Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency April 2022

Saya kembali menulis tentang diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency hasil bulan April 2022.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.

Hampir terjadi kematian akibat pembunuhan horor yang dilakukan oleh suaminya sendiri. 

Tanggal 28 April 2022 merupakan hari paling menegangkan dan horor buat aku. 

Seumur hidup aku belum pernah mengalami hal ini sehingga membuat aku menjadi 'TRAUMA'. 

Saat itu, kira kira jam 18.30 malam aku sedang membersihkan rumah, menyapu lantai di dapur.

Kebetulan. Mamah papah sedang tak ada di rumah lagi pergi ke kota Palangkaraya.

Sehingga dirumah cuma ada aku seorang diri.

Rumah kami berada di hutan. Dekat perbatasan Taman Nasional Sabangau.

Rumah penduduk hanya ada sedikit saja disana.   

Rumah di depan kami adalah sebuah tempat tinggal barak kos kosan dengan hampir 10 ruangan. 

Tapi karena jauh dari pusat keramaian. Sehingga jarang ada orang yang mengontrak. Jika pun ada orang yang mengontrak. Sering silih berganti ganti orang. Sehingga tak ada satu orangpun yang dapat saya kenal. 

Disebelah rumah kami ada pak le, berserta istrinya. Mereka berdua sering berangkat jam 7 pagi, pulang jam 9 malam karena ada usaha pekerjaan UKM di kota Palangkaraya di bidang goreng gorengan. Jadi dirumahnya hanya ada 2 anaknya. Cewek semua. Kira kira masih duduk dibangku seumuran SMA tapi mereka ngga disekolahin papahnya.   

Lalu disebelah kanan ada Bapak Marsel. 

Bapak Marsel pekerjaannya adalah seorang penambang emas. Jadi rumah mereka sering ditinggali kosong tanpa ada seorangpun, karena sering berhari hari pulang kampung mencari emas. 

Lalu disebelah rumah lagi adalah keluarga bapak Koko. 

Nah, saat saya sedang menyapu rumah jam 18.30 malam. Dalam waktu durasi yang cepat. Tiba tiba aku mendengar beberapa orang nampak sedang beradu mulut.

Dalam hatiku berpikir. Kok tumben ya ada suara cekcok keras disini. Biasanya sepi...., 

Aku pun tetap melanjutkan menyapu lantai di dapur. Pikirku cuma suara biasa biasa saja. 

Kira kira hampir 5 menit masih saja ada suara gaduh. 

Pikirku. Kok makin keras ya teriakannya. Dari mana suara ini. 

Lalu aku pergi ke depan pintu. Sambil diiringi oleh teriakan anjing. 

Dari balik jauh kegelapan malam aku melihat ada nampak seorang wanita sedang menuju ke rumahku. 

Dia berjalan sampil terpincang pincang seperti orang mau pingsan. 

Dia sambil berteriak kepadaku : 

'TOLONG, TOLONG, TOLONG AKU. 

'TOLONG AKU MAU MATI.

TOLONG AKU MAU MATI.

TOLONG AKU MAU MATI.

Tapi aku masih belum melihat wajahnya karena dia berada di kejauhan. 

Jarak antara barak barak kos kosan dengan rumahku diapit oleh hutan kira kira sepanjang 10 meter saja.

Dari balik kejauhan. Aku cuma mendengar suaranya aja. 

Lalu di depan pintu aku mencoba mendatangi dia. 

Dia pun sambil berlari terpincang pincang mendekati aku. 

Dia tetap aja berteriak. 

Tolong, Tolong, Tolong aku mau mati. Katanya. 

Dia berlari terpatah patah menuju ke aku. Begitu juga aku mendatanginya. 

Ketika wajahnya mulai tersorot oleh lampu cahaya di depan rumahku di balik kegelapan. 

Astaga aku kaget banget. Ini sungguh belum pernah terjadi sebelumnya. 

Wajahnya dipenuhi oleh darah. 

Darahnya bercecer cecer menutupi wajahnya. 

Hampir semua wajahnya banyak darah. 

Aku pun berteriak histeris ketakutan. 

Aku pun jadi takut melihatnya. 

Kenapa ini aku bilang kepadanya : 

Dia jawab : Aku dipukul suamiku. 

Diwajah hingga ke leher, baju dan tangannya mengalir banyak darah

Sontak saja kaget bukan main. Aku berteriak ketakutan :  Takutnya aku...

Aku pun berteriak keras : 

Pendarahan banyak banget. 

( Sambil gugup melihat darahnya terus berceceran ). 

Dia terus menjawab : Tolong aku mau mati. 

Aku jadi bingung menghadapi situasi ini, karena seorang diri. 

Lalu kedua anak pak le datang. Tapi mereka berdua ngga bisa berbuat apa apa juga karena papah dan mamahnya lagi masih bekerja di kota. 

Bingung bagaimana cara mengatasi hal ini seorang diri. Aku coba bergegas berlari ke rumah bapak koko. Tapi ngga ada orang. Bapak koko dan keluarga sedang keluar. Aku pergi kesana dengan maksud mau pinjam mobil untuk membawa dia ke rumah sakit karena takut melihat pendarahannya banyak sekali. 

Tapi saat kejadian. Bapak koko yang punya mobil ngga ada di rumah.  

Aku takut kalau wanita ini meninggal dunia di depan aku karena darahnya terus berceceran. 

Lalu, tiba tiba ada seorang wanita lain yang adalah adiknya sambil berlari bawa bayi. Lari menuju ke aku. 

Adiknya ini juga teriak histeris minta tolong karena kakaknya dipukul. 

Aku jawab lagi. 

Mana suami ibu ini. 

Dia jawab, dia udah kabur melarikan diri.

Karena darah ibu ini yang terus bercucuran. Aku takut dia pingsan lalu meninggal karena pendarahan. 

Aku putuskan berlari cepat cepat ditengah kegelapan hutan menuju ke rumah yang berada sekitar 200 meter untuk pinjam mobil. 

Biasanya setiap hati, setiap malam lewat jalan hutan jika menuju ke rumah. Karena tak ada jalan lain.

Gelap gulitanya sih ngga ada masalah kalau naik motor karena ada cahaya lampu.  

Karena semua terjadi serba mendadak. 

Aku harus cepat cepat melewati jalan hutan ini sambil gelap gelapan, mana ngga bawa senter smartphone pula ya. Susah jadinya lari.

Bergegas aku pun pinjam mobil disana. Lalu membawa ibu dan adiknya berserta bayi ini menuju ke rumah sakit. 

Diperjalanan. Ibu ini sudah pingsan di dalam mobil. Darahnya berceceran hinggap di pintu mobil. 

Aku rasa dan pegang kakinya semua serasa demam. 

Sang adik terus menelpon semua keluarganya di Palangkaraya. 

Sampai di rumah sakit Doris Sylvanus. 

Ibu ini dirawat di IGD oleh dokter dan perawat. lalu dilakukan berbagai macam tindakan medis.  

Kata perawatnya, tulang pelipisnya tertembus dalam. 

Tak beberapa lama. Sudah ada datang keluarganya yang lain. 

Saat melihat keadaanya dalam masa perawatan. Ibu ini sudah mulai dapat membuka matanya. 

Dan wajahnya yang tadi dipenuhi oleh darah yang terus menerus mengalir sudah dibersihkan dan ditutup dengan perban.  

Untunglah dalam hatiku. Dia berhasil selamat. 

Lalu aku membeli mereka makanan ayam goreng fried chicken, susu milo berserta air Aqua. Tapi yang makan sih cuma adiknya aja. Karena kakaknya (ibu ini) masih dalam perawatan tindakan medis dan harus di opname. 

Ketika keesokan harinya. Saya masih merasa trauma. 

Mengingat ngingat peristiwa kemaren ngelihat wajah ibu ini penuh darah. 

Ngeri banget melihatnya 

Horor...,

Ini pertama kali aku melihat darah yang banyak bercucuran di depan mata aku akibat kasus hampir terjadi pembunuhan. 

Apalagi saya ini tipe orang yang takut melihat darah.

Mendengar peristiwa ini. Kira kira jam 21.20 malam. Bapak pemilik kos kosan mengetahui kabar kasus pembunuhan tersebut. Saat tiba dari kota. Bapak pemilik kos kosan ini datang kepadaku menanyakan tentang keadaan kontrakannya sudah dia putus. Karena dia juga merasa ngga sanggup kalau ada kasus hampir terjadi pembunuhan seperti ini. Harus berurusan dengan kepolisian dan lain lain. Beliau nyatakan ngga sanggup, jadi status kontrakan mereka diputus malam itu juga. 

Di dalam kos kosan. Sendok berhamburan dan darah berceceran di tembok. Ibu yang berdarah ini seperti habis di hempaskan ke tembok dan di tendang habis habisan oleh suaminya. 

Setelah kejadian tersebut. 

Aku juga ngga pernah lagi melihat dan bertemu mereka. 

Kos kosan sudah menjadi sepi lagi.

Kos kosan juga sudah dibersihkan oleh pemilik kontrakan. 

Sedangkan mobil yang saya pinjam juga sudah dibersihkan dari darah. Tapi bukan saya yang bersihkan. he he..., tapi pemilik mobilnya sendiri. he he..., Katanya darahnya nempel di pintu dan kursi mobil.

Aku harap. Semoga kejadian ini tak terulang kembali. 

Kenapa..., 

Karena sampai artikel ini ditulis. Aku masih TRAUMA mengingat wajah wanita itu yang penuh darah sambil terus menerus menagis berkata kepadaku : 'Tolong aku mau mati'. 

Yang paling aku takuti adalah : Jika dia mati di depan aku

Vaksin covid dengan booster Pfizer ( 2022).

Di Puskesmas Menteng, kota Palangkaraya.

Disediakan 2 pilihan booster oleh pemerintah Indonesia. Yaitu menggunakan Pfizer dan Moderna. 

Kedua vaksin ini buatan perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat. 

Akhirnya, saya selesai juga vaksin yang ke 3. 

Beberapa bulan yang lalu. 

Saya di suntik menggunakan vaksin 1 & 2 Sinovac buatan China. 

Tapi kali ini pake Pfizer. 

Terima kasih kepada Tuhan Yesus. Saya sudah selesai di booster. 

Saya sungguh bersyukur telah di beri vaksin Pfizer karena ini menggunakan penemuan teknologi mRNA terbaru di abad modern untuk melawan serangan Covid.  

Sekarang, tinggal nunggu vaksin booster yang ke 4. Lalu lanjut ke 5. 

1 bulan tanpa makan mie instan, tanpa penyedap rasa micin, snack, kopi sachet dengan penambahan gula yang banyak, es krim, sosis, nugget, dan menolak mengkomsumsi beberapa jenis minuman penyegar yang dijual di kulkas Indomaret & Alfamart.

Karena saya berpeluang suatu saat terkena diabetes mellitus dari keturunan genetik Ibu. 

Saya sudah memutuskan diri untuk tak lagi mengkomsumsi mie instan, penyedap rasa seperti masakxxx, rayxxx, ajinamxxx dan juga menolak hampir semua jenis sncak. Kecuali Quaker oat. 

Saya juga tak lagi mengkomsumsi aneka minum minuman penambah stamina, botol botolan kopi kopian, teh dan sejenisnya. Termasuk minuman susu yang setelah saya perhatiin ada beberapa diantaranya banyak ditambahin bahan sintetis. Terutama susu murahan biasanya kandungan susu alami hanya 10% sisanya adalah gula dan susu sintetis.  

Tetapi bukan berarti saya menolak semuanya ya.

Berikut daftar makanan yang saya masih beli di Indomaret & Alfamart.

1]. Roti

2]. Zero Coca cola. 

3]. Yogurt Jepang

4]. Minuman air putih PH Tinggi 8+. 

5]. Keju kraft

6]. Madu

7]. Susu bubuk

8]. Susu bear beruang

9]. Susu Lmen

10]. Quaker oat

11]. Garam

12]. Kopi hitam kapal api

13]. Teh sariwangi

14]. Beras

15]. Sachet biji kacang ijo

16]. Sachet biji jagung

17]. Minyak goreng

18]. Santan kara

19]. Cokelat kakao

21]. Vitamin

22]. Air mineral aqua murni

23]. Tepung gandum atau tepung terigu

Oh ya, buat teman teman yang bertanya. 

Kok Afrid tetap minum Coca Cola ya. 

Ini bukan Coca Cola biasa, tapi Zero Cola artinya 0% gula. Walaupun masih di tambah pemanis sintetik buatan lainnya. Tapi pikirku masih diambang wajar. Tapi ngga tahu juga sih ya bagi penderita Diabetes.

Mengingat hal yang saya cari di Zero Coca cola adalah kandungan bergizi yang bermanfaat dari tamanan Kola. 

Secara medis ini tergolong tanaman obat berkhasiat tinggi setara narkotika kokain jika dikonsumsi sewajarnya, artinya tak berlebihan. 

Di Palangkaraya tak ada satu orang pun yang menjual tanaman Kola. (Bahasa latin Cola nitida)

Jadi, tanaman Kola hanya ada tersedia di dalam kandungan produk Coca Cola. 

Hem...., ngomong ngomong. Gimana ya rasanya hidup tanpa pernah makan mie instan lagi, tanpa pernah menambah penyedap rasa. tanpa makan minum yang nikmat enak enak.  

Kalau pengen jujur. 

Makanan kekinian Afrid Fransisco. Kini cenderung tawar, pahit, hambar dan ngga enak rasanya karena tanpa penyedap lagi. 

Minum kopi hitam pahit tanpa gula.

Minum teh pahit tanpa gula.

Semua makanan kini tanpa micin. 

Jadi selama masa uji coba 1 bulan sih. Aku masih dapat melewatinya. Harapan aku agar ini bertahan seumur hidup tanpa pernah sepeserpun mencoba mengkomsumsi makanan terlarang. 

Untuk kecap, ikan sarden dan saus tomat sudah saya hapus dari daftar menu dan dikategorikan sebagai makanan terlarang karena mengandung banyak pengawet, penguat rasa dan pewarna kimia. 

Pizza, Pasta, Hotdog, Kebab Turki dan Hamburger juga tak lagi saya komsumsi. 

20 ekor anak ayam menetes dan menunggu pembangunan tembok penghalang. 

Betapa bahagia aku melihat anak ayam menetes sebanyak 20 ekor. 

Lucu lucu kelihatannya ya. 

Aku harap anak ayam ini dapat besar dan kelak di jual sebagai peluang bisnis baru bagiku dan sebagian lainnya dapat dikomsumsi sendiri untuk diolah sebagai ayam panggang dan telurnya direbus. 

Aku masih belum tahu bagaimana melihat peluang usaha ternak ayam di tahun 2022.

Jadi aku mulai coba lagi setelah bangkrut di perternakan babi. 

Beberapa hari yang lalu. 2 pintu gerbang tembok sudah di pesan oleh mamah papah untuk proses pembuatan kandang semi umbaran.  

Fitur lagu dayak ngaju : 

Ada penambahan fitur label baru di Afrid Fransisco dengan tema 'Lagu Dayak Ngaju'. 

Lirik lagu dayak ngaju dari kota Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Suku dayak ngaju adalah salah satu sub etnis dari keturunan dayak yang tinggal di Kalimantan Tengah, Indonesia. Pada tahun 2022, jumlah populasi dayak ngaju mencapai 1.165.000 juta orang. 

Mayoritas suku dayak ngaju terkosentrasi utama di pusat kota Palangkaraya.


Koleksi lagu di artikel ini mementingkan kualitas suara, sopan dan menggunakan fitur kamera HD high definition. 

Semua lagu, melodi, lirik, arransemen nada dan Youtube official musik video. 

Gratis Rp 0 untuk Anda tonton dan dengarkan seumur hidup.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. GBU.