuk memperkuat perlindungan fisik bagi mikroorganisme. Memungkinkan biokatalisis efektif untuk biodegradasi senyawa fenolik dan refraktori.


Teknologi terdiri di dalam sistem reactor seperti AAT, HRUA immobilized hybrid, UASB, dan Bio Stabilisator telah di patenkan.

Limbah air kotor menghasilkan gas metana (CH4) ini merupakan salah satu pemicu utama perubahan iklim pemanasan global warming yg merusak alam. Tetapi Agrobics dapat menyulapnya menjadi pembangkit energi listrik.

Tim Agrobics mengatakan :

Dunia terus berkembang, namun sumber daya alam semakin langka. Pengguna daur ulang limbah air yang efesien dan kuat semakin dibutuhkan dibandingkan sebelumnya. Agrobics berpartisipasi & berkontribusi pada evolusi pengolahan air limbah.


Harga sistem Agrobics dibedakan menjadi 2 tipe.

Yaitu bagi kalangan pengguna skala besar. seperti industri dan pemerintahan harga instalansi mencapai $ 5.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 71 miliar rupiah.

Sedangkan pengguna skala kecil seperti untuk industri UKM, pedesaan, gedung hotel, supermarket, perumahan real estate, dan untuk mendaur ulang limbah air gedung apartemen. Paket reactor berkisar di harga $ 75.000 ribu dolar atau sekitar Rp 1 miliar rupiah.

Pada tahun 2018 saja, Reaktor Agrobics meraup penjualan laba kotor dengan total seharga lebih dari $ 19,3 juta dolar atau sekitar Rp 275 miliar rupiah.

Pembeli kebanyakan dari perusahaan-perusahaan manufaktur swasta dari berbagai penjuru dunia.

Pemesanan alat ini dilakukan secara online.

Tersedia konsultasi pelatihan SDM lokal untuk belajar beberapa hari di Israel untuk pemasangan, instalansi dan perawatan teknologi ini bagi pemesan dari kalangan industri.

Setelah pembeliaan. Alat dikirim dari Israel ke negara yg dituju dan dirakit oleh orang lokal yg telah dilatih tersebut.


Untuk paket skala kecil. Alat mudah diinstal secara plug n play disamping gedung.

Agrobics menerima kerjasama bisnis melalui pihak perusahaan perantara yang ingin menjual alat ini secara lokal di negara anda. Tak membutuhkan kantor besar, cukup 10-20 tenaga kerja sebagai perakit & marketing. Ketika terjadi order, alat reactor langsung dikirim dari Israel. Tugas anda hanya merakitnya saja untuk klien masing-masing negara.  


Nama : Agrobics

Kantor pusat : Israel

Youtube : Israel Agrobics

Youtube : Israel Agrobics

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU