Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Negara Pemilik Tembok Pertahanan Tercanggih, Modern dan Terketat di Dunia (2015)

Pada Zaman Dahulu Kala. Tembok di Gunakan Sebagai Benteng dan Perisai. untuk Melindungi Kota dan Penduduk yg ada di dalamnya. Salah Satu yg Terkenal di Dunia adalah Tembok Berlin dari Jerman dan Tembok Besar China.

Namun, Peninggalan Tersebut sudah sangat Tua. Beberapa sudah ada yg dirobohkan. Dan Beberapa Lainnya dijadikan Tempat Objek Wisata dan Tempat Budaya Warisan UNESCO World Heritage Site. Namun, di Zaman Modern ini. Ternyata masih ada Beberapa Negara yg Malah Terus Menancapkan Temboknya. Hasil Pantauan Saya. Ini dia daftar ke 6 Negara Tersebut.

ARAB SAUDI :
pengaman+pagar.jpg (602×399)

Yang Pertama Kali kita bahas adalah Arab Saudi. Negara yg Terkenal dengan Pusat Islam ini. Sebenarnya udah lama membuat tembok, Yaitu sejak Tahun 2004 yg Lalu. Tujuan Negara ini membuat adalah untuk melindungi dirinya dari Serangan Islam Syiah yang ada di Yaman dan Sebagian di Irak.

Arab Saudi adalah Penganut Islam Sunni. Namun dikenal ngga begitu akrab dengan Islam Syiah. Bahkan Peperangan Terus Terjadi hingga saat ini terus berlanjut tanpa mengenal gencatan senjata. PBB memperkirakan 4.000+ orang udah tewas dalam Perang Syiah-Sunni yg dilakukan oleh Arab Saudi.

Baru-Baru ini, Arab Saudi juga sedang gencar membangun Perpanjangan Tembok di wilayah Irak. Alasannya karena Takut dengan musuh baru. Yaitu ISIS. ISIS dikenal ngga akrab dengan “Islam Syiah” maupun “Islam Sunni”. Melainkan ISIS ingin mendirikan Islam Kekalifahan versinya sendiri yaitu Daulah Islamiyyah.

Tembok Arab Saudi memiliki Panjang Total 975 Km. Yang Membelah di Irak dan Yaman. Ia di Lengkapi dengan 78 Unit Menara Pemantau, Sistem Sensor Thermal Imaging, Radar BattleField, dan 30.000 Tentara yg Berjaga-jaga setiap hari.

Sebagai Informasi. Pembangunan Dinding-Tembok Arab Saudi masih belum selesai. Namun sebagian Pagar udah Terpasang.

KUWAIT :
Negara ini memiliki Panjang Pagar Total 407 Km. dan Sudah Selesai 100%. Alasan Negara ini memasang adalah Karena Trauma dengan Serangan Irak Pada Pemimpinan Saddam Hussein Pada Tahun 1991 yg Lalu.  

Menariknya, Selain Membuat Pagar di Irak. Kuwait juga membuat Pagar di Perbatasan Arab Saudi yg Notabene Hubungan Kedua Negara ini Akrab. Tapi Kenapa di Pasang juga. Mungkin saya menduga karena Trauma dan Stress Berat Pada Tahun 1991 yg Lalu. Jadi Semuanya di Pagar aja.

Oh ya, Tembok Kuwait memiliki Tinggi 4,6 Meter. Dan Berlapis-Lapis lengkap dengan Parit. Memiliki Kawat Duri yg di Aliri oleh Listrik. Dan di Jaga oleh Patroli Tentara dan Helikopter Pengawas.

AMERIKA SERIKAT :
Amerika Serikat memiliki Panjang Tembok 3.360 Km yg Membelah Negara Meksiko. Alasannya untuk Mencegah Imigran Gelap dari Meksiko dan dari Imigran Africa atau Timur Tengah yg masuk lewat Meksiko, mencegah Perdagangan Ilegal Narkoba dan Mencegah Perburuan dan Perdagangan Satwa Hewan.

Ada 463.000 Polisi Berjaga-Jaga Setiap Hari di Tembok yg membentang dari Garis Pantai, Hutan, Gurun, dan Perkotaan ini. Lengkap dengan Pesawat Drone Pengintai yg berada di Bawah Pimpinan US CUSTOMS and BORDER PROTECTION. Hem.., Bukankah Jumlah Tentara Penjaga ini banyak Banget ya. Apa ngga berlebihan ya. Ups..


Pemerintah Meksiko mengklaim dan marah banget dengan AS dengan Tembok ini. Karena setiap tahun ditemukan lebih dari 500+ Mayat di dekat Pagar Perbatasan ini.

KOREA SELATAN
Di Korea Selatan, Tembok Terbuat dari Pagar Kawat berduri. Yang Membelah Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara sejauh 250 Km. Ia juga Tergabung dengan DMZ (The Korean Demilitarized Zone) Sehingga Pagar ini juga dihuni oleh Tentara Amerika Serikat.  

Di Klaim, Pagar ini memiliki Pengawasan Paling Ketat Sedunia. Karena di Jaga Secara Konvensional melalui Pos Pos Pemantau Secara Berhadapan-hadapan. Namun, Baru-Baru ini. Perangkat Teknologi Xbox dari Microsoft Kinect, Kamera Pengintai Canggih dan Robot Penembak Samsung SGR-A1. Mulai Mengambil Alih Pengawasan Konvensional.

INDIA

India, Negara Hindu Terbesar di Dunia. Ternyata juga memiliki Tembok. Di Klaim ini adalah yg Terpanjang di Dunia. Yang Membelah Hampir ke Seluruh Negara Tetangganya. Mulai dari Pakistan. Alasan India adalah Karena Takut Terorist dan Takut dengan Banyaknya Pernikahan dengan Muslim dari Negara Tetangga. Begitu Katanya sih. Anda bisa saksikan di Video bawah ini.


Jika di Total, Garis Tembok India Sepanjang  5.632 Km. Di Klaim ini adalah Pagar Terpanjang di Dunia. Dan di Jaga oleh 70.000 Polisi dan Tentara. Beberapa rumor mengatakan, India juga ingin memagari dengan Negara Tetangga yg Lain. Seperti Bangladesh, Burma atau mungkin Tetangga China juga di Pagari suatu saat.

Sebagai Informasi : Pagar milik India ini sudah dibangun sejak tahun 1972. Dan sampai saat ini masih tahap pembangunan.

Lihat Juga :

ISRAEL
tembok+israel.jpg (609×361)

Dan yang Terakhir adalah “Israel”. Secara Keseluruhan Israel udah menyelesaikan Pagar Tembok Perbatasan yg disebut “Aperteid” ini. Iya Membentang dari Negara Palestina, Yordania, Lebanon, Gaza, Suriah dan Mesir.

Ada 2 Tipe bentuk Tembok Israel. Yaitu : Tembok Berbahan Beton Besar yg Setinggi 8 Meter dan Pagar Kawat Duri. Tembok ini di Jaga oleh Patroli Tentara IDF, Robot Guardium, Robot Mobil Patroli, Robot Drone Skylark, Kamera Pengintai, Tank Missile Pereh, Tank Merkava, Robot Patroli udara Heron, Pelontar Missile, Iron Dome, Senjata Arrow, Robot Sniper Robo-Sniper Pengawas Menara dan Berbagai Macam Radar dan Sensor Pendeteksi yg Terhubung ke Ground Control Station di Pusat Komando Israel. 

Namun, Beberapa Robot Israel juga ada yg udah Semi-Otonom Tanpa di Kendalikan Manusia. Namun hanya digunakan menjaga Perbatasan aja bukan untuk Perang. 

Robot Israel Sedang Menjaga Perbatasan Israeli
Panjang Tembok Israeli ini Sepanjang 700 Km. Israel berdalih. Untuk Tembok Beton Setinggi 8 Km. Akan Menjadi Pemisah dan Batas Negara. Sayangnya, Tembok Beton ini menduduki wilayah Palestina. Beberapa Tembok masih ada yg memakai Kawat Duri Biasa yang masih dalam Kontruksi. GBU