Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Perbedaan Cloud Computing VS Hosting (2015)

Udah Lama, Pengen Berbagi Artikel Cloud Computing”. Sebenarnya udah Tahun 2013 yg Lalu Saya Mengenal Tentang Teknologi Komputasi ini. Waktu itu, Teman saya, mas Tri ngajak saya. Untuk Mengikuti Seminar Cloud Computing di Lantai 3 di Kampus saya.

Seingat saya, pembawa acaranya adalah Pakar IT dari Jakarta. Tapi Lupa saya siapa namanya. Tapi saya ngga ngikut Seminarnya sih, soalnya bayar Rp 25.000 sih. He he.., Terus kata Teman-Teman saya, Kalau ngikut Seminar Tersebut. nanti dikasih Sertifikat. Sertifikat adalah Syarat untuk Lulus Kuliah.


Alhasil, Saya Tetap ngga ngikuti Acara Seminar Cloud Tersebut. Tapi Selang Beberapa Tahun kemudian. Saya Ternyata Mampu Memahami Tentang Kecanggihan Teknologi ini. dan kayaknya Penting banget ya buat dibagikan ke seluruh Indonesia. Karena Teknologi Terbaru ini Canggih Sekali.

Pertanyaan Keren : Perbedaan Cloud Computing dan Hosting
Mungkin ini Pertanyaan yg Cukup Keren banget saat ini ya. Apa sih Perbedaan Cloud Computing dan Hosting.

Jawab : Cloud Computing dan Hosting adalah “SAMA”

Untuk Mendetailnya, Mari Kita Bedah dulu, Apa ya Pengertian dari “HOSTING”

HOSTING adalah

Hosting adalah Tempat Bagi Anda untuk Menaruh Script atau File-File Website. Umumnya Hosting di Bagi Menjadi 3 Bagian yaitu : SharedHosting, VPS (Virtual Private Server), dan DedicatedHosting.

Tempat Pembeli Terkenal biasanya ada di Bluehost, Hostgator, DapurHosting.com, Idhostinger.com, Rumahweb.com, dll

CLOUD COMPUTING adalah
CLOUD COMPUTING adalah Tempat untuk Anda Menaruh File juga. Bisa Berupa File, Script, Foto, Video, Ebook, Dokument, MP3, Rekaman, dan Semua Apapun juga yg Berbentuk Digital. Semua Bisa di Simpan di Cloud Computing. 


Tempat Pembeli Terkenal biasanya ada di DROPBOX, ICLOUD, AMAZON WEBSERVICES, ONEDRIVE, BOX, AZURE, SOFTLAYER, BIZNETCLOUD, TELKOMCLOUD dan yg Paling Terkenal adalah GOOGLE DRIVE.

Google Drive Memperbolehkan Anda Menyimpan secara Gratis hingga 15 GB. Namun jika File Anda Melewati 15 GB. Anda kudu mesti membayar. Istilah Kerennya nih. Coba Dulu baru Bayar. He he..

Nah Hebatnya, Penyimpanan di Google. Terhubung ke Google, Blogger, Gmail. Dan yg Kerennya Lagi. Jika Anda Menyimpan Dokument, Spreadsheet atau Slide di Penyimpan Google ngga bakalan dihitung, Termasuk juga Gambar dan File yg Anda simpan di Blogger atau Album Foto di Google+ sebanyak apapun juga. Ngga bakalan dihitung. Namun apabila Gambar atau Foto yg kita simpan di Google+. Berukuran diatas 2048x2048. Maka dihitung dan dikenai Biaya.

Bagaimana Menyimpan File Wordpress di Google Drive


Bagi Anda Pengguna Wordpress. Di Google Drive juga bisa untuk menyimpan File yg berupa HTML, JS dan CSS dan nanti diarahkan ke www.googledrive.com/host/...

Bagi Anda Pengguna Blogger. Ngga usah Kuatir ya. Blogger udah otomatis Tersimpan di Google Drive. Namun bagi Pengguna Platform Lain. Anda kudu mesti membuat Folder dan Mengaktifkan PUBLIC ON THE WEB


Untuk saat ini menyimpan File PHP belum bisa. Tapi di Cloud-Computing Lain bisa Sekali. Contohnya di Amazon Web Services. Yang Memiliki Kemampuan EC2. (Elastic Compute Cloud) Sehingga bisa digunakan untuk Perusahaan Pengembang Aplikasi, Game, Startup, Route 53 (Layanan Penyimpanan DNS Domain Name Server), SNS (Simple Notification Service), Bahkan juga bisa menyimpan MySQL, Oracle, SQL Server, dll.


Google juga memiliki kemampuan seperti diatas. Tapi Berada di Https://Cloud.Google.Com

Baca Juga :

Kesimpulan

Cloud Computing dan Hosting adalah Sama. Namun, Cloud Memiliki Keunggulan di Atas Rata-Rata. GBU