Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 pasukan khusus andalan Israel ( 2022 )

Pasukan khusus Israel terus berevolusi dari waktu ke waktu sejalan terhadap peningkatan teknologi persenjataan yang diciptakan oleh berbagai perusahaan militer. 

Pada awalnya, pihak pemerintah Zionis Israel mendirikan banyak cabang unit pasukan khusus ditujukan demi melindungi kedaulatan, keamanan dan sebagai andalan perisai. 

Seiring berkembangnya teknologi. Terutama di sektor udara, drone dan robotika. Peranan pesawat tempur dan pesawat tanpa awak di Israel telah melakukan, memainkan, mengambilalih, menguasai dan memonopoli operasional militer hingga ke cakupan 100%. 

Dilengkapi dengan teknologi hitech seperti kamera elektro optik, sensor, radar, pemetaan 3D, pencarian jejak elektronik dan sinyal intelijen. 

Pesawat tempur dan pesawat drone membuat angkatan darat di Israel menjadi seperti tak perlu melakukan tugas apapun, mereka cukup diam santai saja sambil minum wine melihat aksi akrobatik pesawat tempur di udara dalam membunuh target terorist dari jarak jauh, menghancurkan infrastruktur, mencari sasaran musuh, memetakan wilayah hingga ribuan kilometer, jika perlu meruntuhkan gedung musuh hingga rata menjadi tanah. 

Perubahan reorganisasi sistem birokrasi pasukan khusus di Israel telah terjadi beberapa kali selama 7 dekade. 

Pembubaran pasukan khusus unit 101, samson, shaked, duchifat, rimon dan lain lain menjadi titik nyata dalam mengikuti perubahan zaman dan teknologi. Secara praktis, 1 persatu 1 unit pasukan khusus Israel telah ditutup secara permanen untuk menciptakan pasukan khusus yang efektif, efesien, multifungsi, hemat biaya dan unggul. 

3 pasukan khusus andalan Israel ( 2022 )

1]. Pasukan khusus sayeret matkal

Sayeret matkal adalah pasukan khusus yang bertugas di segala mantra darat, laut dan udara. Sayeret matkal diciptakan pada tahun 1957 dengan tujuan utama kala itu sebagai pengintaian intelijen. 

Ini adalah pasukan elit pertama dan terpenting di Israel yang ditugaskan untuk menyerang musuh secara jauh di luar perbatasan. Ini dapat pula bertindak dalam operasi penyelamatan, pertempuran, pemboman, sabotase, penculikan, membunuh target musuh orang orang bernilai tinggi, membunuh ilmuwan dan mengintai. 

Operasi yang pernah dilakukan oleh Sayeret matkal bersifat rahasia dan jarang dipublikasikan. Wilayah penyerangannya meliputi hingga ke negara Irak, Suriah, Lebanon, Mesir, Tunisia hingga ke Uganda.

Tentara yang boleh masuk ke unit sayeret matkal. Diwajibkan memiliki kemampuan bela diri krav maga diatas rata rata dibandingkan tentara lainnya, memiliki kecerdasan intelektual, pemberani, fisik prima, dan bermental pejuang. 

Walaupun dapat bertindak sebagai pembunuh. Basic awal utama pasukan khusus sayeret matkal adalah intelijen dalam mendapatkan atau mengumpulkan informasi. Aktivitas seperti menempatkan perangkat elektronik canggih di kediaman musuh untuk menguping dan memata matai setiap pembicaraan rapat dari jarak dekat untuk dilanjutkan ke pusat komando. 

2]. Pasukan khusus 7th wing

7th wing adalah pasukan khusus dari keluarga terbaru di Israel. Diciptakan pada tahun 2020 dalam merevolusi cabang unit special forces yang mahal dimana pada masa lalu terlalu banyak memakan anggaran biaya APBN yang boros dalam pelatihan, pembinaan dan maintenancenya.

7th wing menggantikan peranan sekaligus menggabungkan, menghapus dan menutup dari semua unit pasukan khusus 669, shaldag dan unit lainnya. Dirancang untuk mengatasi peranan inti dari special force di Israel guna menemukan solusi peningkatan kompetensi operasional dengan penghematan beban biaya dan meningkatan efektivitas. Mengingat melatih pasukan khusus itu mahal harganya. 

Norkin mengatakan : 

Selama beberapa dekade di masa lalu, pasukan khusus kita dilatih secara terpisah pisah. Kini kita memiliki kesempatan untuk menyelaraskan pendidikan semua pasukan khusus angkatan udara untuk menunjjukkan karakteristiknya. Di tahun tahun mendatang, kita akan menyelesaikan pembangunan kekuatan, infrastruktur dan senjatanya. Pasukan khusus kami segera menjadi pasukan elit dan mengambil bagian dalam setiap misi dan operasi. Sahutnya. 

7th wing adalah pasukan khusus yang bertugas untuk membuka bandara baru di wilayah musuh, mempersiapkan pendaratan transportasi bagi pesawat tentara infanteri IDF, menguasai lapangan bandara musuh, misi pencarian search n rescue, misi penyelamatan kepada pilot yang tertembak jatuh di wilayah musuh dan membentuk pengamanan darat di area musuh. 

3]. Pasukan khusus duvdevan

Duvdevan adalah pasukan khusus yang beroperasi di wilayah dalam area perkotaan dan pedesaan di Israel.

Unit ini, terutama didedikasikan untuk pertempuran di berbagai daerah Israel yang padat penduduk bercampur dengan warga dari suku Arab. 

Tugas duvdevan berfungsi sebagai penyelamatan sandera apabila terjadi penyanderaan oleh terorist, membunuh target terorist di dalam negara Israel yang berisiko tinggi, menanggulangi kerusuhan antar etnis, menggerebek rumah pelaku terorist, dan menjaga keamanan setiap jengkal kota di seluruh penjuru Israel terhadap pelaku kejahatan yang tak dapat ditanggulangi oleh polisi. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.