Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Skylens : Teknologi Mata Penembus Pandang Awan, Asap dan Kabut Embun dari Militer ke Sipil (2018)


Israel merupakan salah satu negara Pemimpin dalam ‘Teknologi Penglihatan’. Inovasi yang dihadirkan telah banyak digunakan oleh berbagai dunia untuk membantu menyelesaikan masalah gangguan pandangan.

6.500 Helikopter Tempur dan Helikopter Research and Rescue dari seluruh Penjuru dunia telah menginstal Teknologi Helm Penglihatan yg dikembangkan di Israel tersebut.

Termasuk 3.500 Pesawat Tempur seperti F-35 Lightining, F-15 Eagle, F-16, dan Pesawat Tempur lainnya telah menggunakan Helm HMD Buatan Israel yg memungkinkan Pilot memiliki Kesadaran Situasional yang lebih baik.

Pandangan Penglihatan merupakan Elemen Penting dalam dunia Penerbangan, selain Radar & Sensor. Tanpa Teknologi ini, Pesawat dan Helikopter kesulitan untuk dapat melihat ditengah situasi visibilitas yang sulit.

Gangguan seperti Awan, Asap, Kabut dan Embun dapat menyebabkan Pilot kesulitan mengoperasikan Penerbangan.

Terkadang Pilot kesulitan untuk mendarat. Efek Paling Fatal akibat Ganggunan Penglihatan dapat menyebabkan Pesawat & Helikopter mendarat di tempat yg salah atau Menabrak Bukit & Gunung.

Penundaan Penerbangan umumnya Paling sering terjadi akibat cuaca buruk. Seperti embun dan asap.

Foto : Israel Skylens
30 TAHUN PENGALAMAN
Lebih dari 10.000 Helm dengan Kacamata Canggih seharga diatas Rp 5 Miliar Per Unit telah terjual ke Penjuru Dunia.

Pengalaman Perusahaan Israel, Elbit System selama 30 Tahun telah membuktikan kinerja revolusioner dengan keamanan tertinggi untuk menyelamatkan pilot dan menjalankan operasional penerbangan dengan lancar tanpa gangguan pandangan.

Pada awalnya, Teknologi HMD (Helmet Mounted Displays) di Gunakan bagi Kalangan Militer.



Namun Komitmen Elbit System memutuskan menghadirkan Teknologi ini untuk digunakan bagi Perusahaan-Perusahaan kedirgantaaraan Sipil 

untuk tujuan meminimalkan Korban Kecelakaan dan menghapus hambatan penundaan terhadap situasi cuaca akibat terhalang Kabut, Embun, Awan dan Asap.

Foto :  Teknologi Skylens dapat menampilkan simfologi petunjuk penerbangan dan navigasi. 
Elbit System menghadirkan ClearVision dengan 3 Produk utama. Yaitu :

1]. HeliEVS. Di Gunakan untuk Pesawat Helikopter Sayap Tetap yang dikemas dalam LRU dengan Citra berkualitas tinggi dalam kondisi pandangan buruk melalui fusi gambar real time antara sensor di spectral band.

2]. Skylens. Di Gunakan untuk Pesawat Terbang Sipil dan Helikopter dengan versi yg lebih murah dengan penggunaan Non-Helm sehingga Nampak ringan dan mudah dipasang bagi pilot. Skylens berbentuk seperti sebuah Kacamata.

3]. Skyvis. Di Gunakan untuk Pilot Helikopter dengan Footprint minimal di Kokpit

KESADARAN SITUASIONAL PILOT DI TINGKATKAN
Foto : Layar di kacamata pada helm skylens menampilkan adanya bukit tinggi di balik awan yang tersembunyi

Produk Clearvision dapat menggabungkan gambar pemandangan panorama seperti dunia nyata yang dihasilkan oleh EVS dengan Sistem Visi Sintetis berdasarkan pada database model medan digital yang meningkatkan pengalaman pilot untuk mengatasi situasi penglihatan.



Layar Kacamata Wearable-nya secara efektif menampilkan berbagai informasi resolusi ketinggian pesawat, gambar, video pada head up high transparent visor, menembus halangan cuaca buruk, termasuk dapat melihat menembus keluar pada kokpit tanpa halangan.  

Artikel Lainnya :



Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU