Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Penyatuan Kristen Katolik, Kristen Protestan Kharismatik Pentakosta, Evangelist, Lutheran, Calvins, Gereja online, dll (2020)


Jika kita melihat denominasi dan kurva grafik yang ada. Terdapat sebanyak lebih dari 33.000 cabang aliran Kristen Protestan saat ini.

Terbesar tentu saja adalah arus agama Kristen universal utama yaitu Katolik. Kemudian peringkat #2 disusul oleh aliran Kristen protestan Kharismatik dan Pentakosta.

Jumlah pemeluk agama Katolik menurut data dari Vatikan pada hari minggu 21 Oktober 2018 berdasarkan laporan riwayat 2016 melaporkan populasi umat Katolik meningkat mencapai 1.299.059.000 miliar orang pemeluk.

Sedangkan aliran Kristen Protestan Karismatik/Pentakosta pada tahun 1985 di konfirmasikan hanya berada di angka 58.000.000 juta orang.

Namun pada tahun 2019. Meningkat pesat secara drastis menjadi lebih dari 500.000.000 juta orang pemeluk.

Berdasarkan sejarah. Pentakosta berasal pertama kali dari Amerika Serikat pada awal abad ke 19. Percaya bahwa akhir zaman sudah dekat. Oleh sebab itu, gereja membutuhkan pembaharuan dengan penyembuhan iman terhadap orang-orang dan politik negara.

Menurut PEW. Perkembangan pertumbuhan Kharismatik & Pentakosta berkembang sangat cepat sekali. Sulit untuk menjabarkan perbedaan antara Kharismatik & Pentakosta. Bahkan peneliti dari PEW sering menggabungkan keyakinan tersebut sebagai identitas yang sama.

PENYATUAN KRISTEN KATOLIK & KRISTEN PROTESTAN LUTHERAN, KRISTEN PROTESTAN METHODIST + KRISTEN PROTESTAN KHARISMATIK PENTAKOSTA MENJADI 1 KATOLIK UNIVERSAL 

Kita tahu bahwa ribuan tahun yang lalu. Hanya ada 1 gereja Kristen yaitu ‘Katolik’.

Namun sejak protes yang dikumandangkan oleh ‘Martin Luther’. Gereja Katolik terpecah belah. 

Awalnya menjadi 3 denominasi namun kini mencapai 33.000 denominasi aliran Kristen Protestan yang ada diseluruh dunia.

Gereja Katolik Roma dan Paus Fransiskus telah mengakui kesalahan masa lalu akibat membunuh 50.000.000 juta orang pemeluk protestan yang dianggap bidah.  

Di abad modern. Dalam pidato untuk menyatukan kembali perpecahan denominasi gereja dalam kasih karunia & iman. Secara hormat Paus meminta maaf. 

Paus.jpg (750×500)

Paus Fransiskus pada tahun 2015 mengatakan :

Kita harus bergerak maju bersama dalam semangat persaudaraan dan solidaritas yang diperbaharui berkerja sama dengan murah hati untuk kebaikan bersama.

Luther sudah mengambil langkah yang luar biasa dengan mengantarkan Firman Tuhan ke tangan banyak orang. Sahutnya.

PERSATUAN KRISTEN KATOLIK (2020)
 Agama+Kristen.jpg (560×420)

Ribuan tahun yang lalu. Martin Luther memprotes Vatikan terhadap surat pengampunan dosa. Melainkan oleh karena Kasih Karunia & Iman penyelamatan yang menyelamatkan kita bukan karena amal & perbuatan kita.

Itulah isi protes Martin Luther terhadap gereja Katolik sehingga melahirkan denominasi gereja Protestan.

Pada tahun 1999. Persekutuan federasi gereja aliran Kristen Protestan Lutheran dan gereja Katolik Roma telah resmi berdamai. Kemudian diikuti oleh aliran gereja Kristen protestan Methodist.

Artinya ada pembaharuan dimasa depan dimana orang-orang Kristen Protestan Lutheran, Anglikan, Ortodoks Eropa, & Methodist kembali menjadi seorang Katolik lagi.

Jika dihitung menurut statistik. Ada sekitar lebih dari 75.000.000 juta orang Lutheran & Methodist dipastikan perlahan-lahan menuju Katolik.

Youtube : Penyatuan Kembali Kristen Protestan & Katolik


Namun perlu diketahui. Belum ada perjanjian perdamaian. Antara Kristen Protestan Evangelist, Calvins dan Katolik.

Hingga detik ini, Protestan Evangelist dan aliran Calvins menolak menandatangani reformasi penyatuan.

Menurut data statistik tahun 2019 secara internasional. Denominasi Evangelis membentuk sekitar 7% dari total Kristen Protestan atau sebanyak 166.000.000 juta orang pemeluk. 

Populasi terbesar Evangelist ada di Amerika Serikat.

Di Indonesia. Jumlah pemeluk Kristen Protestan Evangelis berkisar diangka perkiraan 900.000 ribu orang saja. Membentuk angka 3% saja di Indonesia. Kemudian disusul oleh aliran Kristen Protestan Kharismatik Pentakosta dan Kristen Protestan Calvins.

Selain itu ada aliran lain seperti dari Kristen Protestan berbasis gereja online, saksi-saksi Yehuwa, Kristen gereja masehi advents diketahui belum turut menandatangani perjanjian pergabungan rekonsiliasi.

Belum ada konfirmasi resmi. Apakah ‘Kharismatik Pentakosta’ turut segera bergabung dengan Katolik. Tetapi perkirakaan pada masa depan 1-2 dekade, peluang 100% Kharismatik & Pentakosta terintegrasi dengan Katolik. Dipastikan terjadi.

NB : Penulis Afrid Fransisco adalah seorang pemeluk Kristen Protestan Evangelist. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU