Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta Tentang Ras & Warna Kulit Manusia Yang Belum Anda Ketahui (2020)


Warna kulit memiliki banyak fakta.

Berikut 8 diantaranya :

1]. Albino


Albino adalah suatu penyakit kelainan produksi melanin yang membuat penderitanya kekurangan pigmen menyebabkan tubuh berwarna putih pada seluruh tubuhnya.

2]. Warna kulit ditentukan oleh genetika


Warna kulit bayi baru lahir. Entah itu putih, cokelat atau hitam. 

Ditentukan oleh gen pada saat pembuahan.

Genetika menentukan berapa jumlah melanin di kulit bayi berdasarkan keturunan. Semakin banyak unsur pegmentasi maka semakin hitam warna kulitnya.

3]. Ayah ibu berkulit hitam kok dapat melahirkan bayi putih.


Bryan Sykes, peneliti analisis DNA mengatakan bahwa sulit untuk memprediksi mau seperti apa kelak warna kulit bayi anda walaupun orang tua berasal dari kulit putih atau pun sebaliknya.

Ayah ibu berkulit hitam. Bisa saja melahirkan bayi berkulit putih. Hal ini diakibatkan karena warisan genetika pasangan orangtua ras campuran termasuk dari genetika nenek & kakek.

Karena gen diturunkan secara acak. Bisa saja ayah ibu berkulit hitam melahirkan bayi berkulit putih. Karena memang ada warisan keturunan nenek & kakek berkulit putih.

4]. Jenis golongan warna kulit, very fair, fair, medium, olive, brown dan black.

Warna kulit dibedakan menjadi 6 golongan jenis yang disebut Fitzpatrick. Yaitu terdiri dari very fair, fair, medium, olive, brown dan black.

Semua dokter kulit dermatologis menggunakan skala Fitzpatrick untuk menentukan pigmentasi kulit kita berdasarkan warna dan respon terhadap cahaya ultraviolet (UV).

Jika ditanya apa warna kulit orang Indonesia. Jawabannya tentu bermacam-macam. Ada yang bertipe very fair seperti warga keturunan orang blesteran. Namun ada juga banyak warga Indonesia berwarna kulit brown dan black seperti orang dari daerah Timur dan Papua.  

5]. Kerusakan kulit tiap 28 hari.


Pada usia 25 tahun. Kulit manusia mulai mengalami kerusakan dan penurunan kualitas.

Pada usia 30 tahun, kekenyalan, elastisitas, kelembapan, keriput dan tanda penuaan kulit mulai massif terjadi akibat turunnya produksi kolagen di tubuh.

Di usia 30 tahun, setiap 28 hari atau tiap 1 bulan apabila kulit tak mendapatkan perawatan skincare dan multivitamin.

Kerusakan kulit menjadi nampak semakin cepat menjadi tua, memudar, menghitam & mengkerut. Terkadang tumbuh banyak tahi lalat berwarna hitam yang menyebabkan kualitas kulit menjadi rusak akibat penuaan.  

6]. Suntik putih 

Injeksi atau lebih dikenal sebagai suntik putih merupakan cara mempercepat memutihkan kulit.

Namun prosedur metode ini harus dalam pengawasan dokter professional secara ketat yang telah memperoleh izin dari pemerintah, karena jika salah dapat menghasilkan efek samping seperti hipertoroidisme atau hipotoroidisme.

Banyak orang mengklaim bahwa suntik putih dapat memutihkan kulit hitam menjadi putih bersih seperti orang bule. Jawaban tersebut salah. Karena suntik putih hanya mencerahkan & menyegarkan kulit saja.

Kalau kulit seseorang hitam. Ketika disuntik putih. Hasilnya cuma terlihat segar & cerah saja. Suntik putih tak dapat memutihkan kulit.  

7]. Berapa jumlah orang kulit putih & kulit hitam di dunia

Foto : Orang Amerika Serikat berkulit cokelat 
Sejauh ini belum ada data statistik resmi secara internasional. Terkecuali di Amerika Serikat.

Amerika Serikat memiliki data dari Biro Sensus. Bahwa jumlah orang kulit hitam di negara Donald Trump berjumlah sekitar 55.000.000 juta orang atau membentuk sekitar 13%.

Sedangkan gabungan orang kulit cokelat dan orang kulit putih berjumlah sekitar 268.000.000 juta orang.

Perlu diketahui berdasarkan data bahwa tak semua orang Amerika Serikat berkulit putih.

Beberapa diantara mereka bahkan memiliki warna kulit cokelat sama saja seperti kulit orang Indonesia, Arab & India.

Namun secara menyeluruh di AS di dominasi oleh orang kulit putih (disebut orang bule).

Orang kulit hitam kebanyakan terkosentrasi di benua Africa. Berjumlah sekitar 1,2 miliar orang. Tetapi angka ini bukan mutlak, karena penduduk Africa utara. Seperti Libya, Algeria, Mesir, Maroko, dll merupakan keturunan Arab berkulit cokelat & putih.

Di negara Africa Selatan. Dari beberapa penduduk merupakan banyak keturunan United Kingdom (Inggris) yang berkulit putih.

Orang berkulit very fair dan fair. Banyak terkosentrasi di Amerika Serikat, Uni Eropa, United Kingdom (Inggris), Rusia, Israel, Kanada, Korea Selatan, Jepang, China, Singapura, dll. 

Terkadang orang Arab, Jepang, China dan cewek cowok warga asal Korea Selatan ada juga berkulit very fair seperti warna cat tembok.





Jadi ada berapa jumlah orang kulit putih & kulit hitam. 

Belum ada data resmi untuk tingkatan internasional.


8]. Orang kulit hitam sering mendeskripsikan ketidakadilan & kapitalisme


Sebuah penelitian dari Pewresearch yang dilaksanakan di Amerika Serikat mengklaim bahwa sebanyak 92% orang kulit hitam merasa dirinya mengalami ketidakadilan dan kesenjangan kapitalisme yang hanya mengguntungkan orang-orang kulit putih dalam berbagai perkerjaan, ekonomi, status dan sosial.

Sehingga ras kulit hitam menganggap rasisme ras kulit putih.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU