Langsung ke konten utama

15 daging hewan halal ( tidak haram ) yang boleh di makan dan di konsumsi oleh umat kristen protestan ( 2023 )

Ketika saya masih kecil.

Saya pernah bertanya kepada seseorang.

Isi pertanyaannya yaitu mengungkapkan tentang, kenapa umat kristen protestan seolah olah boleh mengkomsumsi makanan daging yang haram, padahal di Alkitab sudah jelas jelas di larang oleh Tuhan.

Ia kemudian menjawab kepada saya yang menjabarkan dan menjelaskan bahwa di Alkitab ada 'konteks waktu'. Dimana ia mengklaim dulu daging itu memang haram pada perjanjiaan lama, namun ketika zaman Yesus kristus telah tiba. Konteks waktunya sudah berubah. Sehingga semua makanan yang tadinya haram di Alkitab kini menjadi halal. 

Walhasil, pada masa modern abad ini. Akibat persepsi dan filosofi keliru tersebut. Maka sering kita temui di mana mana, orang orang kristen protestan melahap daging hewan haram yang dilarang oleh Alkitab seperti makan daging ular, biawak, kelinci, kucing, anjing, katak, siput, kerang, udang, kepiting, ikan lele, ikan patin, monyet, belut, kekelawar, burung burung haram, maggot, aneka macam semua jenis daging hewan reptil, sate buaya, cumi cumi, gurita, babi hutan, darah, tikus, kecoak, jangkrik, semua jenis aneka serangga non-belalang, dan masih banyak lagi.   

So, sekarang mari membuka wawasan.

Pada intinya, Alkitab tak pernah salah yang salah yaitu pendeta dan orang orang yang menafsirnya, menterjermahkan dan mempresentasikannya dengan keliru.

Hingga saat ini, seharusnya hewan atau daging haram yang ditulis oleh Alkitab tetaplah haram.

Selayaknya orang orang umat kristen protestan tidak boleh mengkomsumsinya seperti apa yang dianjurkan oleh Tuhan. 

Alkitab perjanjian baru dan perjanjian lama memiliki keterikatan dan keterhubungan yang erat. 

Jika memahami makna di perjanjian baru. Tuhan menulis di Alkitab daftar daging hewan yang tidak boleh dimakan dan tidak boleh dikomsumsi oleh manusia, karena Tuhan sayang dengan kita. Tuhan tidak ingin kita jatuh sakit akibat makan hewan itu yang nanti ujung ujungnya kita jadi berpenyakitan lalu berakhir dengan kematian akibat mengkomsumsi hewan haram tersebut.   

Memang, daftar makanan yang dilarang ( haram ) oleh Tuhan ada banyak list menu yang enak enak. 

Saya sendiri pernah mencicipi dan makan kelinci, udang, siput, kerang, anjing, monyet, kekelawar, ikan lele, ikan patin, katak, babi hutan, cumi cumi, ikan baung, ikan pipih ( ikan belida ), dll. Padahal di Alkitab itu dilarang oleh Tuhan. 

Hingga saat ini, saya juga masih belajar, mencoba dan berusaha untuk tidak lagi mengkomsumsi hewan haram tersebut. Terutama mulai hari ini untuk tidak lagi makan daging babi. Walaupun di suku saya sendiri telah menjadikan babi sebagai budaya dan hukum adat istiadat untuk upacara hidangan utama pernikahan dayak ngaju.  

Anggapan yang menyebut bahwa makanan haram kini telah menjadi halal itu adalah penyesatan. 

Karena di Alkitab. Tuhan Yesus tidak pernah berbicara tentang makanan haram jadi halal. 

Di Matius 15 : 11. Yesus Kristus berbicara tentang 'NAJIS'.

NAJIS dan HARAM merupakan 2 kata kalimat yang berbeda. 

Para penyesat malah menyamakan kalimat ini. Padahal memiliki makna berbeda. Akhirnya mereka mengiyakan bahwa makanan haram kini menjadi halal.  

NAJIS di kitab perjanjian baru berbicara tentang NAJIS yang membuat orang menjadi berdosa. 

HARAM di kitab perjanjian lama berbicara tentang daging HARAM yang membuat orang menjadi sakit. 

Jadi pada intinya, Yesus Kristus hendak berbicara kepada umatnya bahwa kalau seseorang makan makanan haram tidak membuat kita berdosa. 

Tapi ingat juga disisi lain, bahwa makanan haram tetap dilarang oleh Tuhan Yesus karena dapat menyebabkan penyakit dan itu tidak baik bagi tubuh jasmani kita. 

Disisi lain, hewan yang dianggap haram jika menjadi bangkai dapat mengakibatkan seseorang yang tersentuh oleh bangkainya menjadi najis. Contoh : Seperti bangkai tikus yang membusuk apabila kita pegang atau terpegang maka dapat membuat dosa dalam jangka waktu 1 hari. 

Matius 15:11

Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.

Jadi kesimpulannya adalah jika orang orang kristen protestan makan daging haram seperti babi, maka ia sama sekali tidak berdosa. Tetapi mengalami sakit penyakit iya jika mengacu pada perjanjian lama. 

Sebagai contoh hewan babi. Karena saya pernah 1 tahun memelihara babi.

Ada 2 hal kejorokan hewan babi yang baru baru ini saya sadari. Yaitu :

1]. Jika kita lambat memberi makan babi tapi di kandang ada kotoran babi. Maka tak segan segan si babi dengan lahap melahap tai nya sendiri sampai habis.

2]. Kadang kadang babi ketika sedang makan dengan sadar dan dengan sengaja mengencingi dan membuang tai kotorannya tepat diposisi wadah pakan yang masih penuh dengan makanan saat sedang makan. Lalu dimakannya bersama tai nya sendiri sampai habis. 


Berikut panduan 15 daging hewan halal yang boleh di komsumsi oleh umat kristen protestan. 

Sebaiknya makan makanan dari sumber hewani ini saja yang diperbolehkan oleh Tuhan Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus. Sedangkan daging lainnya sebaiknya dihindari aja karena haram dan secara medis kedokteran terbukti mengandung banyak sumber bibit penyakit. 

1]. Daging sapi

2]. Daging kambing

3]. Daging domba

4]. Ayam ( unggas )

5]. Belalang

6]. Ikan gabus

7]. Ikan nila

8]. Ikan bandeng

9]. Ikan mas

10]. Ikan bawal

11]. Ikan kapar

12]. Ikan seluang

13]. Ikan kakap

14]. Ikan gurame

15]. Ikan sepat

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post