20 Drone Tercanggih Militer dan Sipil Israel (2020)

Tiap tahun perusahaan teknologi asal Israel terus memperbaharui inovasi produk drone miliknya.

Negara kecil Zionis Yahudi yang berada di padang pasir Timur Tengah ini memang dikenal memiliki banyak Albert Einsten muda dan memiliki begitu banyak ilmuwan, professor doktor dan pakar insinyur dengan skill SDM tinggi yang bersiap menantang dominasi drone buatan China dan Amerika Serikat. 

Berikut 20 Drone tercanggih milik Israel tahun 2020 : [ Militer + Sipil


1]. HERON II

Heron II terbang selama 45 jam sekali isi bahan bakar. Mampu mengangkut payload bobot muatan seberat 470 kg. Ketinggian terbang Heron II secara vertical hingga ke atas langit mencapai 10 km.

Heron II menggunakan komunikasi satelit integral dan komputer canggih. Salah satu kehandalannya terletak pada penawaran muatan yang lebih luas. Sehingga berbagai fasilitas sensor, elektro optic, onboard server dan radar muat terinstal pada drone buatan Israel ini sebagai penunjang operasi pengintaian, intelijen dan pencarian target musuh.



Karena kompleksitas muatan radar. Heron II begitu piawai mendeteksi kapal selam musuh.

Drone tipe HERON telah diproduksi oleh Israel lebih dari 206 unit. Dijual ke berbagai negara internasional sejak 2005. Biasanya digunakan sebagai keamanan maritime lautan.

2]. HERMES45


Hermes 45 mampu menembuh jarak 200 km dari pusat lokasi ground control system. Apabila menggunakan satelit jarak terbangnya meningkat hingga 2.500 km.

Hermes45 memiliki daya tahan terbang di udara selama lebih dari 20 jam. Drone ini mendarat bukan dengan Skyhook. Tetapi via parasut atau menggunakan jaring balon inflatable yang muat dalam tas seorang prajurit. Drone ini dilengkapi pula kerapatan system cyber yg sulit dijebol.

3]. THOR


Kebutuhan pasar membutuhkan platform drone quadcopter handal yang memiliki jangkauan terbang jauh dan ketahanan lama.

Drone buatan Israel, Thor cocok digunakan untuk kalangan penghobi, komersial industri sipil entertainment dan aplikasi militer tingkat rendah seperti keamanan perkotaan.

Thor mampu terbang berkecepatan 100 km/jam dan lama terbang 1 jam 15 menit. Jarak terbang 10 km. 

4]. AIROBOTICS




Drone Airobotics asal Israel ini bukan digunakan untuk kalangan konsumen hobi mainan.

Melainkan untuk membantu pekerjaan kalangan bisnis perusahaan pabrik atau industri. Seperti pertambangan, pertanian, galangan kapal, perusahaan listrik, gas, minyak, perusahaan real estate, infrastruktur, perusahaan kimia, dll.

Airobotics dilengkapi dengan artificial intelligence sehingga serba otomatis berkerja untuk mendukung profitabilitas perusahaan & industri.

5]. ORBITER4



Orbiter memberikan kemampuan ISTAR sama seperti pesawat tempur, helikopter dan pesawat drone berbadan besar lainnya. Namun daya tahan ORBITER jauh lebih lama hingga 24 jam.

Perawatan servis lebih murah karena berbody kecil, operasi fleksibel dan lebih hemat biaya ketimbang penggunaan pesawat tempur dan helikopter boros BBM AVTUR dan berisik.  

GCS hanya menggunakan seorang tentara yg menggunakan tablet layar sentuh.

Arsitekstur orbiter4 dapat disesuaikan untuk memuat radar MPR (maritime patrol radar), Cellular interception sensor, satelit communication, synthetic aperture radar (SAR), automatic identification system (AIS) dan berbagai macam payload lainnya seperti kamera electro optic.

Orbiter4 diluncurkan menggunakan catapult pneumatic disematkan diatas mobil dan mendarat via parasut.

Durasi lama terbang 24 jam (1 hari penuh). Jarak jangkau terbang via datalink LOS sejauh 150 km namun apabila menggunakan via satelit meningkat hingga 3.000 km.

Orbiter4 berkeliaran memetakan, mendeteksi, mencari secara independen apa yang dijelajahinya dan apabila menemukan tanda mencurigakan sesuai data yg cocok didatabase. 

Orbiter memberikan informasi otomatis kepada kru pasukan yang ada di darat untuk ditindak lanjuti.

Orbiter4 mengarahkan penanda laser designator ke target musuh. Kemudian memanggil teman-temannya seperti pesawat tempur F-35 Lightining, F-15 Eagle, Super Heron, F-16 atau mengaktifkan artileri, roket dan rudal jarak jauh dipandu presisi untuk menghancurkan target.

Orbiter memadukan mesin pembakaran bahan bakar minyak Avtur dan listrik secara bersamaan (hibrida). Orbiter4 diciptakan oleh Aeronautics Sys. Anak perusahaan plat merah BUMN pemerintah Israel Rafael Advanced Defense System.

6]. STARLINER


Starliner terinstal program otomatis memungkinkan kru darat di GCS tak lagi perlu melakukan take off atau landing melalui layar monitor secara manual. Semua telah serba otomatis.

Bahkan apabila kru tentara manusia lengah di monitor ketika hampir bertabrakan dengan pesawat sipil, bukit, gedung atau gunung. Startliner secara otomatis mengetahuinya dan menghindar.

Sistem De-icing pada starliner memungkinkan drone ini kebal dari sambaran petir saat cuaca buruk. Kebal terhadap kabut, hujan deras dan embun.

Daya angkut payload sebesar 450 kilogram dan ketahanan terbang selama 36 jam.

7]. MICROB



MicroB adalah pesawat drone dengan panjang 102 cm, lebar 170 cm dan berat hanya 2,2 kg. Ukurannya begitu kecil namun mampu terbang hingga sejauh 10 km dan memiliki ketahanan waktu durasi 2 jam.

Mesin menggunakan ‘Electric Brushless’. Tampilan terbang begitu senyap tanpa polusi karena menggunakan bahan bakar 100% listrik dengan memiliki kecepatan laju hingga 75 km/jam.

Drone Micro-B telah dilengkapi dengan payload dual sensor (CCD/Uncooled IR) dan kamera canggih untuk pemantauan & pengintaian (ISTAR).

MicroB dapat terbang tanpa membutuhkan lapangan bandara udara. Terbang secara vertical dengan alat ketapel portable hand held pneumatic launcher.

Kecerdasan algoritma mandirinya menentukan diri sendiri dimana lokasi mendarat terdekat dari kru tentara. Micro-B mendarat secara vertical menggunakan parasut.

8]. PERCEPTO



Drone Percepto menggunakan teknologi AI untuk menindaklanjuti wawasan data industri yang membutuhkan penjelajahan luas seperti perusahaan listrik, tambang, minyak & gas.

Bagi anda kalangan entrepreneur seperti pengusaha batu bara, emas, nikel, granit, dll. Masa depan drone autonomous sudah ada sini. Miliki sekarang juga untuk meningkatkan hasil kinerja bisnis anda untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan mengurangi beban biaya.

Percepto telah dijual keberbagai negara untuk kalangan industri. Kantor pusat Percepto berada di Israel.

9]. SUPER HERON


Super Heron mampu terbang 2 hari 2 malam tanpa isi bahan bakar ulang. Berkecepatan 280 km/jam dan sanggup menjelajahi jarak sejauh 5.000 km dari Israel hingga ke India apabila menggunakan kontrol satelit.

10]. EITAN


eitan.jpg (705×420)

Mampu membawa senjata hingga 2.000 kg. Kecepatannya adalah 370 km/jam dengan kemampuan daya jelajah 7.500 km. dan mampu terbang melayang di udara selama 72 jam. Tanpa isi bahan bakar ulang.

Saat ini industri dan pemerintah Israel sedang mengembangkan varian terbaru dari SUPER EITAN dengan meningkatkan durasi hingga mencapai 90 jam dan kemampuan menyerang antarbenua.

Versi upgrate terbaru drone SUPER EITAN membawa kemampuan terbang di udara lebih tinggi, dimana batas pilot manusia terbatas di atmosfer udara tipis perbatasan langit luar angkasa dan dimana sebagian pesawat tempur berawak modern takkan mampu menjangkau ketinggian terbangnya.

Jika benar terlealisasikan. Maka SUPER EITAN menjadi drone raksasa yang dimiliki oleh Israel untuk pengumpulan intelijen, kontrol udara dan penargetan.

11]. ROTEM


Kita dapat menyebutkannya sebagai drone bom terbang bunuh diri. Drone ini ngga membutuhkan peluncur apapun. Rotem ringan. Dilepaskan dimana saja.

Ketika target telah dipilih. Rotem mampu bermanuver dengan algoritma tanpa dikendalikan lagi oleh tentara IDF Israel untuk mengenai target sasaran sendiri.

Berat hulu ledak Rotem sebesar 1 kg (setara 2x ledakan granat).

12]. UVISION HERO


Drone HERO asal Israel mampu berkeliaran menyusup ke pertahanan lawan dan melakukan penyerangan diam-diam tak terduga dari setiap sudut dengan cara kamikaze (bunuh diri).

HERO dapat ditembakkan oleh pasukan khusus, kapal perang, kendaraan lapis baja, helikopter hingga pesawat tempur.

Platform peluncuran menggunakan canister. Efek ledakan yang dihasilkan oleh Drone HERO umumnya tergantung kesesuaian jenis yang digunakan. Semakin besar body semakin besar ledakannya.

HERO sanggup diluncurkan dari darat, laut dan udara.

13]. AERODOME


Pertanian adalah industri yang paling menjanjikan di dunia dan mempengaruhi setiap orang dibumi. Namun belum berevolusi sejak abad pertengahan.

Drone adalah masa depan pertanian yang memungkinkan petani untuk memantau tanaman mereka dengan presisi tinggi, mengurangi tenaga kerja dan biaya yang relative murah.

Drone buatan Israel, Aerodome melakukan tugas pertanian secara otomatis. Seperti lalat yang pulang ke rumah semua benar otomatis. Petani hanyalah menentukan rute dan lokasi yang ingin dipindai untuk mendeteksi hama, intelijen wawasan data pertanian, sawah dan perkebunan anda.

Anda pemilik kebun kelapa sawit, sengon, karet, teh, dll. Miliki Aerodrome untuk mengendalikan dan menganalisis data dengan akuisisi kecerdasan buatan AI untuk meningkatkan hasil panen anda.

Petani tak perlu skill atau gelar sarjana pendidikan pertanian yang tinggi. Serahkan semua tugas tersebut kepada drone untuk menjawab tantangan rumit pertanian analisis presisi anda.  

14]. CAMIKAZE


Drone Camikaze menggunakan teknologi sistem pelacakan objek canggih, memiliki sensor mutakhir. Saat anda terjun payung dari atas gunung. Drome mampu mengetahui keberadaan anda dan turut serta terjun bersama anda dengan kecepatan gravitasi bahkan hingga dilevel G.

Camikaze diperuntukkan untuk kalangan sport professional untuk memfoto dan merekam video moment olahraga anda.

Drone kebal hujan dan angin kencang. Tahan sekali pukulan. Drone tahu apabila ada sebuah objek batu ingin mengenainya, Drone tahu bagian mana yang harus di foto karena dilengkapi dengan kecerdasan buatan AI.

15]. HAROP





Harop adalah drone bunuh diri kamikaze yang sanggup menjelajahi sejauh 250 km via LoS (Line of sight communication). Namun apabila menggunakan satelit meningkat mencapai 1.000 km. Hulu ledak Harop sebesar 23 kg. Dinilai sudah cukup. Masih terasa kurang. Lipatgandakan saja serangan Harop menjadi gerombolan swarm.

Daya tahan Harop mencapai 9 jam sekali isi bahan bakar. Kecepatan terbang 185 km/jam. Apabila tak ada target dihancurkan, Harop kembali secara mandiri.

16]. AGCORMORANT


AgCormorant adalah drone truck VTOL penyemprot sprayer peptisida udara untuk pertanian skala raksasa. Membawa 500 kg cairan bahan kimia. Mendarat dan terbang secara vertical. Mampu terbang ke lokasi di dekat pepohonan atau bukit bukit.

Kemampuan drone AGcormorant menyesuaikan ketinggian dan kecepatan penerbangan sesuai dengan misi yang dikombinasikan dengan sifat aerodinamis memungkinkan penetrasi penyiraman menjadi lebih baik, pengurangan drift dan tingkat suara bising kecil tanpa mengganggu penduduk desa.

Drone ini diciptakan oleh perusahaan Tactical Robotis yang berkantor pusat di Israel. Tujuan utamanya yaitu meningkatkan layanan produk pertanian dan perkebunan yang memungkinkan petani pengusaha mengoptimalkan hasil, meningkatkan perekonomian dan membantu petani ke tingkatan level modern selanjutnya sehingga menciptakan sebuah negara pengekspor produk pertanian yang berlimpah secara internasional.

17]. FLYTREX



Flytrex adalah drone layanan pengiriman barang yang dimana penduduk terhalang oleh sungai, danau, bukit, dan gunung.

Flytrex menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat untuk membeli barang secara online tanpa harus memutar jauh.

Flytrex berkantor pusat di Israel. Namun beroperasi di negara-negara dengan medan wilayah yang terhalang-halang oleh landskap alam. Seperti Selandia Baru, Panama, Iceland, Ukraina, dll.

18]. SKYSAPIENS



Skysapiens merancang, menciptakan dan memproduksi drone pengintai berkemampuan melayang di udara selama 168 jam nonstop tanpa henti sebagai penjaga keamanan perbatasan, pengawasan dan patroli udara.

19]. NANDO



Nando adalah satpam drone yang menawarkan solusi otonom tanpa campur tangan manusia. 

Nando mengubah paradigma model keamanan tradisional perkotaan menjadi lebih canggih. Nando melakukan tugasnya dengan berputar-putar, berpatroli mirip seperti pak satpam untuk mendeteksi orang-orang pelanggar keamanan, pencuri, perompak.

Daya tahan Nando selama 1 jam 10 menit pada suatu waktu kembali mengisi baterei secara otomatis dan berangkat berpatroli seperti biasa menjadi mata di langit.  

20]. HERMES 900



Hermes900 adalah drone ukuran sedang, multi payload, dirancang untuk misi taktis. Daya tahan lebih dari 30 jam. Pesawat tanpa awak buatan Elbit System Israel.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel