Lompat ke konten Lompat ke footer

20 teknologi revolusioner canggih temuan Israel di bidang otomotif (2021)

Selamat tahun baru 2021.
 
Walaupun di tahun kemaren kita dipenuhi oleh berbagai tantangan perubahan iklim global warming dan musibah bencana penyakit virus Covid-19 yang tak kunjung usai hingga saat ini.
 
Dunia bisnis dan teknologi terus berjalan semana mestinya takkan menghentikan para innovator, ilmuwan dan entrepreneur melakukan pekerjaannya dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke tahap yang lebih canggih.  
 
Israel sebuah negara kecil dengan inovasi besar yang berada di tengah gurun pasir Timur Tengah. Dikenal memiliki banyak ilmuwan dan professor doktor lulusan Technion.
 
Di bidang sektor teknologi otomotif. Israel memang belum dapat menciptakan produk mobil lokal seperti merk ternama dari Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Jepang, Turki, dan Korea Selatan. Hal ini diakibatkan persaingan diranah otomotif begitu ketat. Disisi lain pangsa pasar di Israel kecil banget dibandingkan negara pesaing diatas.
 
Namun hal tersebut tak menyurutkan langkah ilmuwan asal negeri Zionis Israel untuk merevolusioner teknologi di bidang otomotif dengan tujuan menembus pasar global internasional.  
 
Ada banyak teknologi canggih hasil temuan dan ciptaan orang orang Israel di bidang otomotif.
 
Berikut 20 perusahaan teknologi Israel di bidang otomotif beberapa diantaranya :
 
Think Israel, Think Technology, Think Innovation.
 
1]. Vayyar
 
Vayyar adalah chip sensor untuk mendeteksi keberadaan seseorang yang belum menggunakan sabuk pengaman, mendeteksi kehadiran bayi jika tertinggal oleh orang tua saat berpergian, menghindari tabrakan saat membuka pintu dan meningkatkan keamanan mobil dengan pencitraan 4D radar dan mendukung 48 transceiver.

 
2]. Uveye
 
Uveye adalah teknologi AI artificial intelligence di dalam instalansi pabrik perusahaan otomotif atau bengkel dealer mobil untuk melakukan inspeksi perangkat lunak, komponen, mesin & perangkat keras hardware di kendaraan secara otomatis dalam memproduksi mobil revolution 0.4.

 
3].Saferide AI
 
Saferide adalah teknologi AI artificial intelligence sebagai solusi pencegahan intrusi jaringan secara real time dirancang untuk modul gateway dan menggabungkan firewall deterministic berbasis konfigurasi, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin machine learning dalam melawan serangan cyber zero day dari para pembobol hacker cracker.

 
4]. Cipia eyesight technologies
 
Cipia adalah teknologi visi komputer dalam memahami interaksi manusia dan memproses data visual untuk mencegah tabrakan di mobil demi memberdayakan keselamatan dan pengalaman transportasi yang lebih aman.

 
5]. Ree Auto
 
Reeauto adalah teknologi mobil listrik yang merevolusi cara dalam pemikiran otomotif dengan memungkinkan sasis lebih ringan dari sebelumnya dan menciutkan berbagai macam hal seperti mesin, kemudi, suspensi, sensor, rem, elektronik, dll berukuran lebih ramping. Desain body Ree Auto kemudian dapat dioptimalkan dengan kebebasan tanpa batas.

 
6]. Ception
 
Ception adalah teknologi pengganti peranan GPS pada mobil yang telah dianggap usang, tak akurat dan mahal karena membutuhkan satelit. Diciptakan pertama kali di Israel. Ception virtual global posision (VGS) mampu memetakan dan memberi tanda sebuah posisi titik koordinat lokasi baik dari dalam gedung maupun luar ruangan dengan kemampuan lebih akurat dibandingkan GPS.

 
7]. City transformer
 
City transformer adalah mobil listrik penerobos kemacetan di area perkotaan padat penduduk. Bisa masuk lift juga lho. Tersedia 2 tempat duduk. Mampu menempuh jarak maksimal 200 km sekali isi baterei listrik. Kecepatan maksimal mobil sebesar 90 km/jam dan harga 1 unit city transformer senilai $ 13.000 ribu dolar atau sekitar Rp 185 juta rupiah. Pemesanan mobil ini dilakukan secara online dan dikirim dari Israel via paket ke rumah anda.

 
8]. Energy storageicl
 
Energy storeicl adalah sebuah perusahaan kimia asal Israel dimana beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel. Bergerak di bidang zat kimia dengan campuran racikan elektrolit khusus untuk penyimpanan baterei listrik menggantikan lithium yang telah usang dan kuno.  

 
9]. Ottopia
 
Ottopia adalah perusahaan teknologi satu satunya di dunia yang menyediakan kehandalan cyber teleoperation pada setiap armada mobil dari jarak jauh dan menjamin keamanan dunia maya.

 
10]. Arbe
 
Arbe adalah perusahaan teknologi asal Israel yang bergerak di bidang ultra high resolution 4D imaging radar pada mobil.

 
11]. Otonomo
 
Otonomo adalah perusahaan teknologi manajemen traffic dan big data dari berbagai parameter lalu lintas kendaraan mobil.

 
12]. Unitronics
 
Unitronics adalah perusahaan teknologi pemprosesan parkir mobil otomatis via robotika ke bawah tanah atau gedung bertingkat. Pada tahun 2019. Sebanyak 1.800 tempat parkir berbasis utron telah didirikan dan sebanyak lebih dari 700.000 ribu mobil telah diparkir secara otomatis.

 
13]. Argus cyber security
 
Argus adalah perusahaan teknologi keamanan cyber asal Israel untuk melawan hacker cracker yang ingin mengambil alih, menyusup, menerobos dan mencoba merebut kendali mobil anda dari jarak jauh.

 
14]. Mobileye
 
Mobileye didirikan pada tahun 1999 di Israel dalam menciptakan teknologi sistem AI advanced driver assisten untuk merevolusi mobil autonom self driving car tanpa sopir manusia. Teknologi mobileye buatan Israel telah diinstal digunakan pada banyak kendaraan dari perusahaan seperti BMW, Nissan, Volkswagen dan Alphabet Google Waymo.

 
15]. Electreon
 
Electreon adalah perusahaan teknologi transportasi mobil elektronik wireless charging nirkabel untuk menghapus stasiun pom bensin, solar dan mengurangi penggunaan baterei listrik berlebihan.

 
Baca juga : 

16]. Aquarius engine
 
Aquarius engine adalah perusahaan teknologi mesin asal Israel untuk merombak ukuran mesin mobil yang berukuran besar, berpolusi dan berisik. Dari mesin seberat 120 kg menjadi mesin generator listrik hibrida dengan berat hanya 10 kg saja.  

 
17]. Blitz

Blitz adalah perusahaan teknologi didirikan pada tahun 2012 menciptakan motor listrik dengan energi bersih dan ramah lingkungan.


18]. Innoviz technologies

Innoviz technologies adalah perusahaan Israel dalam hal menciptakan sensor LiDar solid state dan visi kecerdasan kendaraan mobil otonom self driving untuk memahami, memetakan, mengklasifikasi, melacak, mendeteksi dan menavigasi keadaan disekitar lokasi secara presisi dan akurat dengan menggunakan resolusi tinggi pencitraan 3D point cloud. 


19]. Ezraider

Ezraider adalah perusahaan teknologi Israel yang menciptakan skuter listrik dengan kemampuan otomatis.


20]. Cityhawk
 
Cityhawk adalah mobil terbang berbasis drone. Diciptakan dan dikembangkan pertama kali di Israel. Produk telah tersedia saat ini. Siap di produksi massal dan dipasarkan pada tahun 2030 untuk publik internasional.

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU