Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Beta Caroten Vitamin A untuk kesehatan mata (2020)

Ada mitos terkenal menyatakan bahwa buah wortel dapat memperbaiki kesehatan mata kita. Karena mengandung vitamin A dan beta caroten. Pada kenyataan memang benar adanya. Wortel dapat menyehatkan mata kita jika dikonsumsi dengan rutin. 

Selain wortel. Buah buahan lain seperti melon, paprika, ubi jalar, labu, blewah, bayam, kangkungmangga, dan berbagai macam buah berwarna kuning, orange dan merah mengandung vitamin esensial.
 
Makanan buah buahan dan sayuran dapat mendukung kesehatan mata kita.


Studi penelitian dari WHO ( organisasi kesehatan dunia ) menyatakan bahwa pada tahun 2020. sebanyak 90% orang Indonesia atau sekitar 245.000.000 juta orang RI jarang makan buah buahan yang mengandung beta carotene.
 
Walhasil, penyakit mata seperti katarak, kesulitan melihat pada malam hari, rabun,  degenerasi makula (AMD), pengaburan bagian depan, mata sakit kering, dan kebutaan menjadi akrab bagi orang Indonesia.
 
Sebuah penelitian dari organisasi National Eye Institute (NEI) yang berkantor pusat di Amerika Serikat bahwa orang yang jarang makan buah yg mengandung vitamin A pada umur lansia mengalami gejala kebutaan.
 
Sedangkan orang orang yang rutin mengkomsumsi buah karoten bervitamin A secara rutin selama bertahun tahun (minimal 6 tahun). Hasil penelitian menunjjukkan gejala penyakit mata mereka berkurang hingga 25%.
 
Beta karoten adalah pigmen dari tumbuhan alami yang diubah menjadi provitamin A atau retinol oleh tubuh kita.
 
Vitamin A memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan luka, anti inflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti oksidan, menjaga permukaan mata kornea, membantu meningkatkan penglihatan malam, merawat selaput lendir mata agar tak rusak, mengurangi resiko infkesi mata, dll.

 
Secara garis besar. Vitamin A ada 2 jenis yaitu :
 
1]. Vitamin A dari hewan
 
Sumber makanan meliputi : hati sapi, hati ayam, hati babi, kuning telur, mentega, susu dan keju
 
2]. Vitamin A dari tumbuhan
 
Vitamin A dari tumbuhan berupa karotenoid yang diubah menjadi retinol.
 
Nah, berhubung karena artikel hari ini membahas manfaat beta carotene dan vitamin A untuk mata.
 
Berikut informasinya.
 
1]. Vitamin A menyembuhkan penyakit superior limbic keratoconjuctivitis

 
Ini semacam penyakit yang menyebabkan peradangan kemerahan secara berulang ulang pada persimpangan antara kornea, sklera (limbus) dan konjungtiva yang melapisi sklera superior permukaan bagian dalam kelopak mata.
 
Sehingga menyebabkan seseorang ketika terkena debu, asap atau angin sedikit saja.
 
Matanya langsung merah banget.  
 
Sebuah penelitian di Amerika Serikat memberikan kesimpulan bahwa orang yang rutin mengkomsumsi buah atau vitamin A sebanyak 15.000 IU dan lutein (12 mg) setiap hari menunjjukkan penurunan penyakit tersebut.
 
2]. Vitamin A mencegah kebutaan

 
Pada zaman Mesir kuno. Orang menyembuhkan penyakit rabun dengan rutin makan hati. Faktanya di zaman modern. Hati diketahui memiliki nutrisi vitamin A dan beta carotene yang tinggi.
 
Salah satu tanda awal orang mengalami kebutaan yaitu mengalami rabun atau telah menggunakan kacamata.
 
Banyak orang saat ini menderita rabun dan kebutaan. Sebenarnya dapat dicegah dengan pola makan vitamin A dan buah secara rutin.
 
Di mata, Vitamin A merupakan komponen penting yang membantu fotoreseptor mata bekerja membantu mata kita memproses cahaya.
 
3]. Vitamin A mencegah keratomalacia

 
Keratomalacia adalah suatu kondisi di mana sel sel pada mata di konea mengalami pengeringan sehingga rusak.
 
Orang yang mengalami vitamin A secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah. Oleh sebab itu, betapa pentingnya mengkomsumsi buah buahan dan sayuran.
 
4]. Vitamin A mencegah sindrom mata kering.

 
Mata kita terasa kering. Berarti hari ini atau pada hari sebelumnya kita belum mengkomsumsi buah mangga atau buahan lainnya yang mengandung beta karoten.
 
Mata kering terjadi ketika lapisan pelapis air pada mata telah rusak karena tak mendapatkan asupan nutrisi baru. Jika dibiarkan terus terusan maka mata kering selain terasa ngga nyaman juga mengganggu dan melemahkan penglihatan kita.
 
Penelitian dari Amerika Serikat menunjjukkan bahwa penerapan vitamin A disertai dengan konsumsi buah dan sayuran secara rutin merupakan cara efektif untuk menyingkirkan sindrom kekeringan mata.

 
5]. Vitamin A mencegah katarak.

 
Katarak dimulai dengan penglihatan yang rabun.

Katarak adalah penyakit mata terbesar di dunia yang dimana banyak pasien berakhir dengan kebutaan total.
 
Uji klinis dari penelitian telah membuktikan orang yang rutin mengkomsumsi buah dan sayuran terhindar dari katarak.
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU