Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melafind Scanner, Scanner Pendeteksi Kanker Kulit dengan Gelombang Elektromagnetik (2019)


Keberadaan melafind scanner dipercaya menjadi alat canggih yang mampu melakukan deteksi pada kanker kulit. Salah satu jenis kanker kulit yang cukup terkenal adalah melanoma. Jenis kanker yang satu ini menjadi salah satu kanker ganas di mana jarang ditemukan. Pasalnya apabila kanker ini menyerang seseorang, maka tidak hanya menyebar di kulit saja tetapi organ dalam.

Keberadaan kanker Malonama ini sendiri biasanya ditandai dengan adanya kemunculan tahi lalat baru atau adanya perubahan yang terjadi pada tahi lalat lama. Kanker jenis ini sendiri bisa muncul di berbagai macam bagian tubuh. Tetapi yang paling sering terjadi adalah di bagian wajah, tangan hingga kaki.

Melanoma ini sendiri mempunyai bentuk yang yang tidak pasti atau tidak beraturan bahkan memiliki lebih dari satu warna. Ukuran tahi lalat yang terkena melanoma ini biasanya memiliki ukuran yang tidak seperti tahi lalat biasanya. Di mana biasanya ukurannya lebih besar dan akan terasa lebih gatal.

Mengenal Keberadaan Melafind Scanner

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila jenis kanker kulit yang satu ini memang tergolong sebagai jenis kanker yang cukup berbahaya. Tetapi seseorang bisa melakukan deteksi lebih tinggi dengan menggunakan teknologi yang bernama melafind. Alat ini merupakan sebuah alat yang menjadi terobosan terbaru dalam dunia kesehatan.

Melafind bisa membedakan antara tahi lalat yang berbahaya dengan yang tidak berbahaya. Untuk melakukan pemeriksaan melanoma biasanya dilakukan dengan memanfaatkan jaringan atau lebih dikenal dengan biopsi. Kendati demikian, tidak sedikit kasus yang mengungkapkan apabila tidak semua tahi lalat yang sudah disiapkan merupakan tahi lalat yang berbahaya.

Melafind scanner sendiri akan memanfaatkan sebuah teknologi fotografi dengan berbagai macam jenis panjang gelombang elektromagnetik. Kemudian data yang sudah didapatkan tersebut akan dicocokkan dengan database melanomas, yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, alat ini sendiri biasanya hanya bertujuan untuk membantu para dokter untuk memperoleh informasi tambahan ketika akan menentukan biopsi. Tidak hanya itu saja, manfaatnya juga digunakan untuk mengurangi adanya jumlah pasien yang tersisa dengan kemunculan bekas luka biopsi.


Bagaimana Cara Kerjanya Melafind Scanner

Setelah  mengenal keberadaan Melafind, wajib juga harus mengetahui bagaimana cara kerja melafind ini. Alat ini sendiri akan bekerja dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengindikasikan penyakit kanker kulit tersebut. Setelah itu, perangkat ini kemudian akan melakukan analisa bagaimana cahaya akan memantul kembali.

Hanya dalam waktu 1 menit, melafind scanner ternyata sudah bisa memberikan analisa hasil untuk para pasien. Tidak hanya itu saja, alat ini ternyata juga mampu menghitung bagaimanakah kemungkinan tumor bisa berkembang. Apakah tumor akan berkembang lebih parah atau tidak. Awal perkembangannya, alat ini sendiri digunakan oleh sebuah departemen pertahanan.

Dimana pada saat itu digunakan untuk memindai dan melakukan penelitian terhadap permukaan lesi yang mencurigakan. Tidak hanya itu saja, awal perkembangan alat ini juga memanfaatkan navigasi rudal. Tetapi setelah mendapatkan berbagai macam kritikan Melafind ini telah dialihkan fungsi, untuk bidang kesehatan yang sangat berguna untuk mendeteksi adanya kanker melanoma.



Jenis kanker melanoma merupakan kanker yang cukup berbahaya bahkan bisa mengancam nyawa seseorang. Gejala yang paling umum terjadi pada kanker jenis ini adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni terdapatnya tahi lalat baru. Untuk melakukan deteksi dan mendapatkan pengobatan lebih dini, maka bisa memanfaatkan alat melafind scanner.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU