Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bagaimana Prosedur Pasang Ring Jantung dan Efeknya (2019)


Dunia teknologi kesehatan memang semakin berkembang pesat termasuk adanya metode pasang ring jantung. Metode ini sendiri dipercaya mampu menolong para pasien dengan cukup bagus, bahkan bisa menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit jantung yang bisa mengancam nyawa seseorang.

Salah satu gangguan pada jantung yang wajib diwaspadai adalah jantung coroner. Jantung coroner ini menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia. Bahkan seseorang yang terkena jantung coroner ini harus melakukan berbagai macam pengobat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan metode pasang ring jantung.

Metode yang satu ini memang sudah banyak dimanfaatkan dalam dunia medis. Tetapi ternyata masih ada banyak orang yang asing dengan metode kesehatan yang satu ini dan bagaimana efek samping yang dihadirkan oleh metode ini. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, dibawah ini penjelasan yang akan berguna untuk semua pasien.

Apa Itu Metode Pasang Ring

Pasang ring jantung sendiri dalam dunia medis dikenal dengan stent jantung. Ini merupakan sebuah prosedur yang akan dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah coroner, yang telah menyempit atau tersumbat pada bagian dalam jantung. Adanya pembuluh darah yang tersumbat ini, biasanya dikarenakan adanya penumpukan plak kolesterol atau zat lainnya.

Oleh sebab itulah, tujuan dari pemasangan ring jantung ini sendiri memiliki fungsi untuk membuka pembuluh darah coroner yang berada di jantung. Sehingga dapat kembali menerima suplai darah, hingga mampu memperkecil adanya kemungkinan seseorang terkena serangan jantung yang bisa membahayakan nyawa seseorang.

Stent tersebut biasanya terbuat dari bahan logam ataupun plastik, dimana mempunyai bentuk tabung yang kecil dan tersusun oleh kawat-kawat yang mempunyai penampilan seperti jala. Pemasangan ring dalam jantung tersebut dilakukan secara tetap, sehingga akan terus menempel pada bagian jantung.

Oleh sebab itulah, biasanya stent tersebut akan dilapisi dengan berbagai macam obat-obatan yang membantu untuk menjaga arteri yang sudah tersumbat, agar tidak terutup kembali. Sehingga akan meminimalisir adanya berbagai macam risiko kesehatan. Metode pasang ring jantung ini biasanya akan dilakukan untuk kasus yang darurat, seperti seseorang yang terkena serangan jantung hingga adanya keluhan mengenai penyempitan pembuluh coroner.

Manfaat dan Efek Samping Metode Pasang Ring Pada Jantung

Prosedur pemasangan ring jantung ini sendiri merupakan produser non bedah, dimana berada dibawah anestesi lokal yang akan diberikan di area pergelangan tangan hingga panggal paham. Oleh karenanya, pasien yang mendapatkan perawatan ini memang masih dalam keadaan yang sadar. Pemasangan stent tersebut ternyata juga hanya membutuhkan waktu yang tidak lama.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari pemasangan ring jantung ini bahkan mampu meningkatkan kualitas hidup pasien. Adanya kombinasi antara angioplasty dengan ring jantung ternyata bisa menjadi penyelamat bagi seseorang. Pasalnya pasang ring jantung ini akan memperbaiki alirah darah, hingga mencegah adanya kerusakan yang lebih parah pada otot jantung sehingga mampu mengurangi adanya nyeri dada.



Bukan hanya itu saja, pemasangan ring tersebut juga hanya membutuhkan waktu yang sebentar, bahkan memudahkan para pasien untuk menjalani aktivitas mereka kembali. Dibalik kelebihannya, ternyata pemasangan ring ini juga memberikan efek samping tersendiri, seperti alergi akibat obat atau bahan yang digunakan.

Adapun komplikasi yang sangat jarang terjadi diantaranya adalah gagal ginjal, serangan jantung hingga stroke. Demikian penjelasan mengenai metode pemasangan ring dalam dunia medis yang membuktikan adanya perkembangan teknologi dalam dunia kesehatan. Metode pasang ring jantung ini memang tidak boleh dilakukan sembarangan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU