Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 manfaat kontribusi terbaik perusahaan BUMN (badan usaha milik negara) untuk negeri dan rakyat (2021)

 

1]. Untuk membayar gaji pegawai pemerintahan agar standar kehidupan mereka menjadi bermartabat.
 
2]. Untuk membayar gaji bantuan sosial kepada rakyat kurang beruntung (miskin dan miskin ekstrem) sesuai amanat keadilan UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang menegaskan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.

 
3]. Mempertahankan kedaulatan aset strategis milik bangsa bernilai tinggi. Seperti senjata, air, gas, tanah dan listrik.
 
4]. Memberikan bantuan subsidi pupuk untuk ketahanan pangan nasional.
 
5]. Mempercepat dan membantu akselerasi perusahaan swasta lokal dan bisnis UKM lokal untuk bersaing dalam perdagangan go internasional.

 
6]. Meningkatkan taraf hidup kemakmuran rakyat.
 
7]. Meningkatkan pemerataan keuangan bangsa melalui Universal Basic Income (UBI). Tanpa memandang status kaya atau miskin semua memiliki hak keadilan yang sama. 

 
8]. Mencegah monopoli perusahaan global asing menguasai negara.
 
9]. BUMN bertugas utama untuk mengumpulkan dan menghimpun uang demi mengisi pundi pundi kas penerimaan negara yang kemudian digunakan kembali dan disalurkan secara adil kepada rakyat. Dalam bentuk gaji dan bantuan sosial tunai (BST).
 
10]. BUMN tak memfokuskan diri untuk mencari untung di dalam negeri (nasional) melainkan giat mencari keuntungan sebesar besarnya di luar negeri melalui ekspor. (Internasional). (Baca : harap ngga terbalik. Membedakan antara kepentingan nasional dan internasional)
 
11]. Untuk membayar utang milik pemerintah negara.
 
12]. Memakmurkan ekonomi sebuah negara hanya mengandalkan pajak tentu sebuah pekerjaan mustahil. Oleh sebab itu. Peranan BUMN berfungsi sebagai cara bagi pemerintah berbisnis dan berinvestasi demi menambah pundi pundi pendapatan keuangan cadangan negara selain menggunakan pajak tersebut.
 
13]. Keuntungan uang dari BUMN untuk membayar, meringankan dan membantu beberapa persen biaya kesehatan masyarakat dan asuransi. 
 
14]. Untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, selokan irigasi, bendungan, pelabuhan, terminal, taman hijau, bangunan sekolah, bangunan rumah sakit, bangunan puskesmas, dll.
 
15]. Untuk membayar biaya kebersihan lingkungan di seluruh kawasan negara.
 
16]. Meningkatkan cadev (cadangan devisa atau foreign exchange reserves)
 
17]. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi ekspor.
 
18]. Membuka lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja muda.
 
19]. Untuk membayar gaji tentara dan polisi yang rela menjadi abdi negara dengan mengorbankan tubuh, darah, jiwa dan nyawa demi bangsa yang ia cintai. 

 
20]. Untuk membayar gaji dokter negeri dan petugas medis milik negara.
 
21]. Untuk membayar gaji guru dan dosen.
 
22]. Untuk membayar biaya operasional sekolah, biaya BOS (bantuan operasional sekolah nonpersonalia) dan pembayaran beasiswa kepada siswa siswi berprestasi demi mewujudkan pendidikan bermutu.

 
23]. Untuk mempertahankan status ekonomi dari praktek dumping dan perang dagang persaingan skala global internasional. Sebagai contoh perang dagang antara kekuatan adidaya Amerika Serikat VS China. 
 
24]. Untuk membayar gaji pensiun.

 
25]. Menjadi stabilitator perekonomian bangsa dengan mendirikan industri BUMN yang lebih besar lagi.
 
26]. Sebagai perintis kegiatan usaha bisnis di berbagai sektor. Baik berupa migas dan nomigas.

 
27]. Sebagai sumber pendapatan diversifikasi bisnis penerimaan negara dengan tujuan utama mensejahterakan semua warga negara.
 
29]. Turut aktif kontribusi pemerataan ekonomi dalam bentuk koperasi.
 
30]. Mencegah terjadinya praktek ketidaksetaraan ketimpangan sosial ekonomi akibat beberapa pelaku aktor usaha swasta memiliki modal terlalu kuat di dalam negara. BUMN berperan aktif menghadang, menggagalkan setiap rencana ambisi bisnis mereka dan mengikis laju perusahaan swasta tersebut yang berpikiran kapitalis agar tak terlalu kuat mendominasi negara yang diketahui dapat memicu kerusakan, monopoli dan ketidakadilan.
 
31]. BUMN sebagai alat pengumpul database dalam bentuk bigdata demi menerapkan kebijakan strategis baru untuk peningkatan ekonomi rakyat.

 
32]. BUMN berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara dengan menguasai antara 80% sampai 100% industri persenjataan militer strategis. Sebagai contoh ada industri senjata pembuatan alat pembunuh berbasis uranium nuklir dan perusahaan swasta militer apabila mengendalikan seluruh senjata hulu ledak bom atau sejenisnya menyebabkan terbentuknya permasalahan industrial military complex. Itu dipastikan begitu menimbulkan resiko dampak serius nan fatal bagi publik dan negara. Oleh sebab itu, BUMN harus menguasai industri senjata di dalam negeri. Jika memungkinkan tak boleh izinkan 1% perusahaan swasta militer beroperasi. Contoh di Indonesia adalah BUMN PT Dahana yang menguasai industri bom, PT. Dirgantara Indonesia, PT.Pindad, Dll. Salah satu negara unggul di bidang ini dapat dilihat di negara seperti China yang dimana BUMN melalui partai komunis menguasai hingga 100% industri persenjataan mereka. Lalu BUMN Rusia dan BUMN Israel menguasai 80% industri persenjataan mereka.  
 
33]. BUMN sebagai penyedia layanan bagi kesehatan masyarakat dengan harga yang lebih murah karena bukan fokus mencari untung secara nasional. (kecuali prioritas ekspor ke internasional. Seperti menjual obat obatan dan bahan kimia ke negara lain dengan tujuan mencari untung sebanyak banyaknya. Namun didalam negeri BUMN takkan berhasrat mencari keuntungan)
 
34]. Menyediakan barang dan jasa kepada rakyat dengan harga yang terjangkau.

 
35]. BUMN melindungi rakyat agar tak semena mena di eksploitasi oleh perusahaan swasta global milik asing atau perusahaan swasta dalam negeri yang punya modal terlalu kuat dan ingin memasuki sistem ranah politik negara. Peranan BUMN yang kuat dapat mencegah praktek liar tersebut yang dimana mereka ingin bertujuan untuk memperkaya sekelompok orang orang berkuasa saja dengan cara menguras aset keuangan dan SDA negara melalui perusahaan swasta yang mereka dirikan atau ciptakan. Disisi lain menyebabkan ketidakefesienan, pemerataan keuangan negara yang bermasalah, ketimpangan sosial dan menimbulkan kemiskinan  yang semakin marak secara nasional.  
 
36]. Membantu bagi presiden dan kalangan pemerintah untuk mengontrol ekonomi dan membuat keputusan.
 
37]. Membayar biaya dan operasional bagi ilmuwan, ahli insinyur teknologi, dan professor doktor terkait aktivitas penelitian R & D.

 
38]. Sebagai pembiayaan berbagai operasional dari segala sektor pemerintah.
 
39]. Sebagai pembiayaan misi, patroli dan operasional militer.

 
40]. Tujuan utama BUMN adalah mengekspor sebanyak mungkin produk nasional dan mencari keuntungan sebesar besarnya ke luar perdagangan internasional. [Baca : bukan kebalik].


Baca juga :

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU