Lompat ke konten Lompat ke footer

Kerajaan UK (Inggris) Beli Sistem Perisai Iron Dome Israel seharga Rp 2,3 Triliun Rupiah (2017)

Pada Tahun 2017. Pemerintah Kerajaan United Kingdom bergerak cepat. Setelah mengetahui informasi Argentina membeli dan memperkuat angkatan udaranya dengan armada pesawat tempur Super Etendard yg dilengkapi rudal Exocet dari negara Ferancis (Uni Eropa).

Hubungan antara United Kingdom dan Argentina memang dikenal kurang harmonis.

Pada Tanggal 2 April 1982. Kedua negara pernah terlibat Perang Malvinas. Menyebabkan 258 Tentara UK (Inggris) dan 649 Tentara Argentina menjadi korban dalam merebutkan Kepulauan Falkland. 

Hingga saat artikel ini saya tulis bagi Anda. Pulau Falkland tetap menjadi milik Inggris.

Tetapi Argentina bersikukuh Pulau yg disebut Islas Malvinas masih menjadi miliknya sendiri dan berencana untuk merebutnya kembali.

UK BELI SISTEM PERISAI IRON DOME ISRAEL
Foto : Land Ceptor (CAMM)
Melindungi Kepulauan Falkland yg berada ribuan Kilometer dari Kerajaan United Kingdom. 

Inggris membeli System Perisai Iron Dome milik Israel dengan Total Harga Senilai $ 171 juta dolar atau sekitar Rp 2,3 Triliun Rupiah.

Pembelian Tersebut melalui 2 Tahap. Yaitu :

Pada Tanggal 7 Februari 2017 membeli Sistem Perintah Manajemen, Kontrol, Komunikasi, Komputer, dan Kecerdasan Pertempuran (BMC4l) dari Perusahaan Israel Rafael Advanced Defense System. Senilai $ 79 juta dolar.


Rafael memasok Modular Integrated C4I Air dan Missile Defense System (MIC4AD) sebagai BMC4l

Kemudian dibulan November 2017. Membeli Command dan Control System Tambahan dari Perusahaan Mprest Israel untuk diserahkan kepada Rafael Advance Defense systems senilai $ 92 juta dolar.

Total Pembelian Paket Sistem Perisai berjumlah $ 171 juta dolar.

SKY SABRE (CAMM)

Sebagai informasi buat teman-teman. Inggris atau UK bukan membeli seluruh paket perisai & rudal Iron dome secara komplit. Hanya membeli Sistemnya saja. Bukan rudalnya.

INGGRIS (UK) memiliki Rudal Pertahanan Sendiri yg disebut SKY SABRE.

SKY SABRE dikembangkan ketika Inggris masih bersama dengan UNI EROPA (MBDA)

SKY SABRE memiliki Rudal Pertahanan udara yg disebut CAMM.

Foto : Sea Ceptor
Versi Laut disebut Sea Ceptor

dan versi darat disebut Land Ceptor.

Jarak Tembak Rudal Perisai Pertahanan ini berkisar 1 – 45 Km.  

Sky Sabre diciptakan untuk menggantikan Rudal Perisai Rapier yg sudah memasuki usia pensiun milik kerajaan Ratu Elizabeth II

Foto : Rapier
Departemen Pertahanan Inggris mengatakan :

Setelah menjalankan sebuah kompetisi terbuka. Kami akhirnya memilih Rafael untuk kontrak senilai 78 juta poundsterling untuk menyediakan system computer utama yang menghubungkan radar mutakhir dan rudal peluncur Land Ceptor kami yang baru untuk meningkatkan pertahanan kepulauan Falkland kami.

Teknologi Sistem ini bertindak seperti Otak yang menghubungkan berbagai objek seperti stasiun radar, peluncur rudal dan pesawat tempur secara bersama-sama.

Sistem perintah dan control kemudian digunakan untuk mengelola pertahanan dan melancarkan serangan terhadap musuh jika perlu.

Natan Barak dari Israel Mprest mengatakan :


Anda harus mengidentifikasi secepat mungkin benda mana yang ada di udara, entah itu di Inggris atau yang lainnya. Lihat apakah itu sebagai ancaman.

Sistem kami bisa diintegrasikan dengan peluncur dan Rudal peluru kendali. Melakukan hal ini dengan sangat cepat.

Sistem Kami dapat menjadi bagian dari Jaringan NATO atau Sistem Komando & Kontrol Inggris.

Mereka bisa mengoperasikan dan mengaktifkan system kami untuk menyalakan ancaman.

Sistem kami dapat melindungi area manapun diseluruh dunia. Sahutnya.

Natan menambahkan : 

Ada banyak Perubahaan Geopolitik di dunia. Anda tidak benar benar tahu apa yang akan terjadi dalam tiga tahun kedepan. Konflik dan Ancaman bisa saja berubah

***

Selain Israel. Swedia (EU) melalui Teknologi Radar Giraffe SAAB juga meraup untung dari Perjanjiaan Pertahanan udara tersebut.




Diharapkan Sky Sabre (CAMM) / Land Ceptor. Selesai Tahun 2020. 

Pulau Falkland termasuk yg menginstal Teknologi ini diiringi & diawasi oleh 1000 Tentara Inggris dan Patroli Pesawat Tornado.  


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU