Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Mendengarkan Musik yang Belum Anda Sadari (2020)


Beragam manfaat mendengarkan musik ternyata bisa Anda peroleh dengan melakukannya secara rutin. Aktivitas mendengarkan musik memang telah menjadi kebiasaan banyak orang. Baik itu untuk menemani saat belajar, bekerja, ataupun bersantai di sore hari. Mendengarkan musik juga menjadi hobi bagi sebagian besar orang.
Ada beragam genre musik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dengan tempo lambat hingga cepat. Tentunya irama yang berbeda memberikan efek yang tidak sama bagi manusia. Di pagi hari, musik dengan irama up beat adalah pilihan tepat untuk membangun semangat dalam menjalankan aktivitas rutin.
Sementara di malam hari, manfaat mendengarkan musik yang lebih slow bisa membuat tubuh rileks untuk beristirahat. Dengan mendengarkan musik setiap hari, Anda bisa merasakan berbagai efekpositif untuk tubuh baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah sederet manfaat yang bisa diperoleh dengan mendengarkan alunan musik.
Membuat Tidur Anda Lebih Berkualitas
Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Bagi Anda yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia maupun tidur tidak nyenyak, musik bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Anda bisa memilih jenis musik klasik yang menenangkan sehingga tubuh lebih rileks.
Alunan musik yang lembut dapat merangsang indra pendengaran dan mengirim sinyal baik ke otak. Musik instrumental dengan irama pelan juga kerap menjadi media terapi bagi seseorang yang memiliki gangguan tidur. Instrumen menenangkan yang berpadu dengan suara alam seperti aliran air dan hujan bisa membuat tidur lebih nyenyak.
Tidak perlu mengonsumsi obat khusus yang dapat menimbulkan permasalahan kesehatan baru. Kini Anda dapat beraktivitas di pagi hari dengan lebih semangat dan bertenaga karena telah beristirahat dengan ideal. Lebih jauh lagi, musik dapat memperbaiki pola tidur Anda untuk jangka waktu lebih lama.
Mendengarkan Musik Bisa Memperbaiki Mood
Manfaat mendengarkan musik juga dapat memperbaiki suasana hati yang berantakan. Suatu peristiwa sering kali membuat mood Anda naik atau turun tak beraturan. Tentunya hal ini dapat mengganggu aktivitas kerja sehingga menurunkan produktivitas. Namun tidak perlu khawatir, dengan mendengarkan musik Anda bisa mengatasi hal ini.
Pilih jenis musik yang sesuai dengan yang Anda sukai untuk mengatur kembali suasana hati. Mendengarkan musik favorit bisa merangsang produksi hormone dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan senyawa kimia yang bisa menciptakan perasaan bahagia. Dengan lagu-lagu kesukaan, Anda bisa mengubah mood buruk menjadi lebih baik.
Dengan suasana hati yang lebih baik, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas secara maksimal. Tak hanya soal aktivitas pekerjaan, suasana hati yang baik juga bisa memicu rasa bahagia dan menghindarkan diri dari stres. Dengan demikian, musik kesukaan bisa menjaga mood Anda tetap stabil.
Membantu Mengatasi Stres yang Sedang Dialami
Padatnya rutinitas ditambah tekanan pekerjaan sangat berpotensi menimbulkan stres. Tak hanya bagi pekerja, bahkan siapapun bisa mengalami stres. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah mendengarkan musik. Inilah manfaat mendengarkan musik yang belum banyak disadari masyarakat. Saat stres Anda mungkin akan memutar lagu favorit.
Kemudian berangsur-angsur Anda merasa lebih baik setelah ikut mendendangkan beberapa lagu. Hal ini rupanya bukan sugesti belaka. Musik memiliki pengaruh terhadap menurunnya produksi hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon penyebab stres yang dapat meningkat jika Anda berada di bawah tekanan.
Selain menekan produksi kortisol, musik juga bisa berefek pada kondisi fisik manusia seperti suhu tubuh, tekanan darah, hingga detak jantung. Musik dengan irama cepat dan menghentak bisa meningkatkan detak jantung, intensitas pernapasan, serta tekanan darah. Sedangkan alunan yang lebih lembut dan pelan menghasilkan efek yang berlawanan.
Membantu Meringankan Gangguan Kecemasan
Manfaat mendengarkan musik berikutnya yaitu dapat meringankan gangguan kecemasan. Orang yang memiliki gangguan kecemasan bisa mengalami serangan cemas tak terduga kapan saja. Hal ini dapat disiasati dengan mendengarkan musik yang membuat badan serta pikiran lebih rileks dibanding sebelumnya.
Selain itu, musik juga bisa dijadikan media terapi bagi penderita kanker. Saat menjalani perawatan, terkadang penderita kanker sulit berkomunikasi dan tingkat ketenangannya berkurang. Musik yang tepat memungkinkan penderita kanker lebih tenang selama proses perawatan. Dengan begitu, komunikasi antara pasien dengan therapist akan lebih lancar.
Musik dapat menciptakan rasa nyaman tersendiri bagi pendengarnya. Sehingga tak jarang musik dijadikan andalan bagi para terapis dalam menangani pasien yang sedang menjalani penanganan khusus. Manfaat mendengarkan musik yang satu ini terbukti memberikan efek positif untuk memperbaiki kondisi mental.
Bisa Menurunkan Risiko Depresi

Ternyata manfaat musik untuk kesehatan mental tak bisa dipandang sebelah mata. Depresi merupakan gangguan suasana hati yang dipenuhi rasa sedih mendalam, perasaan bersalah, dan tak berguna. Gejala depresi bisa dialami siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Secara fisik, gejala depresi mungkin memang tak tampak.
Namun, depresi memiliki risiko akibat yang berbahaya bahkan dapat menimbulkan keinginan bunuh diri. Jika Anda mulai merasakan gejala depresi meskipun dengan indikasi kecil, tak ada salahnya menikmati musik klasik yang bertempo lambat. Manfaat mendengarkan musik jenis ini memiliki efek menenangkan sehingga berefek baik untuk suasana hati.
Sedangkan musik berirama keras seperti heavy rock, metal, atau hardcore dinilai kurang efektif sebagai terapi untuk meredakan depresi. Oleh sebab itu, jenis musik yang disarankan adalah musik bertempo lambat. Mendengarkan musik relaksasi secara rutin dapat menurunkan risiko depresi atau bahkan meredakan gejalanya.
Tidak hanya sekadar untuk hobi, rupanya mendengarkan musik memberikan pengaruh positif pada kesehatan fisik dan mental. Dengan musik Anda bisa menjadi individu yang lebih bahagia dan terhindar dari stres. Manfaat mendengarkan musik sudah terbukti adanya dan sangat nyata.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU