Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intel Amerika Serikat akuisisi perusahaan chip Israel Tower Semiconduktor senilai $ 5,4 miliar dolar atau sekitar Rp 76 triliun rupiah ( 2022 )

Persaingan ketat Intel melawan perusahaan Huawei asal China, Samsung asal Korea Selatan, Mediatek dan TSMC asal Taiwan dan menghadapi sesama rekan sendiri AMD, BROADCOM, QUALCOMM dan NVIDIA yang berasal dari Amerika Serikat.

Memaksa Intel bertahan diri dengan cara berevolusi dan berinovasi untuk menghadapi tantangan keras itu.

Apalagi pernyataan dari jajaran petinggi Huawei yang menyatakan bahwa bersaingan dengan Intel bukanlah suatu pilihan, Huawei memang tak ingin punya pilihan untuk bersaing dengan Intel. Tetapi itu menjadi kewajiban bagi Huawei untuk menghancurkan dominasi Intel.   

Intel Amerika Serikat akuisisi perusahaan chip Israel Tower Semiconduktor senilai $ 5,4 miliar dolar atau sekitar Rp 76 triliun rupiah ( 2022 )

Tak ingin cuma dianggap planga plongo.

Pada tahun 2022. Intel secara resmi mengakuisisi Tower Semikonduktor asal Israel.

Tower semiconductor terdaftar di list bursa Nasdaq dan Tel Aviv Tase dengan kode saham TSEM.

Perusahaan Tower Semiconduktor dipimpin oleh CEO Russell ellwanger. Ini merupakan perusahaan swasta publik dimana saat pertama kali pendirian di tahun 1993. Segala macam keperluaan modal di danai oleh pendanaan dari pemerintah Zionis Israel.

Selain berkantor pusat di Israel.

Pabrik fabrikasi fap Tower memiliki cabang di Amerika Serikat, Uni eropa dan Jepang untuk memenuhi rantai supply pasokan bahan baku yang kemudian dikirim ke pusat Israel.

Pabrik manufaktur produksi wafer dan chip terbesarnya ada di Israel dengan menawarkan proses pembuatan chip ukuran 45 nm untuk kebutuhan alat bertujuan khusus industri seperti mobil, komputer server jaringan komunikasi, komputer server jaringan listrik, teknologi perangkat kesehatan, sensor pertambangan dan militer.

SETELAH PROSES AKUISISI :

Setelah diakuisisi oleh Intel. Perlahan lahan manajemen saham TSEM berpindah ke Intel.

Uang investasi investor dari TSEM dialihkan sepenuhnya ke Intel.  

Perusahaan Tower untuk sementara tetap beroperasi seperti biasa dalam beberapa tahun ke depan.

Selama waktu transisi tetap dipimpin oleh Ellwanger.

Intel sama sekali tak bermaksud mengganti jiwa kepemimpinan dari Ellwanger. Beliau adalah sosok orang penting di Tower.

Tujuan utama Intel adalah menutup atau menghapus seluruh brand Tower Semiconductor. Tetapi karyawan, petinggi dan segala aktivitas pabrik Tower tetap berjalan seperti biasa.

Kepemilikan pabrik Tower segera dikendalikan, dimiliki dan dikuasai oleh Intel untuk menjadi bisnis pengecoran chip terintegrasi penuh ke perusahaan Intel.    

Akuisisi Tower mempercepat visi misi dari Intel untuk menjadi penantang utama di bidang chip semikonduktor menghadapi persaingan perusahaan chip lainnya yang hendak menghancurkan dominasi Intel.

Sekaligus ini merupakan cara bagi intel menawarkan penambahan portofolio teknologi terdiversifikasi yang luas, membuka peluang penjangkauan produk chip ke pasar baru dan memajukan strategi IDM 2.0

Randhir dari Intel mengatakan :

Kami sangat senang menyambut tim Tower di Intel. Pengalaman mereka selama beberapa dekade di bidang pengecoran dan hubungan pelanggan yang mendalam. Teknologi mereka akan mempercepat pertumbuhan Intel. Kami juga sedang membangun IFS intel foundry services untuk menjadi innovator teknologi dalam jangkauan IP, layanan dan kapasitas yang luas. Tower dan Intel IFS bersama sama bekerjasama menyediakan portofolio pengecoran yang besar skala global untuk mewujudkan ambisi pelanggan kami. Sahutnya.

Setiap tahun, Tower mampu meraup pendapatan kotor sebesar $ 1,2 miliar dolar atau sekitar Rp 17 trilun dari penjualan produk chip miliknya ke seluruh dunia.

Sebagai informasi. 

Walaupun Intel merupakan perusahaan multinasional asal Amerika Serikat. Tetapi di Israel, Intel memperkerjakan sekitar 15.000 ilmuwan, insinyur, professor doktor dan teknisi S2. ( Sehingga menjadikan Israel sebagai basis pabrik cabang intel terbesar ke 2 di dunia) 

Teknologi chip di Israel selama 10 tahun belakangan.

Israel adalah salah satu negara innovator di bidang teknologi chip.

Bersaing pula dengan negara Amerika Serikat, China, Taiwan dan Korea Selatan.

Hanya saja, selama 10 tahun belakangan ini, banyak perusahaan chip asal Israel yang telah mati dan gugur karena di akuisisi oleh perusahaan Amerika Serikat.

Selain Tower. 

Ada 7 perusahaan chip asal Israel yang telah diakuisisi selama 10 tahun ini. Yaitu :

Altair : Chip untuk sensor penginderaan internet of thing.

Habana : Chip untuk komputer AI artificial intelligence.

Mobileye : Chip untuk kendaraan mobil tanpa awak.

Ez semiconductor : Chip untuk prossesor ethernet.

Grupdsp : Chip untuk komunikasi nirkabel terkonvergensi.

Orbotech : Mesin pembuatan papan sirkuit chip otomatis tanpa sentuhan manusia.

Mellanox technology : Chip untuk super komputer.

Walaupun banyak perusahaan chip asal Israel yang telah berguguran mati karena diakuisisi oleh pihak asing.

Orang orang Israel masih memiliki beberapa perusahaan chip lainnya antara lain : Elbit System, Vayyar, Next silicon, Ceva semiconductor, Ramon space, dan Valens. Beberapa perusahaan Israel lainnya yang bergerak di bidang proses dan inpeksi chipset adalah Novami measuring dan camtek.    

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU