Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel upgrate rudal Arrow generasi ke 4 untuk melawan trend teknologi hipersonik seperti Kinzhal, Dongfeng, Zirkon dan Avangard ( 2022 )

Ada 3 negara yang terus menerus menciptakan senjata hipersonik. 

Amerika Serikat melalui perusahaan teknologi militer Lockheed Martin menciptakan inovasi AGM 183A. Namun uji tes hingga 8x dilapangan. Dinyatakan masih gagal. 

Berbagai macam rentetan kesalahan mulai dari data komunikasi telemetri tak dapat merespon akibat terputus ke koneksi pusat control, bahan material meleleh akibat mengalami gesekan panas dengan udara, hingga permasalahan mesin rocket yang sering rusak berat ketika dinyalakan.

Walaupun terus menerus mengalami kegagalan. 

Itu takkan membuat perusahaan Lockheed Martin menyerah.

Michael D Griffin, pejabat AS yang terlibat dalam pendanaan senjata AGM183A menyatakan bahwa Amerika Serikat sudah dekat untuk memiliki senjata hipersonik.  

Menurut informasi dari intelijen CIA. 

Negara China telah lebih dulu mengoperasikan rudal hipersonik Dongfeng ZF 17 sejak tahun 2019 untuk angkatan bersenjata tentara pembebasan rakyat China. 

Sedangkan Rusia telah memiliki 3 rudal hipersonik yaitu Kinzhal, Zirkon dan Avangard

Kinzhal ditembakkan menggunakan pesawat tempur atau pesawat bomber, Zirkon ditembakkan menggunakan peluncuran VLS kapal perang dan Avangard ditembakkan menggunakan truck peluncur. 

Perbandingan senjata rudal antara Rusia dan China memiliki perbedaan yang terlampau jauh.

Dongfeng ZF17 milik China memiliki kecepatan mach 5  ( setara 6.000 km/ jam). 

Tetapi rudal hipersonik Avangard milik Rusia melesat hingga kecepatan 20 mach ( setara 23.000 km/jam ). Jika ditembakkan mirip seperti meteor jatuh.   

Rusia juga memiliki varian rudal Kinzhal dan Zirkon berkecepatan mach 10. ( setara 12.000 km/jam). 

Jika diinginkan. Hulu ledak Avangard, Kinzhal dan Zirkon dapat diganti dari bom konvensional ke bom nuklir yang mampu menghancurkan 1 kota dengan luas total penghancuran lingkaran keliling sepanjang 14 km yang kemudian menghasilkan racun radiasi kanker aktif sehingga lokasi tak dapat ditempati oleh manusia hingga 40 tahun lamanya. 

Israel upgrate rudal Arrow generasi ke 4 ( 2022 ).

Israel memiliki hubungan baik dan netral terhadap ke 3 negara tersebut seperti Amerika Serikat, Rusia dan China. 

Kadang kadang sikap paranoid Israel memang dibutuhkan. Siapa tahu salah satu senjata mereka digunakan oleh musuh Israel. (Seperti syiah Suriah dan syiah Iran berserta proksi Houthi dan Hizzbullah). 

Itu cukup menantang mengingat sejauh ini alustista sistem pertahanan udara milik Israel belum ada yang mampu menandingi rudal hipersonik. 

Hipersonik adalah sebutan untuk senjata rudal penghancur yang berkecepatan tinggi melebihi kecepatan suara. 

Syarat rudal hipersonik adalah berkecepatan diatas 5 mach. 

Senjata hipersonik milik Rusia rata rata minimal berkecepatan 10 mach. Jadi, dengan terbang secepat ini secara praktis dipastikan sulit untuk menembak jatuh karena kemampuannya cepat banget. 

Dalam konflik perang Rusia VS Ukraina di tahun 2022. 

Militer Rusia terbukti menggunakan rudal Kinzhal untuk menghancurkan target sasaran Ukraina secara presisi.

Rekaman video dari warga sipil Ukraina memperlihatkan bahwa rudal Kinzhal terbang bak meteor.  

Youtube : Rudal hipersonik Kinzhal milik Rusia di medan perang Ukraina

Berkembangnya trend ancaman rudal hipersonik. Telah menjadi perhatian bagi pemerintah Israel. 

Pada tahun 2021. Pemerintah Israel telah memulai penelitian & riset sistem pertahanan udara Arrow generasi ke 4. Senjata perisai ini memang ditujukan untuk menargetkan atau mengalahkan intersepsi rudal hipersonik. 

Perusahaan Israel Aerospace Industries menjadi kontraktor utama dalam penciptaan Arrow ke 4. Lalu dibantu oleh Elbit System dan Tomer-rs yang menyediakan perangkat elektronik dan mesin propulsi rocket. 

Perusahaan swasta asing Boeing asal Amerika Serikat. Turut ikut serta berkerjasama. Namun Boeing hanya menjadi bagian pemasok komponen saja. Inti teknologi, blueprint dan source code tetap dipegang penuh 100% oleh IAI (Israel Aerospace Industries).   

Arrow 4 ditujukan untuk menggantikan Arrow 3 sepenuhnya jika gen 4 telah beroperasi ke dinas IDF.

Foto : Penampakan rudal Arrow 2 yang telah dipensiun diganti oleh Arrow 3

Arrow 4 bersifat defensif sebagai pencegah serangan dari rudal berkecepatan hipersonik. 

Termasuk melibatkan perang rudal di luar angkasa. 

Jacob galifat dari Israel mengatakan : 

Senjata Arrow merupakan salah satu yang pertama di dunia untuk mencegat rudal berkecepatan tinggi secara signifikan. Diproduksi oleh IAI dalam bentuk Arrow 4. Rudal menjadi yang paling canggih dari jenisnya di dunia untuk memberikan lapisan pertahanan baru kepada negara Israel dan rakyatnya. Sahutnya. 

Tentang rudal Arrow : 

Rudal Arrow pertama kali digagas pada tahun 1991 dan mulai tes perdana ujicoba dari tahun 1994 hingga pengembangan sekitar 30 tahun berlalu atau 3 dekade telah melalui jalan panjang dalam berbagai macam proyek penelitian dan riset.

Arrow merupakan salah satu bagian dari rudal pertahanan multi berlapis lapis milik Israel. 

Israel memiliki Iron dome untuk melawan ancaman dari jarak dekat 70 km, rudal barak untuk melawan ancaman dari jarak menengah 150 km dan rudal david sling untuk melawan ancaman jarak jauh 300 km. 

Sedangkan rudal Arrow ditujukan khusus sebagai sistem rudal pertahanan luar angkasa dari ketinggian terbang secara vertical sejauh 200 km ke atmosfer dan untuk melawan ancaman hipersonik. 

Rudal Iron dome, Barak dan David sling bukan ditujukan untuk ahli melawan 'hipersonik'. 

Foto : Pengembangan senjata Iron laser wall Israel. Terlihat menteri pertahanan Benny Gantz sedang berdiskusi dengan jajaran petinggi perusahaan militer Elbit System dan Rafael Advanced Defense system. 

Selain mengembangkan rudal Arrow generasi ke 4. Pemerintah Israel melalui perusahaan Elbit System dan Rafael Advanced Defense System turut mengembangkan senjata pertahanan Iron laser wall perlindungan jarak dekat 1 - 7 km yang diharapkan mulai diperkenalkan tahun 2024 dan beroperasi tahun 2025 untuk mempertahankan kedaulatan & keamanan Israel dalam mempersiapkan pertempuran masa depan yang menantang.

Perusahaan manufaktur Israel Aersopace Industries (IAI), Elbit System, Rafael advanced defense system dan Tomer rs menjadi industri ujung tombak garda garis depan dalam penciptaan persenjataan bagi keperluaan tentara IDF. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU