Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Proof of stake (PoS), Proof of Work (PoW), Hybrid dan Lending Trader Bot (2018)

Dalam dunia Cryptocurrency. Kita sering menjumpai kalimat diatas. Bagi Pemula tentu agak bingung dengan kata-kata istilah tersebut ya.

Lalu apa sih arti penting dari Proof of Stake (PoS), Proof of Work (PoW), dan Lending Trader Bot. Tentu saja, kita berbicara tentang segala hal yg menyangkut dengan mencari uang di Internet melalui Altcoin/Digital Aset.

Dengan memahami ilmu ini. teman-teman bisa selangkah lebih maju untuk mendapatkan profit. Ketimbang bagi mereka yg belum memahami dan belum mempelajarinya.

Jadi, Langsung aja ya.

Proof of Work (PoW) :

Work apabila diterjemahkan dari Bahasa Inggris artinya ‘Kerja’. Jadi Komputer Seseorang diharuskan bekerja 24 Jam online memecahkan Teka-Teki Algoritma Matematika. Biasanya disebut MINING (Pertambangan).

Contoh Koin PoW adalah Bitcoin, Ethereum, Zcash, Monero, Bitcoin Gold, Litecoin, dll

Kelemahan PoW diketahui sangat menguras biaya Listrik yg sangat besar untuk menyalakan Komputer ASIC. Dapat menyebabkan Pemanasan Global Warming, Bisik Karena Bunyi Desis Hardware yg keras, dan Tagihan Listrik yg membengkak.

Keuntungan PoW adalah Kecepatan pengiriman Transfer uang sangat super cepat karena menggunakan Komputer ASIC.

[Tetapi tetap tergantung dari Faktor lain seberapa besar Mega Byte, Semakin kecil ukuran MB maka semakin lambat & mahal biaya Transfer. Semakin besar ukuran MB maka semakin cepat transfernya namun biaya transfer menjadi lebih murah]

Disisi lain, Investor umumnya menyukai system PoW karena ada nilai keuangan Investasi yg tinggi apabila membeli Hash Power yg Banyak. Dimana Investor mendapatkan Reward berupa koin baru dan sekaligus biaya transfer.

PoW biasanya menggunakan Komputer ASIC. Tapi ada juga yg menggunakan Laptop dengan GPU biasa yg umumnya digunakan Gamer. Ada pula yg menggunakan Smartphone.

Namun, Komputer Pertambangan PoW terbaik adalah ASIC. Karena memberikan Kinerja Super Cepat mengalahkan GPU dan Smartphone. Masalahnya, ASIC memiliki harga yg mahaaal banget.

Proof of Stake (PoS) :

PoS adalah Jenis Algoritma Komputer dimana sebuah Cryptocurrency Blockchain jaringan bertujuan untuk mencapai Konsensus didistribusikan.

Contoh Coin PoS adalah Stratis, Peercoin, NXT, Navcoin, Blackcoin, DASH, dll.

Info lebih lengkap dapat teman-teman kunjungi link website berikut ini di Masternodes.pro.

Gampangnya sih seperti pemilik SAHAM atau seperti Menabung Koin dengan Keajaiban yg disebut uang dapat berlipat ganda dengan sendirinya. Inilah Keunggulan utama PoS. Dibandingkan menabung di sistem keuangan konvensional mustahil bisa seajaib menabung secara PoS. 

Jadi misalnya kita pengen ikutan menghasilkan uang di Tabungan atau Saham berbasis Coin NXT. Apabila kita memiliki 1.000 Koin. Maka sudah dapat melakukan PoS.  

Nah, 1.000 Koin kita simpan di Dompet yg disebut ‘Staking Wallet’. Disimpan selama 24 Jam.

Laptop & Internet diharuskan Online Terus agar Validators PoS dapat berkerja berbasis Jumlah Koin + Waktu. Keunggulan PoS hemat listrik.

Jadi semakin besar koin kita dan semakin lama kita menyimpan koin tersebut. Nilainya nanti akan bertambah sendiri. Dari hasil pembagian Total Keseluruhan Transaksi Fee.

Kelemahan PoS adalah Investor kurang menyukainya karena Pendapatan hanya berasal dari biaya Fee saja.

Masalah utama PoS adalah untuk ikut dalam hal ini, memiliki seleksi ketat yg tinggi dengan persyaratan memiliki Koin yg banyak.

Hal baik dari PoS dari Sisi Jangka Panjang dimana Investor berlomba-lomba mengumpulkan koin dalam jumlah besar. Apabila Koin tersebut menguntungkan..., 

Hybrid :

Hybrid adalah Gabungan dimana dapat bertindak blok bisa berupa PoW dan disisi lain dapat pula melakukan Blok PoS.

Contoh Coin : DAVOR, DECRET, ZCOIN, dll

keuntungan dari Hybrid yaitu mustahil untuk melakukan serangan jaringan 51% Attack. Kasus serangan 51% Attack biasanya ditargetkan pada Sentralisasi Blockchain.

Dimana sekelompok orang kaya pemilik hashpower atau daya komputasi terbanyak mengendalikan atau menguasai jaringan hingga diatas 50%. Contoh serangan 51% pernah terjadi pada Koin Shift, Krypton, HTML5 dan WildBeastBlock.  


Artikel Lainnya :

Lending Trader Bot :
Bitconnect.png (709×354)

Semua Hal di Cryptocurrency tentu berisiko.

Salah satunya adalah ‘Lending Trader Bot’. dimana bisa melakukan SCAM atau Tutup secara Tiba-Tiba.

Contoh Koin Lending Trader Bot adalah Bitconnect, Davorcoin, Polynetwork, Homeblockcoin, Bit4g, Exacoin, Lendconnect, Hextracoin, dll.

Lending Trader Bot adalah Sejenis Robot Bot atau Software yang dapat membantu investor melakukan Trader harian Jangka Pendek dengan cara meminjamkan sejumlah uang sebesar $ 100 - $ 100.000 untuk mendapatkan imbal hasil keuntungan sebesar 0.01% - 2% Perhari.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU