Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 kapal induk canggih milik partai komunis China (2021)

Kapal induk merupakan salah satu alustista terkuat di dunia setelah senjata bom nuklir.
 
Ini adalah senjata idaman bagi banyak negara. Tapi hanya ada sedikit negara saja yang sanggup memiliki kapal induk. 

Untuk membangun senjata kelas wahid ini membutuhkan ilmu pengetahuan tinggi dan modal biaya yang besar hingga miliaran dolar.
 
Pada tahun 2021. 

Pemerintah China melalui partai komunis dilansir dari situs berita resmi PKT Xinhuan. China memiliki 2 jenis kapal induk. Yaitu Liaoning dan Shandong.
 
Liaoning berdinas pada tahun 2012.
 
Sedangkan Shandong berdinas pada tahun 2017.
 
Kapal induk Liaoning dan Shandong diproyeksikan sebagai alat kekuatan deterrence untuk membuat merinding bulu hidung, bulu ketiak dan bulu kaki para musuhnya yang kadang kadang mirip hewan bulu babi itu. He he…,
 
2 kapal induk canggih milik China (2021)

 
China belum berpengalaman penuh dalam hal ilmu pengetahuan tentang kapal induk.
 
Tetapi pemerintah partai komunis masih belajar tentang hal ini.  
 
Kapal induk China. Pertama kali beroperasi pada tahun 2012. Dengan cara menyontek, meniru dan mencopypaste kapal induk Varyaq buatan Uni Soviet.
 
Kemudian naik ke tingkatan level yang lebih tinggi dengan teknik ATM (amati tiru modifikasi).
 
Perusahaan senjata BUMN CSIC (China shipbuilding industry corporation) milik partai komunis ditugaskan untuk proses pembuatan kapal induk tersebut.
 
Mula mula, China membangun kapal induk Liaoning untuk mengakomodir 20 pesawat tempur.
 
Lalu naik ke tahapan kapal induk Shandong yang mampu mengakomodir 40 pesawat tempur.
 
Jika dibandingkan dengan sang koboi Amerika Serikat.
 
Teknologi kapal induk China hingga artikel ini saya tulis bagi anda. China memang masih tertinggal jauh melawan AS di bidang ilmu kapal induk.
 
Militer Amerika Serikat telah berpengalaman sejak 1911 atau sekitar 110 tahun yang lalu.
 
Sedangkan China masih newbie sekitar 9 tahun.
 
Kedua kapal induk China masih menggunakan ski jump, masih menggunakan mesin propulsion konvensional berbahan bakar diesel, daya jelajah terbatas dan ukuran berat masih diantara 55.000 ton saja.    
 
Mari bandingkan dengan Amerika Serikat.
 
Kapal Induk AS menggunakan mesin reactor nuklir yang mampu menjelajahi tanpa jarak batas hingga 3 tahun berlayar di lautan biru tanpa henti, kapal induk milik Amerika Serikat berukuran begitu besar hingga mencapai 100.000 ton dan mampu menampung 90 pesawat tempur.
 
Jenis kapal induk milik Amerika Serikat dikenal tetap stabil menahan daya goncangan ombak di lautan tanpa goyangan yang berarti dan sistem peluncur menggunakan teknologi catapult elektromagnetik EMALS yang menerapkan hukum ilmu fisika berdasarkan prinsip temuan Albert Einstein.  
 
Kapal induk Liaoning dan Shandong

 
Kapal induk Liaoning dan Shandong memberikan perlindungan mobile bergerak bagi partai komunis China dalam pertahanan rute jalur perdagangan konektivitas belt and road initiative, eksplorasi minyak gas, penguasaan territorial wilayah, penguasaan LCS dan pencegahan terhadap aktivitas musuh penganggu yang dianggap melawan atau menentang PKT.
 
Persenjataan kapal induk China dilengkapi dengan senapan mesin gatling gun yang sanggup memuntahkan 4.200 peluru permenit dan rudal pertahanan udara HQ-10 yang mampu menembak pesawat musuh dari jarak 10 km.
 
Senjata ini hanya digunakan jika apabila dalam keadaan terdesak saja. Ketika sistem pertahanan di garda terdepan yang dikawal oleh pesawat tempur dan kapal destroyer terbobol oleh persenjataan musuh.
 
Pesawat tempur yang diangkut terdiri dari J-15 dan helikopter serang Harbin Z9.  
 
Kapal induk milik China mampu berlayar hingga jarak 6.500 km dari garis pantai daratan.
 
Sebelum ia harus kembali untuk mengisi ulang atau menggunakan kapal tanker bahan bakar.
 
Mesin berkecepatan 57 km/jam
 
Mampu membawa 2.000 kru tentara PLA.
 
Sistem radar mendeteksi hingga jarak 400 km. Namun jarak cakupan deteksi dapat diperpanjang, karena kapal induk Liaoning dan Shandong tak berlayar seorang diri. Melainkan bersama gugus kelompok tempur yang terdiri dari kapal selam dan kapal destroyer type 052D lainnya yang mampu saling berbagi manajemen informasi.

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU