Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa Desain Grafis (2020)


Penting bagi mahasiswa desain grafis untuk mengetahui tips memilih laptop yang tepat dan sesuai. Aktivitas desain grafis menggunakan komputer memerlukan spesifikasi tinggi. Oleh sebab itu, mahasiswa jurusan ini tidak boleh sembarangan dalam menentukan pilihan laptop. Alih-alih memudahkan tugas, pemilihan laptop yang salah justru akan merepotkan Anda.
Namun memilih laptop untuk aktivitas desain grafis ternyata bukan suatu hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop untuk desain grafis. Mulai dari spesifikasi layarnya, dukungan prosesor, kapasitas RAM, serta komponen lain yang menunjang aktivitas desain grafis.
Selain untuk membantu tugas kuliah, laptop desain grafis yang tepat juga bisa digunakan saat sudah bekerja. Bahkan, laptop jenis ini juga sangat memadai untuk berbagai jenis aktivitas entertainment. Agar tak salah sebelum membeli laptop baru, ada baiknya Anda mempertimbangkan tips memilih laptop berikut dengan cermat.
Perhatikan Ukuran Layar Laptop yang Akan Dipilih
Desain grafis pastinya berhubungan erat dengan visual, baik itu berupa rancangan arsitektur, desain web, dan sejenisnya. Berbicara soal visual pada komputer, tentunya tak bisa lepas dari komponen layar. Jenis laptop yang ideal untuk mahasiswa desain grafis adalah laptop dengan ukuran layar besar.
Anda pastinya tak mau melewatkan detail sekecil apapun dari desain yang telah dibuat. Oleh karena itu, layar berukuran cukup lebar memiliki peran penting dalam kenyamanan dan efektivitas kerja. Pilihlah laptop yang memiliki layar berukuran minimal 14 inch. Ukuran ini dirasa cukup nyaman dan memadai untuk desain grafis.
Selain ukuran fisik layar, yang tak kalah penting adalah resolusinya. Untuk menghasilkan desain yang keren dan berkualitas, Anda perlu menggunakan laptop yang resolusi layarnya besar. Resolusi yang disarankan untuk mahasiswa desain grafis adalah 1600 x 900. Tips memilih laptop ini wajib diperhatikan dan diterapkan.
Komponen Graphic Card Jadi Hal Penting
Graphic card juga disebut dengan VGA (Video Graphic Adapter) card. Komponen yang satu ini memiliki peran dalam menerjemahkan sinyal digital yang berasal dari komputer atau laptop dan diubah menjadi tampilan grafis. Tampilan grafis ini kemudian muncul di layar monitor laptop Anda sehingga dapat dilihat.
Dalam pekerjaan desain grafis, tentunya graphic card memiliki fungsi amat penting. Misalnya dalam pembuatan desain 3 dimensi, editing foto dan video, dan sebagainya. Tips memilih laptop secara tepat untuk desain grafis adalah memilih graphic card yang terpisah. Hindari memilih laptop dengan spesifikasi VGA on board.
Graphic card yang tertanam langsung dapat menghambat kinerja laptop karena harus berbagi ruang dengan memori RAM. Dengan sistem kerja seperti ini, dikhawatirkan performa laptop tidak bisa maksimal sehingga berakibat pada terganggunya pekerjaan atau tugas desain grafis Anda. Hal ini mengingat pekerjaan grafis merupakan aktivitas cukup berat bagi laptop.
Jika memilih VGA on board, risiko yang berpotensi terjadi adalah kinerja laptop menjadi lambat. Alhasil, tugas kuliah tak bisa selesai dengan maksimal. Agar tidak memberatkan laptop dan performanya optimal, gunakan laptop dengan VGA terpisah misalnya ATI Radeon atau Nvidia GeForce yang memorinya 1 atau 2GB.
Kapasitas Memori RAM yang Memadahi
Tips memilih laptop selanjutnya adalah memperhatikan kapasitas RAM. Komponen lain yang tak kalah penting dalam perangkat laptop adalah RAM. RAM berfungsi menentukan seberapa cepat kinerja komputer saat Anda melakukan pekerjaan desain grafis. Sebaiknya Anda memilih laptop yang dibekali RAM besar.
Seperti yang kita semua ketahui, desain grafis adalah pekerjaan cukup berat. Sehingga besarnya RAM turut menentukan kenyamanan Anda saat menghandle berbagai tugas. Semakin besar RAM, maka kinerja laptop pun semakin lancar dan cepat. Sebaliknya, RAM kecil dapat menghambat kinerja laptop atau bahkan mengakibatkan hang.
Agar terhindar dari gangguan penurunan performa laptop, pilihlah laptop dengan RAM minimal 2 GB. Ukuran ini memungkinkan Anda untuk bekerja secara nyaman dan cepat. Di samping itu, dengan menerapkan tips memilih laptop ini, Anda juga bisa menjalankan beberapa program sekaligus jika laptop dilengkapi RAM besar.
Selain itu kini banyak laptop yang menyediakan slot khusus untuk mengupgrade RAM. Teknologi ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun pekerja dengan aktivitas grafis yang intens. Dengan begitu, segala tugas dan pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik dan maksimal.
Memperhatikan Kualitas dari Prosesor
Pemilihan prosesor menjadi tips memilih laptop yang tak bisa diabaikan. Kualitas prosesor yang baik akan membuat laptop bekerja lebih cepat dan maksimal. Apalagi untuk aktivitas desain grafis, prosesor yang Anda butuhkan harus memiliki dapur pacu cepat. Untuk saat ini, mayoritas pengguna laptop grafis memilih prosesor dari Intel Core.
Tak main-main, Intel Core yang dipilih pun dari series dengan kualitas GHz tinggi, misalnya 2,4 GHz, 2,6 GHz, dan lain sebagainya. Dengan tips memilih laptop dari prosesor yang cepat, maka Anda tak perlu khawatir dengan performa laptop. Anda dapat menjalankan program grafis dengan lancar tanpa mengalami hambatan berarti.
Namun Anda perlu memperhatikan spesifikasi pada komponen lain. Karena tak semua laptop dengan tingkat GHz tinggi memiliki performa yang sama-sama memuaskan. Selain cepat, prosesor yang baik juga tidak menyebabkan laptop cepat panas. Peningkatan suhu pada laptop justru dapat mengganggu dan bahkan bisa berakibat kerusakan.
Tugas mahasiswa desain grafis yang tak disupport dengan laptop memadai tidak akan memberi hasil maksimal. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan spesifikasi taip-tiap komponen pada laptop sebelum membelinya. Anda tak akan mengalami gangguan berarti saat menyelesaikan tugas desain grafis dengan menerapkan tips memilih laptop secara tepat.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU