Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelebihan Spotify, Aplikasi Streaming Musik Favorit Sejuta Umat (2020)

Jutaan pecinta musik menilai bahwa kelebihan Spotify sangat memanjakan selera musik mereka. Aplikasi buatan Swedia ini memberikan keleluasaan kepada para pengguna dalam mengakses berbagai jenis musik. Jutaan lagu dari bermacam-macam aliran bisa Anda temukan disini dengan mudah.
Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang mulai diperkenalkan sejak 2008. Dari tahun ke tahun, pengguna aplikasi ini semakin meningkat jumlahnya. Berbagai fitur yang tersedia serta kualitas suara yang ditawarkan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggila musik dari berbagai belahan dunia.
Fitur semacam radio, release radar, hingga daily personal playlist tentunya memberikan kepuasan tersendiri bagi penggemar musik sejati. Tak hanya untuk pendengarnya, kelebihan Spotify juga memungkinkan para creator untuk membuat konten menarik melalui podcast. Bagi Anda yang belum menggunakannya, berikut informasi tentang keunggulan Spotify yang perlu diketahui.

Kelebihan yang Akan Didapat Jika Menggunakan Aplikasi Ini
Bersantai sambil menikmati alunan music tentu menyenangkan, apalagi jika menggunakan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan hal ini. Jika Anda menggunakan Spotify, akan banyak fitur menarik yang bisa dinikmati seperti berikut ini.
1]. Music Library yang Sangat Beragam
Salah satu kelebihan Spotify adalah variasi music library yang mencapai lebih dari 30 juta lagu. Lagu dengan aliran metal, hard rock, Korean-pop hingga musik etnik tradisional dari berbagai negara bisa Anda temukan melalui kolom pencarian. Menariknya, Spotify tak hanya menawarkan musik-musik mainstream tetapi juga independen.
Anda bisa dengan bebas apakah hendak memutar lagu berdasarkan penyanyi maupun genre yang dibawakan. Jutaan album tersedia khusus bagi penggila musik yang ingin mendengarkan artis favoritnya berdasarkan full album. Dengan kekayaan library yang dimilikinya, tak heran jika Spotify hingga kini telah diunduh lebih dari 500 juta kali.
Kelebihan Spotify juga memberikan rekomendasi nama-nama artis sesuai dengan jenis musik yang sedang Anda dengarkan. Tak jarang Spotify memunculkan nama-nama yang kemungkinan sangat asing di telinga Anda. Baik penyanyi dari era musik terkini maupun jauh di masa lalu dapat Anda akses hanya lewat genggaman tangan.
Tentunya, Anda bisa memiliki akses tak terbatas dengan menggunakan layanan Spotify premium. Meskipun bisa digunakan tanpa biaya alias gratis, namun ada batasan-batasan seperti iklan maupun fitur lewati lagu. Meski begitu, Spotify masih menjadi salah satu aplikasi musik terbaik yang paling difavoritkan.

2]. Fitur Berbagi Playlist
Kelebihan Spotify lainnya yaitu adanya fitur berbagi playlist. Pecinta musik tak jarang membuat daftar putar alias playlist lagu-lagu pilihan sesuai genre, tema, artis, maupun periode rilisnya. Tak hanya membuat playlist sendiri, tetapi Anda juga dapat membagikannya ke para follower di akun Anda.
Selain berbagi dengan follower, Anda juga bisa membagikannya melalui media sosial seperti Facebook yang terkoneksi dengan akun Spotify pribadi. Dengan demikian, Anda dapat menunjukkan ekspresi serta referensi musik yang dimiliki kepada banyak orang. Kelebihan Spotify memberikan ruang seluas-luasnya untuk membuat aneka playlist pilihan.
Sedangkan bagi Anda yang tidak terlalu berminat membuat playlist sendiri, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan musik dengan melihat daftar putar milik akun lain. Anda dapat melihat aktivitas teman dan ikut mencoba mendengarkan lagu-lagu baru yang sebelumnya belum pernah diketahui.

3]. Fitur Radio Streaming
Terkadang ada rasa bosan yang timbul saat mendengarkan playlist buatan sendiri. Tak perlu putus asa, aplikasi yang didirikan Daniel Ek dan Martin Lorentzon ini menawarkan fitur radio streaming yang tak kalah menarik. Kelebihan Spotify ini memberikan daftar lagu berdasarkan aliran atau dekade musik tertentu.
Melalui fitur ini, Anda akan disuguhkan lagu-lagu dari beragam artis yang sebelumnya mungkin belum Anda kenal. Meski begitu, lagu yang diperdengarkan tak akan melenceng jauh dari selera Anda karena telah disesuaikan dengan jejak pencarian. Kerennya lagi, fitur ini dapat Anda nikmati secara gratis tanpa iklan.
Jadi, bisa dibilang fitur ini menyerupai radio tanpa penyiar yang benar-benar memanjakan telinga Anda. Selain mendengarkan lagu-lagu enak, tentunya pengetahuan musik Anda juga bertambah luas. Ini merupakan salah satu fitur andalan Spotify yang disukai penggunanya karena dapat mengatasi kebosanan mendengarkan artis itu-itu saja.

4]. Playlists Made for You
Kurang puas dengan playlist buatan sendiri? Tak perlu gelisah karena kelebihan Spotify lainnya yaitu memberikan daftar putar yang dibuat secara khusus untuk Anda. Melalui fitur-fitur seperti release radar, daily mix, hingga uniquely yours, Spotify menyediakan lagu-lagu yang disusun khusus berdasarkan pencarian atau song history Anda.
Jika Anda sering mendengarkan lagu dengan genre yang berbeda-beda, biasanya Spotify menyiapkan fitur daily mix dalam beberapa pilihan yang bisa dipilih sesuka hati. Selain itu, juga terdapat daftar putar dari song history yang sering Anda mainkan dalam periode tertentu.
Jadi, jika ingin bernostalgia dengan lagu lama, pilihan fitur ini sangat sesuai untuk memenuhi hasrat mendengarkan lagu. Sementara fitur release radar memberikan rekomendasi lagu yang diperbarui setiap minggunya. Jadi, Anda tak akan bosan dengan jenis music yang itu-itu saja.

5]. Fitur Podcast
Inilah kelebihan Spotify yang memberikan pengalaman berbeda bagi pecinta radio. Podcast berisi bermacam-macam konten seputar pembicaraan menarik yang menyuguhkan beraneka topik. Mulai dari bahasan percintaan, cerita horror, hingga konten religius bisa Anda akses dengan mudah.
Jika fitur radio streaming menyediakan lagu secara full, maka Anda dapat memilih fitur Podcast sebagai pengganti penyiar. Ada banyak kreator podcast Spotify yang menawarkan konten seru menyesuaikan ‘pangsa pasar’ mereka. Anda pun dapat memulai channel podcast sendiri dan mewujudkan cita-cita sebagai penyiar radio.
Spotify memang dikenal sebagai aplikasi streaming musik online terkemuka. Banyaknya referensi musik yang tersedia menjadi keunggulan tersendiri sehingga mampu menggaet penggemar hingga ratusan juta orang. Berbagai kelebihan Spotify menjadikan aplikasi ini sebagai platform musik favorit sejuta umat.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU