Lompat ke konten Lompat ke footer

Mana lebih penting : TIDUR VS OLAHRAGA ( 2024 )

Foto : Petidur

Saya dulunya merupakan seorang petidur. 

Tapi sekarang saya adalah penonton Youtube Shorts. 

Sejak pindah ke rumah baru selama kurang lebih 3 tahun ini, keteraturan hidup saya menjadi berkurang.

Penyebabnya yaitu pekerjaan kala itu memang harus menuntut aku pulang ke rumah pukul jam 21.00 WIB - 21.30 WIB setiap harinya. 

Lalu, kehadiran internet 4G di kota Palangkaraya. Bikin saya leluasa menonton akses Youtube menjadi lancar jaya.

Akhirnya saya semakin kecanduan menonton hingga larut malam, bahkan sejak dirilisnya Youtube Shorts. Bikin keteraturan tidur malam aku tambah memburuk. 

Baca juga : 

Bahaya Menonton TV Televisi Bisa Timbulkan Penuaan Dini (2013).

Kurang tidur, malas bergerak, jarang olahraga, jarang lari, jarang jogging, jarang push ups dan jarang angkat barbel. Tentu berbahaya bagi kesehatan. 

Itu sudah fakta medis yang tak dapat dibantahkan.

Dicari alternatif lain, juga ngga ada ya. Karena olahraga dan tidur sama sama penting. 

Tidur membuat kita segar, sehat dan bugar, tidur juga membantu perbaikan pemulihan tubuh, sementara olahraga membuat kita lelah, letih, cape dan bau keringatan. Tapi hasil akhir dari fitness itu lho bisa bikin tubuh kita menjadi kuat seperti mas Rambo.

Jadi jika dipilih salah satu, mana yang lebih penting: tidur atau olahraga? Ternyata, jawaban benarnya adalah menonton Youtube.

Kalau saya nilai, maka tidur dapat nilai 5

Sedangkan olahraga dapat nilai 1,1 dari skor 100

He he..., 

Artinya apabila di sanding antara keduanya. 

Maka tidur memiliki makna paling kuat dibandingkan olahraga. 

Bukan berarti elektabilitas olahraga itu kurang nendang ya. 

Cuma ini kan aku pengen bikin 'Battle antara Tidur VS Olahraga' aja. 

Mana penting antara keduanya jika HARUS dipilih salah satunya. Jawabnya yaitu tidur, memang terbukti unggul dibandingkan olahraga. 

Lho lho..., kok bisa, Afrid punya pemikiran seperti itu. 

Kembali lagi ke topik. Bahwa menurut aku, olahraga dan tidur merupakan hal penting sama sama baik untuk kesehatan. Sesungguhnya itu tidak dapat dipisahkan seperti hubungan cinta yang lengket antara roti dan selai kacang. 

Tetapi aku pikir, memang tidur punya kekuatan yang berforma tinggi untuk kesehatan. 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga rutinitas tidur secara displin dengan ketat dan menjaga kebiasaan melakukannya harus dilakukan setiap hari secara teratur tanpa gangguan Youtube.

Tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi pusing kepala, memperbaiki sel sel, mengembangkan pembaharuan sel sel baru, meminimalkan resiko terkena penyakit regeneratif, meningkatkan kesehatan hormon, mengistirahatkan otak dari bahaya panas tekanan overstres, dll.  

Sekalipun seseorang melakukan olahraga secara teratur setiap hari. Anggaplah rutin olahraga 1 jam perhari. Tetapi jika orang itu tidur malam kurang dari 10 jam maka hasilnya tidak memuaskan. 

Itu pernah aku sendiri alami. Hasilnya memang buruk. 

Jadi inilah alasan mengapa aku menyebut bahwa TIDUR tidak dapat disepelekan. 

Lalu ciri ciri tidur berkualitas itu seperti apa : Karena saya bukan seorang dokter, saya tidak tahu. 

Jika saya boleh berbagi pengalaman. Ada yang bilang tidur berkualitas itu 8 jam perhari, tapi aku rasa menurut aku bukan 8 jam, melainkan 11 jam ( 10 jam malam hari, 1 jam siang hari ). 

Untuk mencapai tidur berkualitas dan maksimal, memang agak susah dilakukan oleh saya. Mudah dikatakan tapi sulit meraih kedisiplinan tersebut. Hingga saat ini, saya juga masih belajar. 

~ Tidur mulai pukul 20.00

~ Bangun mulai pukul 06.00

~ Tidur berada diruangan gelap gulita tanpa cahaya apapun. ( tanpa lampu tidur )  ( Bukan berarti dalam keadaan gelap total ya )

~ Alat alat elektronik, YT dan instrumen musik harus dimatikan. Full hening tanpa bunyi. 

~ Kesejukan ruangan kamar berada dikisaran sejuk atau dingin, tidak boleh bersuhu panas.

~ Ruangan beraroma netral, tidak boleh bau juga tidak boleh terlalu wangi

~ Ruangan kamar memiliki udara bersih tanpa polusi asap kendaraan bermotor.

~ Tidur siang hanya boleh  berdurasi 1 jam saja per hari, tidak boleh lebih, karena berbahaya mengganggu kualitas tidur malam. 

~ Tidur malam berdurasi 10 jam per hari, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Karena hormon melatonin yang baik untuk kesehatan hanya aktif di malam hari tanpa cahaya. 

Hingga saat ini, saya juga belum tahu. 

Apa alasan hormon Melatonin hanya aktif di malam hari. 

Jika teman teman tidur pada siang hari, itu hormon melatoninnya nonaktif. Jadi percuma aja. 

Belum tahu alasannya kenapa bisa kayak gitu ya, apakah karena faktor gravitasi atau faktor cahaya blue light. Sepengetahuan saya, melatonin mulai aktif ketika matahari terbenam total ( jam 18.00 sore - 05.30 pagi), pada pukul 06.00 pagi ketika matahari terbit, melatonin menjadi nonaktif. 

Nah, buat teman teman yang kerja larut malam hari lalu tidur pagi dari jam 06 pagi tidur hingga pukul 4 sore. Itu melatoninnya tidak ada, berbahaya banget buat kesehatan, yang ada bukan sehat di dapat melainkan memicu penyakit dan mempercepat terjadinya keriput. 

Jika teman teman adalah seorang pekerja atau karyawan shift. Seperti perawat, satpam, polisi, pekerja infrastruktur malam hari, sopir truck, dll.

Membaca artikel ini dan mulai menyadari pentingnya tidur malam hari. Coba tanya ke bos atau pemimpinan perusahaan, bisa ngga jam kerja shift anda diganti gitu ya. Karena ini menyangkut resiko hidup teman teman. 

Malam hari seharusnya digunakan untuk tidur, bukan untuk bekerja. Apalagi buat nonton Youtube. 

Baca juga : 

7 hal paling menyesalkan dalam hidup saya jika waktu dapat diulang kembali (2021)

Cahaya bluelight pada malam hari dapat menyebabkan diabetes dan kebutaan permanen pada mata (macular degeneration) (2021)

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.