Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tantangan Militer Indonesia Era Menhan Prabowo Subianto di Asia Pasifik (2019)


Sebelumnya, kita ucapkan selamat atas terpilihnya bapak Prabowo Subianto untuk bertugas dilantik secara resmi oleh pemerintah sebagai abdi negara menjadi Menhan (Menteri Pertahanan Indonesia 2019-2024).

Nama besar Prabowo Subianto Djojohadikusomo. Tentu sudah tak perlu diragukan lagi oleh publik.

Ketika masih muda. Beliau aktif di TNI Angkatan Darat sejak tahun 1974, berpangkat bergengsi Komando Kopassus. Beliau dikenal begitu berjasa bagi pemerintah dalam menumpas teror.

Tak hanya itu, beliau juga sosok berjiwa semangat diranah politik melalui partai Gerindra.

Walaupun sempat kalah 2x dalam pemilihan presiden. Namun tekad Prabowo terasa bergetar demi kemajuan NKRI.

Tantangan Militer Indonesia Era Menhan Prabowo Subianto di Asia Pasifik (2020)

Situs Globalfirepower.com mencatat bahwa tak terbantahkan di wilayah Asia Tenggara. Peringkat kekuatan militer Indonesia menduduki posisi #1.

Selama beberapa tahun kepemimpinan presiden Jokowi.

Indonesia mulai menerima banyak perlengkapan pertahanan senjata baru, baik untuk mantra darat, laut maupun udara. Begitu pula tank, senapan mesin, senapan sniper, roket, kendaraan lapis baja, banyak lagi.

Kekuatan laut juga terus bertambah kuat, walaupun belum mencapai skala ideal.

Berdasarkan kebijakan Jokowi. Peralatan militer yang belum sanggup diproduksi oleh anak bangsa. Semua senjata impor tersebut harus dibeli baru tak boleh bekas.

Industri senjata buatan lokal dalam negeri juga terus dipacu, penelitian, riset, pendanaan dan pengembangan terus ditingkatkan, sehingga menghasilkan tank medium Harimau,  tank APC Anoa, Tank boat Antasena, mobil lapis baja Sanca, Tank roda 6x6 badak. Tank IFV Kobra, banyak lagi.

Isu ini telah menjadi perhatian sorotan dunia melihat begitu masifnya militer Indonesia.

Selain itu ada pula informasi tentang pembeliaan pesawat tempur seperti Su-35 dari Rusia, F-16 Viper dari Amerika Serikat, pesawat drone tanpa awak CH-4 Rainbow dari China, dan pengembangan pesawat tempur dalam program KF-X kerjasama dengan Korea Selatan.


Banyak lagi ya. Ngga bisa saya bahas satu-satu disini ntar kepanjangan.

Sejauh ini, sejak menjabat sebagai menteri pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Bapak MENHAN Prabowo memimpin kementerian dengan anggaran militer terbesar sejak Indonesia berdiri tahun 1945.

Prabowo mengantongi anggaran paling besar mencapai Rp 131 triliun rupiah

Jumlah anggaran tersebut lebih besar dibandingkan kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) sebesar Rp 120 triliun.   

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa anggaran pertahanan militer terbesar ini untuk meningkatkan kesejahteraan para tentara TNI dan mendorong industrialisasi lokal anak bangsa agar tak melulu bergantung impor senjata.

Menarik untuk disimak. Apa saja tantangan Menhan untuk 5 tahun ke depan.

Berikut jabarannya :

1]. Pelanggaran Perbatasan NKRI oleh Alustista Amerika Serikat
pangkalan+amerika+serikat.jpg (513×392)

Seperti yang kita ketahui. Indonesia memang bukan pihak terlibat langsung dalam masalah sengketa & persaingan kekuatan global antara Amerika Serikat dan China.

Indonesia negara cinta damai. Begitu pula dengan China.

Tetapi bagaimanapun juga tak terbantahkan percikan perang dagang dan perang persaingan kekuasaan raksasa global antara China & AS telah terasa di Indonesia. Dimana ekonomi Indonesia terasa gunjang ganjing terjadi perlambatan.

Amerika Serikat merasa China merupakan pesaing terberat yang hendak menyaingi kedigdayaan Super Power miliknya. Oleh sebab itu, Amerika Serikat mengepung China dari berbagai arah di Asia Pasifik.

Banyak orang Indonesia mungkin ngga sadar. Kalau negara kita (Indonesia). Sebenarnya berpapasan langsung lho dengan 2 pangkalan militer Amerika Serikat. Yaitu di Diego Garcia bersebelahan dekat Jakarta dan di Darwin, utara Australia.

Di pangkalan Diego Garcia menampung pesawat siluman pembom nuklir, kapal induk, B-1B lancer, pesawat siluman bomber B-2 SPIRIT, Kapal selam bertenaga nuklir kelas Virginia bahkan sampai stasiun ruang pengendali luar angkasa dan komputer pemantau sistem.


pesawat+diego+garcia.JPG (530×378)

Pesawat+bomber+Diego+Garcia.jpg (527×377)

pangkalan+induk.jpg (519×441)

Koneksi hilir mudik, logistik dan transportasi militer Amerika Serikat dari dan ke pusat pangkalan militer lainnya ke pangkalan AS lainnya yang berada di Jepang, Korea Selatan dan Filipina.

Tentu saja jarak perjalanan terdekat yaitu melewati Indonesia. Nah, bisa saja suatu saat militer AS terdapat kesalahan perjalanan hingga memasuki zona teritorial Indonesia atau terjadi miskomunikasi antara AS & Indonesia untuk kasus pelanggaran NKRI tanpa izin.

Insiden peristiwa kesalahan pelanggaran ini pernah terjadi pada tahun 2003.

Tepatnya di pulau Bawean.

Dimana 5 pesawat tempur F-18 milik United States Navy pernah tanpa sengaja melanggar wilayah NKRI tanpa melaporkan ke ATC terdekat. 

Pihak AS mengklaim berada di wilayah internasional. Sedangkan pihak Indonesia mengklaim wilayah NKRI. Sehingga terjadi miskomunikasi.

Pada tahun 2003. Sebanyak 2 pesawat tempur F-16 milik TNI AU ditugaskan untuk menghalangi dan mengidentifikasi visual.

Namun apa yang didapat, ke 5 pesawat F-18 milik Amerika Serikat menyambut 2 pesawat tempur Indonesia bak musuh, menerapkan serangan elektronik jamming, mematikan saluran komunikasi, membidik dan mengunci (lock on).


Pilot Fajar mengatakan :

Menegangkan sekali. Mereka sudah mengunci pesawat kami, tinggal menembak saja. Itu dapat dilihat pada layar display ada tanda dan alarm bahaya kami sudah di lock on. Sahutnya ketika menceritakan pengalamannya.

Akhir cerita, ke 5 pesawat tempur tersebut pergi dengan sendirinya dan menghilang dari radar. Setelah diberikan isyarat rocking the wing dan F-18 menyalakan atau mengkontak kembali pilot TNI AU.

Dari komunikasi singkat tersebut diketahui ada kapal induk Amerika Serikat berserta kelompok gugus kapal perang pelindung sedang berlayar melewati wilayah Indonesia yang dianggap salah oleh AS sebagai perairan internasional.  


Nah dari kasus ini, tentu menjadi pengalaman berharga. Mengingat siapa tahu suatu saat nanti, alustista militer Amerika Serikat ceroboh lagi memasuki wilayah NKRI.

2]. Laut China Selatan

Dinamika hubungan Indonesia dengan China berlangsung sangat baik.

Namun sesungguhnya terdapat permasalahan besar dalam potensi konflik LCS (Laut China Selatan). Ada banyak negara terlibat masalah dengan negeri tembok besar itu. Yaitu Jepang, Taiwan, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina dan Vietnam. Semua saling mengklaim. Terutama territorial laut, pulau Senkaku, pulau Diaoyu, pulau spratly, dll.

Indonesia memang tak terlibat panas dingin di LCS.

Namun perlu diketahui, wilayah ini berbatasan secara langsung dengan ZEE kepulauan Natuna.

Natuna adalah pulau milik Indonesia kaya terhadap kandungan gas, minyak dan perikanan.

Namun informasi yang harus kita ketahui. China pernah menggunakan kekerasan militer terhadap Vietnam pada tahun 1974 dengan menembaki kapal berbendera Vietnam.

Potensi pemakaian kekuatan militer nampaknya semakin terasa. Negara komunis ateis China tak segan-segan menjadikan banyak pulau di LCS sebagai basis militernya. 

Sejauh ini China nampak sedang dalam tahap memperluas wilayah. Khususnya di laut dengan program membangun tembok pasir raksasa di lautan untuk menghandle keamanan, minyak, gas, perikanan dan hak lintas perkapalan jalur sutera One Belt One Road.

Belum diketahui apa yang terjadi di masa depan.

Masih menjadi misteri dan teka-teki…?

Apa rencana kedepan China, kita tak tahu. Oleh sebab itu, Menteri Pertahanan Prabowo Sugianto haruslah menatap tajam dan menjaga kedaulatan kepulauan Natuna dengan baik. 

3]. Masalah Papua.

Sepertinya bukan lagi rahasia soal Papua yang ngebet pengen keluar dari Indonesia dan bikin negara sendiri.

Alasan karena kehidupan yang belum membaik, kekayaan sumber daya alam dirampas oleh Indonesia namun tak dinikmati oleh penduduk lokal, anak, cucu. Sehingga menjadikan Papua banyak berpenduduk miskin.

Gerakan OPM atau Organisasi Papua Merdeka didirikan pada tahun 1965 untuk mengakhiri pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat memisahkan diri dari Indonesia.

Tentu kita semua tak berharap Papua akan benar-benar lepas.


Youtube : Lagu Curahan Hati Anak Papua

Kabar baiknya, tak semua warga Papua ingin memisahkan diri dengan Indonesia. Walaupun terkadang mereka sering dibully.

4]. Simpatisan ISIS (Islamic State)
pasukan+isis.jpg (596×342)

Terakhir adalah tantangan melawan ISIS atau Islamic State.

Menurut BNPT : Lebih dari 15 organisasi Islam di Indonesia pada tahun 2015, telah berbaiat menggantikan dirinya dengan nama ‘Daulah khilafah Islamic State atau yang dikenal dengan nama ISIS.

Mereka adalah Khilaftul Muslimin, IS Aceh, Gerakan Tauhid Lamongan, Laskar Dinullah, Majelis Mujahidin Indonesia Timur, Ring Banten, Jamaah Ansharut Tauhid, Mahad Ansyarullah, Ansauri Daulah, dll.  

Kebanyakan dari mereka telah ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara.

Menurut hasil survei SMRC.

92% Kebanyakan orang Indonesia menolak ideologi ISIS yang ingin menggantikan simbol burung garuda dan Pancasila untuk mendirikan kekalifahan. ISIS tak boleh hidup di Indonesia karena mereka adalah terorist.

Diperkirakan ada lebih dari 1.000.000 orang Indonesia adalah anggota ISIS. 


Santoso+berbaju+putih.jpg (657×527)

Beberapa dari antara mereka pernah melakukan serangan teror. 

Sasaran ISIS meliputi kantor polisi, pos polisi, jaringan perbelanjaan toko Amerika Serikat seperti McDonald dan Starbucks. Bahkan ISIS turut membom Gereja dan membom Masjid Sunni yang selalu mereka anggap sebagai masjid thaghut.

Berterima kasihlah kepada Amerika Serikat, Turki, Irak, Iran, Kurdi, Suriah, Rusia, dll. Yang telah menghancurkan pusat utama negara Islamic State (ISIS) di Timur Tengah. Sehingga ISIS tak memiliki kekuatan dalam melakukan aksi terror.


islamic+state+pasukan.jpg (654×476)

Ucapkan terima kasih pula kepada pasukan khusus Amerika Serikat yang telah membunuh pemimpin Abu Bakr Al Baghdadi dan membuang jasadnya ke laut.

Kematian Al Baghdadi tentu bukan berarti teror ISIS berakhir. Toh ISIS dapat dengan mudah menggantikan melalui pemimpin sosok baru. Karena ideologi ISIS adalah hal utama.

ISIS hanya memiliki satu tujuan utama. Yaitu berani mati berperang demi mendirikan kebangkitan kekalifahan. Ajaran sesat terorist ISIS mengklaim mati berjihad berperang berarti masuk surga bersama 72 bidadari. 


Tentara+ISIS.jpg (665×449)

Saat ini ISIS sedang lemah tak berdaya karena diserang oleh berbagai kekuatan dunia seperti melawan militer Amerika Serikat, melawan militer Rusia, melawan militer Iran, dll. Namun simpatisan ISIS masih hidup di berbagai negara. Termasuk di Indonesia.

Bisa saja sebelah kontrakan di rumah anda adalah anggota ISIS yang sedang mengumpulkan dana untuk membantu pendanaan perang melalui jaringan cryptocurrency dan mengkonversi rupiah menjadi emas batangan, emas Dirham agar dikirim oleh agen ke pusat ISIS yang berada di Timur Tengah untuk membantu terror melawan negara-negara lain.

ISIS cabang Indonesia terendus secara terus-menerus mengirimkan ribuan simpatisan untuk bertempur di Timur Tengah.

Mereka berkomunikasi melalui darknet dan berangkat dari negara ketiga, masuk melalui tiap-tiap perbatasan sepanjang ribuan kilometer. 



bakar+passport.jpg (600×340)

Setelah sampai di wilayah ISIS. Mereka membakar paspor Indonesia mengganti namanya dari kewarganegaraan Indonesia menjadi kewarganegaraan Khilafah. Kemudian bergabung membentuk pasukan junud khilafah bersama bersatu dengan pasukan khilafah dari negara asing lainnya untuk membantu berperang demi merebut perluasan wilayahnya.

Ideologi ISIS (Islamic State) dikenal berbahaya. ISIS ingin mencaplok berbagai negara menjadi wilayah tanpa batas khilafah abal-abal miliknya, membunuh banyak orang tak peduli apakah dia Islam Sunni atau Islam Syiah, selama seseorang bukan menganut Islam ala ISIS, maka dibunuh, ditembak atau dipenggal.

video+isis.jpg (661×347)

ISIS merupakan ajaran berbahaya.

Wanita non-ISIS akan diperkosa, dijual seperti budak binatang. Laki-laki non-ISIS di tembak, dikuburkan genosida kedalam kuburan massal dalam 1 lubang.

ISIS dicap terrorist oleh Amerika Serikat dan banyak negara. 

ISIS dianggap mencoreng nama baik ajaran agama Islam karena dianggap radikalisme

Dalam tajuk video. ISIS pernah menantang TNI agar berperang di Syam. Jika TNI tak datang. Maka ketika kekalifahan negara Islamic State telah membesar, maka jangan salahkan apabila kami akan kembali ke Indonesia memerangi TNI.

Tentu ancaman ini bukan main-main…, 

Karena keamanan Indonesia suatu saat dipertaruhkan apabila memang benar terjadi hal tersebut. 

Almarhum Abu Jandal al Kuwaiti mengatakan :

Karena sungguh apabila kalian tidak mendatangi kami, kami akan datang kepada kalian, kami akan kembalikan dunia Syam. Sahutnya.

Youtube : ISIS Tantang Indonesia Berperang Suatu Saat Nanti Jika Kekalifahan Telah Membesar di Seluruh Dunia. ISIS Siap menghancurkan TNI.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU