Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel pemimpin teknologi air terbesar di dunia (2020)


Air adalah sumber kehidupan.

Semua makhluk hidup membutuhkan air. Kita tentu ngga dapat hidup tanpa air.

3 hari tanpa minum air. Manusia dipastikan meninggal dunia.

Reputasi Israel sebagai pemimpin teknologi air sudah tak dapat diragukan lagi.

Banyak negara dan perusahaan swasta berbondong bondong belajar ilmu pengetahuan tentang air dari Israel untuk mengatasi masalah perubahan global iklim, kekeringan, ketandusan, kelangkaan dan kekeringan air.

Hari ini dunia tempat bumi kita berada mulai kehilangan air tawar bersih. Akibat peningkatan populasi kelahiran dan aktivitas manusia yang sering merusak lingkungan.

Timur Tengah, India, Africa, Uni Eropa, Meksiko dan hampir di semua seluruh penjuru dunia mulai menderita kekurangan air.

Mekorot teknologi air Israel.

73 tahun lalu sebelum kedatangan orang orang Zionist Yahudi kembali ke kampung halamannya di Timur Tengah akibat eksodus dimasa lalu. Dikarena pengusiran peperangan oleh bangsa Romawi.

Orang orang Yahudi melihat tanah mereka penuh kegersangan, ketandusan, kekeringan dan banyak tanaman mati.

Sepintas hanya ada pasir gurun, berdebu, panas dan terik matahari membakar banyak rumput menjadi layu.

Pada awalnya tujuh dekade yang lalu, orang orang Yahudi mengandalkan dan mengangkut air tawar dari danau Galilea untuk pasokan bagi hewan dan tanaman.

Wilayah Galilea merupakan area subur.

Tetapi dibanyak wilayah Israel lainnya. Dipenuhi gurun pasir dan kekeringan.

Perusahaan Mekorot memainkan peran penting saat bangsa Israel merintis, bahkan sebelum berdirinya negara Israel ketika masih balita.

Pada tahun 1937. Perusahaan Mekorot telah ada dalam mempertahankan negara Yahudi untuk menciptakan proyek infrastruktur dan irigasi air untuk menyulap gurun pasir menjadi hutan.


alam+israel.png (609×402)

danau+israel.jpg (610×404)

Pada awal berdirinya Israel di tahun 1948.

Sejarah geografi Israel hampir seluruhnya tandus, hanya menyisakan 2% lahan hijau saja.

Namun di zaman now.

Kini pada tahun 2020. Lebih dari 40% lahan di Israel telah berubah menjadi hutan, kebun dan ditanami oleh banyak pepohonan. Sedangkan sisanya. 60% masih gersang.

Lalu, Bagaimana cara Israel dapat kayak gitu sehingga sanggup menyulap dari 2% ke 40%…?

Padahal di negara lain hutan semakin berkurang terdeforestasi, banyak danau terkontaminasi polusi, aliran sungai mengering, bendungan menjadi tandus dan harga air tawar galon bersih semakin meningkat.

Jawabannya adalah inovasi teknologi Mekorot.



Teknik teknologi Israel nampak seperti melawan perubahan iklim kekeringan global warming.

Perusahaan Mekorot dimiliki oleh pemerintah Israel dalam identitas BUMN.

Mekorot menyediakan air minum, air mandi dan air untuk memasak bagi warga Israel.

Kemudian limbah air di pipa bawah tanah di olah daur ulang untuk sistem tetes pertanian.





Tak hanya itu saja.

Mekorot juga menyedot air asin laut menjadi air minum, mengolah penangkapan air hujan, menciptakan akuifer, bendungan, mendirikan ribuan kolam embung, kolam penjernih, irigasi, mesin stasiun pompa terowongan, mengendalikan air, tangki baja, desalinasi reserve osmosis dan menciptakan berbagai produk teknologi pengelolaan mesin air.

Teknologi Mekorot menggunakan sistem transformasi digital dengan pusat komando kontrol utama dilengkapi dengan machine learning, smart meter, artificial intelligence, data algoritma dan sinkronasi informasi yang dilindungi dengan kemampuan cyber canggih.



Ilustrasinya seperti : ‘ekonomi air melingkar’.

Dimana air (1) dikonsumsi (2) didaur ulang (3) digunakan lagi.

Air laut dari pantai pantai Israel di tarik sedot oleh mesin mesin raksasa, kemudian masuk ke sistem pengelolaan desalinasi untuk dibuang racun, garam dan berbagai zat penyebab kanker, kuman penyakit seperti bakteri dan virus dihapus oleh teknologi disinfektan.

100% air di Israel dikelola oleh teknologi Mekorot. 

Air yang sudah diolah kemudian mengalir masuk ke gedung, apartement dan rumah semua penduduk. 

Tiap keran air dipantau untuk melacak jumlah dan kualitas air dalam hitungan bit.

Data bit dianalisis oleh 'Super Komputer' untuk manajemen aset dan prediktif.

Setelah penduduk Israel meminum air dari keran tersebut. Limbah air rumah tangga dan sampah dibuang ke toilet mengalir ke terowongan bawah tanah yang diawasi oleh teknologi Mekorot. Kemudian fasilitas mengumpulkan semua limbah untuk dijernihkan.

Sisa sampah dan lumpur diubah menjadi pupuk tanaman dan menghasilkan energi untuk mengaktifkan mesin mesin Mekorot dengan listrik dari biogas tersebut.

Air lumpur kemudian masuk ke terowongan pipa khusus untuk pertanian demi menumbuhkan tanaman kemudian mengalir tes demi tes ke sistem irigasi netafim menyebar jauh dari kebun ke kebun dari hutan ke hutan.

Tanaman dan sayuran tumbuh subur menghasilkan buah buahan dan sayur bernilai miliaran dolar tiap tahunnya diekspor ke seluruh penjuru dunia. 

Sekaligus meningkatkan ekonomi dan pertahanan kedaulatan pangan Israel tanpa harus mengimpor banyak dari negara lain.  

Sisa air mengalir ke semua hutan buatan di Israel. Menyebabkan berbagai pohon tumbuh subur sehingga menghasilkan oksigen yang dimana pada akhirnya menyejukkan cuaca dari yang tadinya panas menjadi dingin sejuk.  

Pohon menyebabkan adanya peningkatan air terhadap perubahan cuaca secara lokal.

Mendinginkan hawa panas sehingga menghasilkan titik titik embun hujan.

Curah hujan menyebabkan air tawar dalam skala besar tiap tahunnya.

Infrastruktur Mekorot kemudian menampung air hujan lokal tersebut ke dalam bendungan, danau buatan, dan ribuan kolam embung. Kemudian dialirkan kembali secara berulang ulang kali.


Israel pemimpin teknologi air terbesar #1 di dunia

Youtube : Teknologi air Israel, Mekorot

Salah satu pesaing Israel dibidang teknologi air adalah Amerika Serikat.

Namun, AS sebenarnya berpuluh puluh tahun tertinggal di belakang Israel untuk masalah teknologi air. Bahkan Amerika Serikat juga membeli teknologi air dari Israel. 

Banyak negara dan perusahaan swasta dari Jepang, China, Amerika Serikat, Uni Eropa, Ukraina, United Kingdom, membeli peralatan produk teknologi air dari Israel.

Israel adalah pemimpin teknologi air #1 di dunia. Senang berbagi sebagian ilmu pengetahuan kepada dunia untuk mengatasi perubahan iklim global warming.

Pemerintah Israel menjual produk produk teknologi high-tech air tersebut ke berbagai negara dan perusahaan swasta di berbagai dunia.

Tetapi tak semua negara dapat mampu memiliki akses teknologi Mekorot. Seperti karena adanya masalah politik dan penyebab hubungan diplomatik lainnya. Pun seandainya dapat membeli teknologi air Israel dari pihak kerjasama perantara swasta negara lain.

Ngga ada pilihan lain karena kompleksitas rumit teknologi ini.

Negara lain tak dapat menerapkan teknologi ini tanpa mengantisipasi perbaikan infrastruktur dan manajemen politik sebuah negara dengan benar.

Masakah sebuah negara ingin memiliki teknologi canggih ini. Tetapi jalan raya banyak bolong, bendungan roboh, jembatan masih terbuat dari kayu, sungai tak dirawat banyak sampah, infrastruktur masih berantakan, birokrasi yang buruk, teknologi ini mahal tak dapat semua negara sanggup membelinya, perumahan bangunan liar tak terkendali. Dll.

Model bisnis Mekorot yaitu dengan hanya menjual produk teknologi air kepada perusahaan swasta asing melalui EMS.

Tetapi Mekorot ngga bertanggung jawab atas kepentingan negara masing masing.

Itu menjadi tanggung jawab urusan keputusan tiap negara untuk mengelola air secara mandiri.

Think Israel, Think Technology. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU