Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peringkat Pendapatan Terbesar Uang Devisa Negara Republik Rakyat Indonesia (2017)

Banyak orang bertanya-tanya. Apa aja sih Sumber Pendapatan Utama Penduduk Indonesia.

Bagaimana 260.000.000 juta rakyat Indonesia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Agar api di dapur terus mengepul dari Aceh sampai Papua.

UANG SANGAT PENTING BAGI SEMUA ORANG.  

Uang ibaratkan seperti Bahan Bakar.

Tanpa Uang, seseorang bisa mengalami Kelaparan, Malnutrisi, kekurangan Gizi, Utang menumpuk, dan suatu saat berakhir dengan sakit-sakitan, Kemiskinan dan Kematian.

Pemerintah Indonesia yg dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Sang Mahadewi Keuangan Sri Mulyani. Tentu ngga pengen 260.000.000 Juta Rakyat Indonesia menjadi Sengsara.

Segala Cara di Tempuh oleh Pemerintah agar Tiap Orang bisa memiliki Pekerjaan dan Uang.

Berikut adalah Daftar 10 Peringkat Terbesar Penyumbang Pendapatan Devisa Negara Indonesia Per Tahun 2017 yg dijual ke Luar Negeri untuk mendapatkan uang.

1]. Tanaman Kelapa Sawit [ Rp 239 Triliun ]

Kelapa Sawit (CPO) merupakan Penyumpang Keuangan Terbesar Republik Indonesia. Siapa sangka Minyak Goreng Khas Daerah Tropis diminati banyak Negara.

Di Masa Depan, Kelapa Sawit dapat menggantikan Peranan Minyak, Gas & Batubara sebagai Energi Listrik Terbarukan.

2]. Pariwisata [ Rp 190 Triliun ]

Keindahan Alam di Bali yg tak mungkin dicopy paste oleh negara Lain,

Keindahan di Lombok dan Keramahtamahan warga Yogyakarata memiliki Kontribusi mendatangkan jutaan Turis tiap tahun untuk berbelanja, bertamsya dan menginap di berbagai Hotel.

3]. Tekstil [ Rp 159 Triliun ]

4]. Minyak & Gas [ Rp 170 Triliun ]

5]. Batu Bara [ Rp 150 Triliun ]

6]. TKI [ Rp 140 Triliun ]

TKI (Tenaga Kerja Indonesia) adalah Pahlawan Devisa Negara. Sayangnya kebanyakan TKI memiliki Tingkat Pendidikan Rendah. Mereka bekerja di Negara Malaysia, Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, Qatar, UEA, Kuwait, Amerika Serikat, Jerman, dlll.

Namun diketahui beberapa TKI juga memiliki Skill Pendidikan yg tinggi. Seperti Kontraktor ahli bangunan, Insinyur, Ilmuwan, Perawat Medis Kesehatan, dll.  

7]. Elektronik & Telematika [ Rp 80 Triliun ]

Perusahaan seperti Samsung, Panasonic, Sharp, LG dll. menempatkan Pabrik basis Produksi di Indonesia untuk menjadi produsen Internasional berdasarkan Sistem Berbagi Hasil.

Anak-Anak Bangsa Mengolah & Merakit Komponen Tersebut di Indonesia. Beberapa menggunakan Bahan Baku Lokal. Kemudian menjualnya ke Australia, Kuba, Rusia, Africa, Singapura, Belgia, Jerman, dan Kawasan Asia lainnya.

8]. Tanaman Kayu Hutan [ Rp 70 Triliun ]

Hutan menghasilkan Produk berupa Kayu, Kayu Bulat, Kayu Gergajian, Pulp Kertas, dll

Saat ini Trend memuncak banyak Negara memesan Serbuk Kayu Pellet dari Indonesia untuk Pembangkit Energi Listrik Biomassa Terbarukan melalui Konversi Gasifikasi.    

9]. Tanaman Karet [ Rp 65 Triliun ]

Ada 2 Jenis Tipe Karet. 1] Dari Minyak Mentah dan 2] dari Pohon Karet. Indonesia merupakan salah satu produsen pohon karet terbesar di dunia.

Biji Karet & Karet remah kering bisa dijadikan sebagai Energi Listrik Terbarukan. Namun saat ini Indonesia masih belum memaksimalkannya

Artikel Lainnya :

10]. Sepatu dan Sandal [ Rp 60 Triliun ]

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU