Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary Urban Farming, Family Cooking, Travel dan Gaji Bisnis Online Nopember 2018 [ Rp 120.320 ]


Hari ini Tanggal 2 Desember 2018. Seperti biasa saya mulai menulis Pendapatan Bisnis Internet saya yg berasal dari hasil bulan lalu Nopember 2018.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan & kelebihan strategi bisnis online saya untuk menjadi lebih baik lagi.


Baca-baca berita online hari ini cukup kaget juga. Bagaimana ngga ya, pangsa pasar Bitcoin saat artikel ini saya tulis anjlok dari Rp 100.000.000 juta rupiah menjadi Rp 59.451.000 juta rupiah.

Artinya udah hilang hampir 50%.

Kalau ngga salah saya membeli Bitcoin pertama kali pada tahun 2013. Waktu itu, harga 1 BTC = Rp 2.000.000 juta rupiah.

Jika dikalkulasikan, sebenarnya selama 6 tahun harga Bitcoin naik bukan turun. Tapi ngga tahu juga gimana tahun 2019 nantinya, apakah anjlok ke Rp 1.000.000 atau posisi Bitcoin disalip oleh Ripple atau Ethereum.

Ngga ada orang yg tahu tentang prediksi-memprediksi harga trading, semuanya masih misteri, dukun aja ngga tahu, Ki Joko Bodo juga ngga tahu, petunjuk para arwah yang gentangan juga ngga tahu, Artificial intelligence juga kian hari kian salah memprediksi prediksi harga bitcoin.

Jadi untuk saat ini yg saya bisa lakukan di investasi cryptocurrency ngga banyak karena nilainya memang turun drastis. Saya alihkan saja fokus ke Google Adsense dan Urban Farming.

Untuk Urban Farming ngga banyak yg bisa saya lakukan. Karena jari kaki kelinking saya patah. Ketika itu saya bermain kejar-kejaran sama anak-nya adik, saya terjatuh. Pengen jalan rasanya sakit bangeeet, nyut-nyut bahkan rasa sakitnya masih belum sembuh hingga 2 Desember 2018 ini, tapi ya udah berkurang lah.  

Lalu 2 hari ada sakit juga, karena deman & pusing kepala. Seperti biasa, obat ajaib saya agar sembuh ya tidur di kasur aja. He he…,

MATI LISTRIK SELAMA 4 HARI NONSTOP BANYAK IKAN KEHABISAN NAFAS 


Ada kisah naas dibulan November 2018. Kota tempat tinggal saya, mati listrik selama 4 hari berturut-turut.

Karena tak ada listrik. Kolam ikan saya jadi kotor dan ikan-ikan banyak mati akibat pompa & oksigen mati.

TRANSMART MINI STUDIO BANJARMASIN

Tiap bulan biasanya saya melakukan perjalanan jauh berkilo-kilometer. Senang banget kemaren karena singgah di kota Banjarmasin, Memutuskan bermain di TransMart Studio di dekat Duta Mall. 

MENGGANTI TEMPLATE LAGI KE AWAL

Beberapa bulan yg lalu, saya membeli template premium milik kang sugeng. Hasilnya traffic malah turun. Setelah saya cek dan ricek. Template tersebut memang banyak kekurangannya juga, seperti ada kode-kode HTML yg tak penting masih dipertahankan. Mungkin kang sugeng lupa menghapusnya. Lalu struktur kode-nya juga ngga lengkap.

Sejujurnya, template kang sugeng sangat hebat dan powerful dari sisi kecepatan (speed). Alasan saya membelinya waktu itu untuk menghadapi perkembangan AMP.

Akhirnya saya putuskan aja kembali ke template lawas yg pernah saya gunakan. Tapi template ini juga punya banyak kekurangan.

Sejak Google memberlakukan proyek AMP (Accelerated Mobile Pages). Traffic blog sederhana afrid fransisco turun drastis dari semula bisa menghasilkan 700.000 pages view perbulan kini hanya menjadi 20.000-30.000 page view perbulan.

Hingga detik ini, saya tak tahu bagaimana cara memecahkan masalah AMP. Satu-satu cara yaitu pindah ke Wordpress.

Tapi anehnya, Blogger kan punya Google. Tapi kok dianaktirikan ya.

Memang bisa blogger diubah menjadi AMP. Tapi kalau punya ribuan postingan masalahnya menjadi rumit karena harus diedit satu per satu.

Pengguna platform blogger sepertinya harus bersabar sampai google merilis pembaharuan untuk dukungan layanan AMP.

Hasil panen ‘Urban Farming’ saya bulan Nopember 2018 adalah :

1]. 5 kg ikan bawal

2]. Kumis kucing

3]. Sayuran singkah potok

4]. Sayuran batang pisang

5]. 2 ember pupuk cairan kotoran ikan







BELAJAR KECEPATAN MENGERJAKAN PEKERJAAN

Bulan Nopember 2018. Saya ada belajar tentang kecepatan. Memang orang cepat tak selalu menjadi pemenang. Tapi dilain sisi, cepat lebih baik daripada lambat.

Bayangin aja bekerja 7-10 jam sehari. Tapi hasil gaji-nya minim.

Bandingkan dengan orang yg bekerja 2 jam tapi gajinya melebihi orang yg kerja 7 jam.

Berarti ada sesuatu yang salah dalam manajemen waktu untuk menjadikan hasil pekerjaan yg ekselen.

Pelajaran ini saya dapat dari bapak Yodhia Antariksa. Youtubenya bisa teman-teman tonton dibawah ini ya. Kedepannya saya pengen belajar lebih banyak tentang kecepatan untuk meningkatkan gaji bisnis online saya, sesembari mengurangi waktu bekerja menjadi lebih efesien.

Youtube : Belajar menciptakan pekerjaan yg ekselen bukan rutinitas semata

Artikel Lainnya :

INCOME NOPEMBER 2018 :

Google Adsense : Rp 82.511

Investasi Trading Cryptocurrency : Rp 37.809

Total : Rp 120.320

Terima kasih Tuhan Yesus untuk berkat-nya

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU