Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu TRITUNGGAL / TRINITAS menurut pandangan berbagai macam denominasi gereja kristen (2020)


Doktrin Tritunggal atau Trinitas pertama kali diperkenalkan pada tahun 200 oleh seorang bernama Tertulianus asal benua Africa. Kemudian disusul oleh John Calvin dan Martin Luther.

Inti ajaran yaitu menyatakan bahwa Allah adalah 3 pribadi yang sama yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ketiga pribadi ini berbeda tetapi merupakan satu substansi.

Menurut sebuah enclyclopedia asal Amerika Serikat. Trinitas adalah ajaran yang rumit dan membingungkan banyak orang. Sehingga dinyatakan “Beyond the grasp of human reason”.

Hampir kebanyakan aliran Kristen seperti Katolik, Ortodoks, Protestan Evangelist, Protestan Kharismatik atau Protestan Pentakosta menyakini menganut paham TRITUNGGAL/TRINITAS.

Beberapa orang Kristen bertanya-tanya kepada pendeta.

Pak pendeta mengapa kita harus menyembah 3 Tuhan.

Jawab pendeta : Pikiran Tuhan sulit dipahami. Imani saja. Logika otak kita takkan sampai kesana. Jadi sembah saja ketiganya yaitu : Allah Bapa, Yesus Kristus dan roh kudus sebagai satu kepribadian Tri di dalam ikatan kesatuan tunggal.

PEMAHAMAN BERBEDA-BEDA TENTANG TRINITAS/TRITUNGGAL 

Kadang ada sedikit lelucon.

Jika ada 10 pendeta bertemu membahas arti doktrin TRITUNGGAL.

Maka yang dihasilkan adalah 11 kesimpulan. Ini memberikan kita sebuah pandangan bahwa memang benar konsep Trinitas sangat rumit.

Oleh sebab itu mengapa kemudian banyak muncul denominasi aliran Kristen yang lainnya. Seperti Saksi Yehuwa dan beberapa aliran Kristen Kharismatik/Pentakosta yang menentang doktrin Tritunggal sebagai ajaran sesat.

Seperti yang kita ketahui. Kristen Protestan memiliki 33.000 cabang denominasi. Salah satunya adalah Kharismatik/Pentakosta.

Memang hampir kebanyakan orang Kharismatik/Pentakosta mengakui TRITUNGGAL. Sama seperti orang Katolik dan Kristen Protestan Evangelist, dll sebagainya.

Tetapi setelah ditelisik, ada beberapa dari antara gereja Kharismatik/Pentakosta menolak ajaran TRINITAS. Mereka percaya bahwa Allah Bapa lebih besar patut untuk disembah. Sedangkan Yesus hanyalah Tuhan, Yesus hanyalah Juruselamat, Yesus hanyalah utusan Allah dan Yesus hanyalah Anak Allah Tunggal yang menjelma menjadi manusia dan bangkit dari kematian.


Artinya disini “Allah Bapa” nampak lebih besar, lebih Superior daripada Yesus Kristus.

Artinya disini ada sebuah hierarki dimana posisi level paling atas ditempati oleh Allah Bapa.

Namun tak boleh meremehkan Yesus Kristus karena dirinya merupakan rupa Allah, gambar wujud Allah yang turun ke bumi. Bahkan Yesus Kristus tetap disembah karena merupakan jalan kebenaran utama untuk menemui Allah yang Esa di sorga.

Artinya TRINITAS tak digunakan lagi atau telah runtuh oleh beberapa aliran gereja Kharismatik/Pentakosta.  

Saksi Yehuwa :


Lalu bagaimana dengan orang-orang Saksi Yehuwa.

Kebetulan ditempat saya sekitar jarak 12 km dari rumah saya ada “Balai Kerajaan Yehuwa”. Mereka pun sama menolak doktrin TRINITAS karena dianggap sesat. Karena mereka menyakini bahwa tak ada satupun ayat-ayat di Alkitab yang menulis kata Tritunggal.

Apa yang dipercayai saksi-saksi Yehuwa dapat dibaca pada halaman situs mereka di link berikut ini :

https://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/kepercayaan-saksi-yehuwa/

Nampaknya ajaran Saksi Yehuwa mirip seperti beberapa gereja Kharismatik/Pentakosta. Hanya saja penggunaan nama ALLAH diganti menjadi YEHUWA.

Saya ngga tahu mengapa diganti menjadi YEHUWA. Mungkin terlihat agar tak bentrok dengan agama Islam.

Saksi Jehovah mengakui Yesus sebagai Tuhan. Tetapi Allah (atau YEHUWA) lebih besar patut disembah. Yesus hanyalah Tuhan, Yesus hanyalah utusan, Yesus hanyalah Anak Allah.

Yesus datang ke dunia menjelma menjadi manusia dan bangkit sebagai roh kudus dalam kematian penyalipannya untuk menyatukan umat manusia dalam roh.  

KRISTEN GEREJA ADVENT :


Lalu bagaimana dengan orang-orang Kristen Gereja Advent. Bagaimanakah pandangan mereka tentang Tritunggal. Karena kebetulan ditempat saya sekitar jarak 9 km ada Gereja Advent.  

Saya kurang tahu ya. Sejauh pemahaman saya mereka hanya beribadah di hari sabtu bukan minggu.

MENOLAK TRITUNGGAL TETAPI HANYA MENGIMANI YESUS KRISTUS

Ada pula banyak orang mulai menolak ajaran Tritunggal. Tetapi hanya menyembah Yesus Kristus.

Mereka percaya bahwa Allah adalah Yesus.

Mereka menolak ALLAH BAPA. Namun hanya percaya kepada YESUS KRISTUS.

Ajaran ini sesungguhnya juga rumit karena sulit diterima secara logika. Terkadang-kadang disebut sebagai ajaran sesat.

KESIMPULAN :

Entah sesat yang mana, apa yang disesatkan dan siapa yang disesatkan. Saya sebagai penulis juga tak tahu. Silahkan teman-teman mengetahuinya sebagai tambahan informasi. Tetapi tak boleh kita saling menghakimi gereja yang satu dengan denominasi gereja kristen yang lainnya ya karena berbeda doktrin saja. Biarkanlah karena kita hidup di negara Indonesia yang menunjung tinggi HAM (Hak Asasi Manusia).  

Sejauh menyimak pandangan orang-orang Kristen tentang ALLAH dan tentang YESUS dan konsep TRITUNGGAL. 

Lahirlah 3 kesimpulan utama doktrin saat ini yang membentuk mengapa ada banyak orang-orang berbeda-beda pendapat tentang TRINITAS. Mengapa ada yang menolak dan mengapa ada yang mendukung.

Berikut 3 kesimpulan tersebut : 

1]. Mereka menolak Trinitas/Tritunggal. Percaya kedudukan ALLAH BAPA lebih besar. Sedangkan Yesus hanyalah Tuhan, Yesus hanyalah utusan, Yesus adalah anak Allah Tunggal, Yesus adalah rupa gambar wajah Allah. Tetapi Yesus tetap disembah karena Dialah satu-satunya jalan keselamatan menuju kepada ALLAH ESA di sorga. Karena tak ada seorangpun yang pernah melihat ALLAH yang ESA. Kecuali Yesus. Pada intinya ajaran Kristen ini mirip seperti Islam. Memandang hubungan ALLAH dan MUHAMMAD. ALLAH adalah TUHAN dan Muhammad adalah Nabi. Sedangkan di Kristen denominasi ini, ALLAH BAPA lebih besar, lebih Superior dan YESUS hanyalah sebagai Tuhan, Yesus sederajat seperti Allah karena wujudnya memang gambar Allah, Yesus adalah Anak tunggal Allah.

2]. Mereka mendukung Trinitas/Tritungal. Percaya bahwa ALLAH BAPA, YESUS ANAK dan ROH KUDUS adalah representasi kepribadian yang sama.

3]. Mereka menolak Trinitas/Tritunggal. Percaya bahwa ALLAH BAPA hanyalah kiasan perumpamaan. Satu-satunya yang patut disembah hanyalah YESUS KRISTUS bukan ALLAH BAPA melainkan Dialah ALLAH BAPA itu sendiri. Ajaran ini dianggap sesat bagi banyak orang karena sulit diterima oleh akal nalar manusia dan begitu mainstream.

Pandangan Afrid tentang Trinitas

Karena saya berasal dari gereja Kristen protestan Evangelist. Maka saya mengikuti poin#2. 

Tetap mendukung dan mengimani Trinitas/Tritunggal. Sama seperti orang Katolik, Ortodoks, beberapa orang Kristen Protestan Kharismatik/Pentakosta lainnya. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU