Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wulung, Pesawat UAV Drone Pertama Indonesia (2012)

Hallo, Salam Sejahtera Buat anda Semua yah yg menyukai Informasi Kedigantaraan Indonesia yah. Nah, ada kabar baik nih buat anda tepatnya pada bulan Oktober 2012 Presiden RI resmi memperkenalkan Pesawat dgn Teknologi UAV Pertama di Indonesia. Em.., Hebat yah kita.

APA ITU…? 

Bagi anda yg belum Tahu apa itu Pesawat UAV. UAV adalah Unmanned Aerial Vehicle atau biasanya disebut sebagai Drone Tanpa Awak. Negara yg Pertama Kali Menciptakan Teknologi Canggih ini adalah dari Pemikiran Otak Israel Pada tahun 80-an. Dan Pertama Kali bertugas di dunia Pada tahun 2010 oleh America Serikat di Afghanistan 

Ada 2 Jenis Varian. Yg Pertama adalah dikendalikan oleh manusia melalui Remote Kontrol Komputer di Ground Control Station dan Jenis yg ke 2 adalah yg lebih Mutakhir dan paling Super canggih yg mampu berpikir sendiri, menyerang sendiri, mengambil keputusan sendiri, dan mengunci sasaran secara sendiri melalui sebuah Pemprograman yg sudah “distel”

Namun, Indonesia cukup berbangga, Pada tahun 2012 indonesia sudah memiliki Pesawat Drone Pertama di dunia yg dijuluki Gagak, Wulung, dan Pelatuk yg punya jarak jelajah 30 Km – 120 Km / Jam.

Peresmian oleh Presiden Susilo Bambang Yudhono

Pesawat Nirawak milik kita ini adalah Pengembangan dalam negeri hasil Karya anak bangsa dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kemhan dgn BPPT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan di Bantu oleh Unmanned Combat Aerial Vehicle (UCAV) Jadi Intinya, Komponen Utama masih dibuat oleh Negara Lain. malumalu.gif (18×18)

Walaupun WULUNG, GAGAK, dan PELATUK masih sederhana dan anda juga pasti tahu kalau masih ngga sehebat milik USA & Israel yg udah mampu berpikir sendiri dan punya fleksibelitas dan jarak jangkau luas. Kedepannya Indonesia akan mengarah ke arah itu, sekarang pada tahun 2012 ini kemampuan Software engine kita, dan ahli Pemprograman Komputer kita masih belum mampu dan memadai seperti mereka. Tapi Pemerintah yakin, dalam beberapa tahun lagi Anak Indonesia PASTI BISA menciptakan seperti milik Israel. 


Perlu anda ketahui disini..? 

Perlu anda ketahui, DRONE Milik Indonesia masih bersuara bising, berbeda dgn milik America yg nyaris tanpa suara. Presiden Susilo Bambang Yudhono-pun menyaksikan kekurangan alat UAV pertama Republik Indonesia ini. tapi sekali lagi, SBY memberikan Aspresiasi yg baik buat Anak Anak Muda Indonesia untuk mengembangkannya.

Baca juga :

Walaupun penggunaan alat ini kebanyakan digunakan dalam bidang Militer. Tapi ada juga yg bersifat nonmiliter seperti untuk Pembuatan Peta Digital, Pembuat Hujan Buatan, Pelacak Ilegal Loging, Pemeriksaan Jalur Listrik dan Pemipaan, Keamanan non militer, Pemantauan, Kasus Peredaran Narkoba, dan masih banyak lagi. Makasih dan GBU