Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yunani (EU) membeli rudal buatan Israel Spike senilai $ 400 juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun rupiah ( 2023 )

Salah satu negara Uni Eropa (EU) Yunani. Telah melakukan tanda tangan resmi antar pemerintah ke pemerintah. 

Aristeidis alexopulos, jenderal dari kementerian investasi pertahanan dan persenjataan Yunani. Diutus mendatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan militer asal Israel Rafael Advanced Defense System terkait pembelian senjata canggih rudal presisi.

Nilai pembelian senjata setara $ 370 juta Euro ( konversi ke dolar sekitar $ 400.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun rupiah ) ( setara Rp 6.000 miliar rupiah ). 

Yunani membeli rudal jenis spike kategori ER2 dan NLOS ( non line of sight ) yang mampu menembak hingga jarak 32 kilometer.

Tujuan klaim digunakan oleh pihak pemerintah Yunani (EU) yaitu demi menjaga, mempertahankan dan melindungi kedaulatan di perbatasan dan laut aegean & evros. 

Harga masing masing rudal spike sekitar $ 210.000 ribu dolar atau sekitar Rp 3 miliar rupiah per unit. 

Yoav har even dari Israel Rafael Advanced Defense System mengatakan : 

Rudal spike dapat memperkuat portofolio alustista tentara Yunani dan kami mengharapkan kelak ada penambahan lebih lanjut melalui kolaborasi strategis dalam waktu dekat. Sahutnya. 

Eyal zamir, tim IDF ( Israel Defense Force ) mengatakan : 

Perjanjian ini menggabungkan serangkaian kerjasama antara negara Israel dan bangsa republik Hellenic. Selanjutnya menekankan kemitraan yang kuat antara negara kami serta komitmen bersama untuk memastikan stabilitas keamanan setempat. Sahutnya. 

Foto : Eyal zamir

Tentang rudal spike : 

Spike adalah rudal multiguna diluncurkan darimana saja. Darat, laut, maupun udara untuk menghancurkan target musuh seperti tank, gedung pusat kontrol komando, kapal perang dan infrastruktur lainnya.

Spike diciptakan pada tahun 1981 oleh perusahaan BUMN Rafael Advanced Defense System asal Israel.

Spike memiliki beberapa varian : 

Kemampuan lain dari rudal ini yaitu mampu terintegrasi ke layar kontrol melalui jaringan.

Disisi lain, rudal spike mampu menembak melalui cara teknik fire and forget  ( tembak, pergi dan lihat dari layar monitor secara jarak jauh ).

Sistem panduan bimbingan menggunakan kamera elektro optik (EO) yang ditempatkan pada bagian depan hidung sang rudal. Alih alih menggunakan koordinat GPS atau lokasi seperti merk pesaing lainnya yang kurang akurat, kuno dan mudah dikecoh. Rudal Spike mampu memastikan keberhasilan berbagi transfer data misi operasi saat menghancurkan musuh dan mengidentifikasi semua dari jarak jauh.

Foto : Rudal Spike buatan Israel

Pada tahun 2023. Tim dari pemerintah Israel mengklaim telah berhasil menjual sebanyak 34.000 ribu rudal spike ke seluruh penjuru dunia. 

Ketika diluncurkan. Spike membuka 4 bilah sayapnya menuju ke sasaran target.

Semua jenis platform. Mulai dari tank, helikopter, kapal perang hingga mobil tempur dapat digunakan sebagai wadah peluncuran rudal spike.  

Rudal Spike buatan Israel tak membutuhkan teknologi navigasi GPS (global positioning system).

Tautan data RF secara real time di sistem teknologi Spike mampu mengkalkulasi dan menghitung secara otomatis untuk mengontrol sudut, azimut dan lintasan penerbangan ke arah target disesuaikan dengan EO/IR. Jika dibutuhkan, tentara bahkan dapat membatalkan serangan sekalipun rudal telah ditembakkan, hanya melalui satu kali sentuhan pencet tombol.   

Rudal spike juga memiliki kemampuan infrared, pencari CCD seeker dan teknologi scene matching.

Tentang Rafael Advanced Defense System

Rafael Advanced Defense System adalah perusahaan senjata, dimana saham dimiliki 100% oleh pemerintah Zionis Israel. Ini dinobatkan sebagai industri militer terbesar peringkat #44 di dunia dengan pendapatan kotor sebesar $ 3 miliar dolar atau sekitar Rp 44 triliun per tahun. ( setara Rp 44.000 miliar rupiah pertahun ). 

Didirikan pada tahun 1948 di Israel dengan memiliki 9.000 karyawan. 

Di wilayah Israel, perusahaan Rafael Advanced Defense System merupakan industri senjata terbesar peringkat #3 dari total 30 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Tactical robotics, Mdt armor, Tomerrs, Elbit System, IAI Israel Aerospace Industries, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Bird aerosystems, OSG group, Netlinetech, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Troyatech, Infinidome, Liortextile dan Opgal optronic.             .

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 
Afrid Fransisco
Afrid Fransisco Blog Information, Technology, Christian Lyrics, Dayak Ngaju, Urban Farming and Diary.