Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Memperkenalkan Pesawat Sensor AWACS Sekaligus Pembom Kapal Selam (2015)

Umumnya, kita mengenal Pesawat Pembom dan AWACS. Selalu Terpisah Menjadi 2 Bagian. Namun Pada Tanggal 9 Februari 2015. Negara Yahudi Israel Memperkenalkan Sebuah Pesawat yg Mampu Melaksanakan 2 Fungsi Tersebut menjadi 1.

Sebenarnya ya, ngga ada yg Special ama Pesawat Tempur ini. Dia sebenarnya adalah Sebuah Jet Bisnis untuk Penumpang Komersial. Yaitu Jet Global Express 5000 yang Berasal dari Negara Kanada. Namun entah mengapa, Negara Yahudi ini mengutak-atiknya menjadi Mesin Tempur untuk Peperangan Maritim dan Patroli.


Pertama Kali di Dunia :
Avishai Izhakian dari Divisi Radar IAI ELTA Israel. Mengatakan bahwa ini adalah Pertama Kali di dunia, Sebuah Jet Penumpang untuk Komersial Bisnis. Bisa Berubah menjadi Pesawat Radar Pendeteksi Sekaligus Penyerang Kapal Selam dan Pembomber udara.

Kami sangat senang, GLOBAL 5000 dari Kanada adalah Pilihan yg Paling Tepat bagi kami untuk bisa memasang Aperture Radar Synthetic, Radar Sinyal Intelijen (SIGINT), ELI-3360 MPA, Electro Optic EO, Teknologi ELM-2022ES, Electronic dipindai Array (AESA), dll

Sekaligus di Sayap bisa di Pasang Rudal. Dan dibagian Eksternal di dalam Tubuhnya bisa memuat banyak Rudal dari Berbagai Jenis. Mirip Seperti Penyimpanan Senjata F-22 Raptor, Namun Menampung Banyak Sekali Rudal. Bisa untuk Anti-Kapal, Anti-Pesawat, Anti-Rudal, Torpedo, Rudal Harpoon, dll. Hal ini bisa di mungkinkan karena Kabin yg begitu Luas hingga 30 Meter.
Kabin Versi Sipil
Kabin yg Seluas Tersebut. Bisa juga di gunakan sebagai Tempat bagi 6 Operator Komando dan Kontrol Komunikasi dan Pengawas Komputer System Radar. Di Tambah dengan 1 Pilot dan 1 Kopilot. 

Menghemat Keuangan Israel :

Izhakian mengatakan : Teknologi Radar Sensor yg Semakin Canggih dan Rudal yg Semakin Kecil tapi makin Canggih. Memungkinkan Konsep yg digadang-gadang 30 Tahun ini Telah Tercapai hanya menggunakan 1 Platform Pesawat saja.

Ini Hemat Biaya. Celetusnya.

Mampu Mengkontrol Robot Drone :
Dengan Sensor yg Canggih. Israel juga mengklaim bisa membimbing Robot Drone di Garis Depan menggunakan Jet ini. Hal ini dimungkinkan Karena juga Terpadu dengan Suite Komunikasi Radio, Broadband Satcom dan Data Link yg memungkinkan System ELI-3360 untuk Beroperasi pada Arsitektur Jaringan Centric untuk mengendalikan Robot Drone Tak Berawak.

Perlindungan Diri Maksimal :

Jet Komersial GLOBAL 5000 Buatan Kanada yg dibeli oleh Israel ini. Sepintas hanya memiliki Kecepatan Jelajah 950 Km saja. Namun unggul dalam Jarak Tempuh yg Jauh hingga 11.390 Km Sekali Terbang Tanpa Isi Bahan Bakar Ulang.

Israel mengklaim, Jet ini juga Telah di Upgrate dengan dilindungi oleh Sensor EW Electronic Warfare (Persenjataan Medan Peperangan Electronik) buatan Israel, Serta dilengkapi Perlindungan Diri Suite dan Rudal Pertahanan Anti-Rudal dan Python5 Anti-Pesawat buatan Israel.

Baca Juga :


Penyelamatan :

Selain digunakan untuk Peperangan. Ia juga diklaim digunakan untuk Penyelamatan SAR bagi Warga Sipil Yahudi yg Tenggelam. Dengan Menjatuhkan Balon Balon Pelampung Penyelamatan. GBU