Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tombol pengikut (ikuti) di Facebook tanpa harus permintaan pertemanan dan tanpa harus membuat halaman fans page (2020)


Pernahkah teman-teman mengunjungi beberapa profil Facebook milik orang lain.

Anggap saja, jumlah temannya ada 500 orang.

Tetapi setiap kali dirinya mengupdate status. Ternyata jumlah ‘komentar’ dan ‘suka’, pada status miliknya tersebut ada banyak banget nampak melebihi jumlah pertemanannya.

Kenapa bisa kayak gitu ya…?

Jawaban karena adanya tombol “ikuti”. Dimana dirinya diikuti oleh 10.000 orang.


Cara membuat tombol pengikut (ikuti) di Facebook

Menurut Statiska dan Similiarweb. Jumlah pengguna Facebook pada tahun 2019 di dunia ini telah mencapai 2,3 miliar orang.

Di Indonesia. Facebook digunakan oleh sebanyak 120.000.000 juta orang.

Jumlah pengguna platform media sosial Facebook diketahui lebih tinggi dibandingkan Twitter dan Instagram.  

Kebanyakan pengguna Facebook berasal dari kalangan pertemanan sosial & keluarga.

Sehingga bagi kalangan Selebgram, Artis dan Brand produk. Lebih menyukai Instagram ketimbang Facebook. Karena tampilan IG begitu visual dan menarik untuk kepentingan bisnis marketing mereka.

Peraturan Facebook membatasi jumlah pertemanan. (Friend Request). Kalau ngga salah sekitar 9999. Lebih dari itu ngga bisa menjalin permintaan pertemanan. Kecuali membuat halaman Fans Page.   

Hal ini berbeda dengan Instagram yang memperbolehkan jumlah followers mencapai hingga jutaan orang dan Youtube yang memperbolehkan hingga jutaan subscribers.

Hampir kebanyakan orang tak mengetahui, bahwa Facebook dapat melakukan hal yang sama untuk mengubah akun perseorangan atau personal pribadi menjadi mirip seperti Fans Page tanpa harus membuat halaman Fans Page baru.

Bagi banyak orang, bolak balik akun pribadi FB ke Fans page dianggap merepotkan. Karena Fans Page sulit untuk mendapatkan komunitas penggemar baru.

Banyak artis, orang terkenal, dan selegram. Selama ini hanya mengelola fanspage saja di Facebook. Padahal kurang efektif ketimbang brand. 

Sedangkan fitur pengikut atau lebih populer dengan sebutan follower ini telah disediakan oleh Facebook sejak tahun 2015. Dengan tujuan utama menyulap akun pribadi anda menjadi mirip seperti Fans Page.

Berikut cara mengaktifkan tombol RSS pengikut di Facebook.

1]. Masuk ke pengaturan Facebook.

  
2]. Klik postingan publik

3]. Klik menu dropdown, kemudian klik “PUBLIK”.

Selesai.

Mudah bukan.

Mengetahui apakah cara ini berfungsi, pertama-tama. Keluarlah dari akun facebook anda, kemudian buka dengan akun lainnya. Nanti ada notif : ikuti “xxx” untuk mendapatkan postingan publiknya di kabar beranda anda.


Tombol (ikuti) di Facebook


Ketika ada orang lain yang bukan teman mengklik tombol “ikuti”. Maka secara otomatis status terbaru milik anda dikirim kepadanya.


Dia dapat mengomentari dan menyukai statusmu.

Tetapi anda ngga bisa melihat status miliknya, karena dia bukan teman anda. Hanya dia yang dapat melihat status milikmu selama dia masih mengikut anda. (follower).

Untuk melihat daftar orang pengikut. Bisa dilihat di dafar pengikut dengan membuka profil, mengklik teman di bawah foto sampul, lalu mengklik lainnya > pengikut.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU