Langsung ke konten utama

Belanda ( Uni Eropa ) beli Israel Redrone [ teknologi perisai dari serangan drone kamikaze dan drone quadcopter ] [ senilai $ 55 juta dolar atau sekitar Rp 836 miliar rupiah ] ( 2023 )

 


Drone quadcopter pada umumnya dapat dibeli dengan mudah di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Shopee. 

Namun para terorist, pelaku kejahatan dan gengster narkoba menggunakan produk tersebut untuk melakukan tindakan kriminal. 

Drone quadcopter bahkan digunakan oleh musuh untuk membawa bom granat dan beberapa varian memiliki tingkatan yang lebih maju ke versi serangan drone kamikaze yang mematikan.  

Varian mutasi drone kamikaze di era 2022 dikenal memiliki kecepatan terbang racing yang lebih cepat, lebih gesit, lebih mungil dan sulit ditembak oleh tentara infanteri. 

Incaran drone kamikaze tidak main main, mereka suka menargetkan tank yang berukuran besar mampu dibabat habis menjadi abu gosok dan besi tua. 

Gara gara drone kamikaze yang berukuran kecil. 

Ngga heran sih kalau banyak pemilik tank dan pemerintahan jadi ngamuk melihatnya. 

Mengingat biaya bikin tank itu mahal banget hingga mencapai diatas Rp 80 miliar per unit. Tapi gara gara drone kamikaze, tank mahal bisa dibikin loss doll dan ambyar ambyar ambyar. 

Berbagai macam mitigasi dan upaya maksimal telah diciptakan untuk menanggulangi serangan drone kamikaze dan drone quadcopter. Masalahnya karena dikendalikan dari jarak jauh. Drone kamikaze dapat menyerang menggunakan teknik beruntun ( artinya kalau 1 drone berhasil ditembak, maka 2, 3, 5, 10, 20 drone yang lain bakal berdatangan untuk melakukan serangan lanjutan. Teknik lainnya yaitu menggunakan ala swarm dalam jumlah besar diwaktu bersamaan yang merepotkan ).

Belanda, sebagai salah satu bagian dari Uni Eropa. Tidak ingin wilayah kedaulatannya diusik oleh tingkah laku jahat sang drone kamikaze dan drone quadcopter. Apalagi perang Ukraina telah menyadarkan betapa pentingnya memiliki sistem teknologi perisai drone tersebut. Oleh sebab itu, Belanda memutuskan membeli Redrone dari Elbit System Israel. 

Oren sabaq dari Elbit System Israel mengatakan : 

Meningkatnya ancaman drone menciptakan peningkatan permintaan yang meningkat untuk solusi anti drone. Kami telah menciptakan teknologi radar canggih, intelijen sinyal, elektro optik dan sistem peperangan elektronik yang siap memenuhi kebutuhan untuk pelanggan kami. Kami sangat bangga telah dipilih oleh Belanda untuk memasok solusi drone dan untuk memperkuat kemitraan jangka panjang kami. Sahutnya. 

Nilai pembeliaan berharga $ 55.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 836 miliar rupiah. 

Keseluruhan perangkat produk Redrone siap dikirim dari Israel ke Belanda pada tahun 2027.

Sistem Redrone terdiri juga dari DAiR buatan Elbit System, kecerdasan sinyal ( SIGINT) dan COAPS-L. Sehingga dapat mendeteksi, mengidentifikasi, menemukan, melacak dan menetralisir drone kamikaze dan drone quadcopter dengan cara memaksa mendaratkan drone ke tempat yang telah dituju secara otomatis. 

Perangkat Redrone dapat instal dengan mudah di atap gedung, di iring iringan konvoi tank, di bandara, di pangkalan militer dan di kapal perang.

Redrone mampu memantau lingkungan sekitar dengan lebih baik dan meningkatkan keamanan serba digital dalam melakukan pemantauan yang lebih efisien dan akurat. Fitur deteksi analisis objek canggih yang terintegrasi lebih cepat dan akurat melalui data dan informasi realtime terhubung ke monitor pusat ground control dan pusat komando.

Redrone dapat beroperasi pada kondisi cuaca buruk seperti hujan. Aktif hingga 24 jam siang malam selama listrik masih tersedia. Jika listrik padam, maka Redrone dapat diisi melalui daya mesin generator genset cadangan lainnya. 

Israel dikenal sebagai pemimpin dan pelopor inovasi dunia di bidang teknologi perisai cyber elektronik pertahanan anti drone quadcopter dengan tingkat penjualan nilai yang besar ke pasar global. Selain Belanda (EU). Berbagai negara juga telah membeli produk Redrone buatan Israel untuk mulai diinstal pada tank dan kendaraan lapis baja mereka. 


Tentang Elbit System

Elbit System didirikan pada tahun 1966 dengan memiliki 22.500 karyawan. 

Elbit Systems adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan militer dan sipil. Dimana 50% saham dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel. Dengan pendapatan kotor pertahun sebesar $ 5 miliar dolar atau sekitar Rp 76 triliun rupiah per tahun. 

Di wilayah Israel, perusahaan Elbit System merupakan industri senjata terbesar peringkat #1 dari total 47 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. 

Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Urbanaero, Mdtarmor, Blueoceancyber, Tomerrs, Israel Aerospace Industries, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Checkpoint, Bird aerosystems, OSG group, Infinidome, Netlinetech, Hubsecurity, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Liortextile, Rafael Advanced Defense System, Orbit communication systems, Nso group, Reguluscyber, Imagesatintl, Cellbrite, Elsight, Uveye, Cyberark, Creomagic, Transmitsecurity, dan Opgal optronic. 

Total seluruh pekerjaan di bidang industri militer Israel melibatkan 60.000 ribu karyawan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post