Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solar Power : Teknologi Listrik Matahari Masa Depan (2014)

Semua Manusia Tak Lepas dari yg Namanya Energi. Mulai dari Menyalakan Mobil, Memasak Kue, Menggoreng Ikan, Menonton Televisi, Menghidupkan Kipas Angin, bahkan Sampai Memompa Air untuk Keperluaan Mandi. Semuanya membutuhkan Energi Listrik 

Di Dunia ini sebenarnya kita juga bisa mendapatkan Energi secara GRATIS. Yaitu melalui Panas Bumi Geothermal, Gelombang atau Arus Air, Angin, Tanaman Alga, dan masih banyak lagi.

matahari.jpg (592×334)

Namun dari semua hal tersebut. Yg Memiliki Prospek cukup Mencerahkan adalah Teknologi SOLAR POWER dari Sinar Matahari.

SOLAR POWER SANGAT LUAR BUAYA 
ivanpah.jpg (593×333)

Memang ada banyak jenis jenis Pembangkit Listrik Terbarukan. Namun sepertinya menggunakan Matahari saja sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk seluruh dunia ini. Tanpa perlu menggunakan energy-energy yg lain-lainnya lagi.

Saat ini di beberapa belahan negara seperti di Dubai, China, Jerman, India, Belanda, Israel, Amerika, Jepang, dll mulai menerapkan Matahari sebagai Pembangkit Listrik.

Salah satu yg Terbesar di dunia saat ini ada di : IVANPAH di Dekat Perbatasan California – Nevada di Amerika Serikat. Yg Investasikan oleh Perusahaan Teknologi Google. Yg saat Tulisan ini saya buat udah menyinari 140.000 rumah penduduk.


DI JEPANG, DUBAI, dan JERMAN : damai.gif (30×18)

Di Jepang. Ada 2 Perusahaan yg bernama KYOCERA CORP dan CENTURY TOKYO LEASING bahkan telah menyusun dokumen untuk mendirikan 30 Statiun Pembangkit Listrik Matahari. Di Lansir dari Digital Trends. Stasiun Tersebut akan didirikan di pinggir laut yg bisa untuk menyalakan 9.000 Lampu Rumah bericintasayang.gif (26×18)


Di Dubai. Bahkan Sedang membuat Stasiun Matahari yg Tak Tanggung Tanggung. Panjangnya hingga 14 KM. Begitu juga di Jerman. Bahkan di Jepang saja seperti yg saya lansir dari Geeks.com.  Udah hampir Separuh Penduduk disana memasang Panel-Matahari.

KENDALA DAN PERMASALAHAN : tertawa.gif (19×19)
Kendala dan Permasalahan yg sering di hadapi saat ini adalah Mahalnya biaya Pembeliaan awal pada alat tersebut. Namun di Perkirakan tahun 2020 alat tersebut akan semakin murah.

Lalu ada lagi orang yg mengatakan Panel Surya hanya mampu menghasilkan listrik yg sedikit saja sekitar hanya 20% yg diserapin. Hal ini saat ini emang benar adanya masih lemah. Namun saat ini sudah ada Teknologi yg disebut sebagai Zenith Solar yg mampu membuat kekuatan serapnya 5X Lipat Sangat tinggi lagi. Di masa depan, di Prediksi alat alat Solar akan semakin canggih yg mampu menyerap berkali-kali lipat lagi.

Zenith-Solar.jpg (588×222)

Bahkan di Klaim bisa diubah bentuk menjadi Jendela atau Dinding Transparat. Yg akan menambah daya serapnya lebih banyak lagi untuk menghasilkan Energy-Listrik.


MASALAH CUACA DAN PENYERAPAN :
Saya pernah merenungkan dalam hati. Kalau Cuaca hujan terus dan mendung. Bagaimana dong dgn alat ini..? Berarti ngga berguna dong ya alat ini. He he..,


Ternyata Elon Musk. Salah Satu Pengusaha Pemilik Mobil Listrik Tesla pernah mengatakan hal ini ngga perlu di Kwatirkan.  Karena ia diklaim bakalan merevolusi BATEREI di Masa Depan untuk bisa menyimpan “Energi-Listrik-Matahari” ke dalam Baterei. Mirip Powerbank gitu. He he.., wah. Canggih juga ya.  

PANEN DARI LUAR ANGKASA : kehujanan.gif (25×24)

Salah Satu yg agak Extrem adalah dari Negara Amerika Serikat. Yang berencana akan mendirikan Satelite Pemamen Surya langsung dari Luar Angkasa. Yang di Namakan Space Solar Power System SSPS. Entah gimana caranya ya saya juga ngga tahu. Anda bisa ngelihatnya dibawah ini ya.


Baca juga :

Tahukah Anda. “Solar-System” bisa untuk menjalakan Radio, Memasak dengan Kompor-Listrik, Menghidupkan Mobil-Listrik, Menyalakan Smartphone, dll. Wah dunia Technology cepat sekali berubah ya. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU