Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memahami Perbedaan Yahudi Israel dan Yahudi Ortodoks (2015)

Di Blog ini. Saya udah Membahas Tentang Perang Kristen Protestan vs Kristen Katholik. Juga Kemaren saya sempat membahas tentang Perbedaan Pertikaian antara Islam Sunni, Islam Syiah dan Islam ISIS.

Nah, Kali ini Giliran Israel nih. Mayoritas Rata-Rata Tentara Israel adalah Beragama Yahudi. Yahudi adalah Agama satu-satunya yg dianut oleh sebuah Negara Israel di Timur Tengah. Nah, Ternyata nih ya. Agama Yahudi juga Terbagi menjadi Beberapa Bagian. Namun umumnya Terbesar ada 2 macam. Yaitu Yahudi Israel dan Yahudi Ortodoks. Apa Perbedaan dari Kedua Agama ini. Yuk mari kita bahas.

Yahudi.jpg (584×446)

Tentang Tentara Yahudi Israel
Yahudi Israel adalah Suatu Agama Kepercayaan orang-orang dari suku Yahudi. Mereka Percaya, Tuhan yang Maha Esa, Pencipta Dunia ini telah menyelamatkan Bangsa Israel untuk keluar dari Tanah Mesir.

Mereka Percaya. Di kala itu, Tuhan membuat suatu Perjanjian dengan Abraham. Bahwa kelak cucu-cicitnya yang saat ini disebut Israel. akan diberikan Rahmat oleh Tuhan apabila Israel selalu dan terus berdoa & beriman kepada Tuhan dan ngga menyembah berhala dan mengikuti Tuhan yg lainnya. Israel juga diberikan Anugerah berupa 10 Perintah Hukum Taurat.



Yahudi-Israel percaya. Tuhan telah mempercayakan dan membuat Perjanjian bahwa Israel adalah Bangsa Pilihan Tuhan. Tuhan akan menjaga Israel dan Tuhan akan senangtiasa melindungi Israel. asal, umat Israel terus Setia kepada Tuhan ngga berpaling kepada tuhan yg lain. atau ngga menyembah Patung Berhala dan Sihir.

membaca+kitab+taurat.jpg (598×399)


Tentara Israel yg Beragama Yahudi-Israel, Umumnya Ngga Makan Daging Babi. Tempat Ibadah mereka disebut Bait Suci (Sinagoga) dengan Pemimpin Agama yg disebut RABI. Kalau tempat kita di Indonesia disebut Ustad atau Pendeta.

Nah Kitab suci utama mereka adalah TAURAT. Atau dalam bahasa Ibrani disebut TANAKH. Nah, kitab ini Terdiri dari Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yosua, Hakim-Hakim, Samuel I,II, Raja-Raja I & II, Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi, Mazmur, Amsal, Ayub, Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkhotbah, Ester, Daniel, Ezra, Nehemia, dan Tawarikh I & II.

Yahudi Israel Bisa Juga di Sebut ZIONIST

Baca juga

Tentang Yahudi Ortodoks

Umumnya, memiliki Ciri Ciri Khas memiliki Rambut dan Jengot yg Panjang dan juga suka memakai Pakaian Jas Hitam. Yahudi Ortodoks adalah Golongan Yahudi dari Suku Super Kuno milik Israel yg masih memegang tradisi dari zaman Musa hingga Zaman Yesus Kristus.

Jumlah Yahudi Ortodoks saat ini udah mulai Berkurang. Di Lansir dari Wikipedia.com : 4.200.000 Jiwa dari mereka meninggal tewas oleh serangan NAZI JERMAN. (Holocaust).

Namun, walaupun gitu, Yahudi Ortodoks tetap masih ada hingga saat ini di Israel. Jumlah mereka sekitar 25% di Israel. dan seperti yg anda ketahui. Yahudi Ortodoks masih memegang Tradisi, Adat Istiadat dan Budaya Kuno mereka masih di Pertahankan hingga sekarang. Ada juga golongan yg sama seperti golongan ini. Yaitu Golongan Yahudi Haredi. Yang juga sama sama kuno. Mereka dibebaskan untuk wajib Militer.

Yahudi Ortodoks memiliki Kitab Suci yaitu TAURAT. Namun mereka juga memegang kitab berupa TALMUD. Talmut adalah kitab para Rabi atau Ahli-ahli Agama Yahudi yg berkomentar tentang isi dari Kitab Taurat. Kitab TALMUD juga berceritakan tentang unsur unsur mistik, goib, undang-undang, hukum dan hal Peraturan-Peraturan Kuno lainnya yg ditetapkan oleh Rabbi. TALMUD diciptakan setelah TAURAT. Dan TALMUD sudah ada sebelum Kelahiran Yesus Kristus. 

Kitab TALMUD melarang mereka untuk dekat dengan Televisi, Internet, Film, dll. Mereka juga harus di pisah antara Pria dan Wanita. Biasanya, Kaum ini sangat Loyal dan Fanatik pada Agamanya. 






Kaum Ortodoks memegang TAURAT sebagai Kitab Utama Sesuai Petunjuk yg telah di Sahkan oleh Kitab TALMUD. Tetapi mereka juga tetap memegang Talmud yang dianggap sebagai Penjelasan Rabbi Terpercaya yg harus kudu diikuti dari sumber ahli-ahli dan Pakar Pakar Agama Yahudi Ortodoks dalam mengomentari dan mentafsirkan isi KITAB TAURAT. 

Kaum-Ortodoks percaya, Pemimpin Agama Rabbi adalah suatu Pemimpin Spritual. Jika melanggar Rabbi maka di hukum. Tapi, 10 Perintah Hukum Taurat juga masih menjadi yg utama.  

Foto : Rabbi
Yg Boleh Beragama Yahudi-Ortodoks. Hanyalah orang-orang yg berasal dari Keturunan dan Berdarah Yahudi. Jika Anda bukan dari Suku dan Darah Yahudi tapi pengen memeluk Yahudi-Ortodoks. Anda ngga bakalan dianggap oleh mereka karena bukan dari Keturunan darah mereka. 

Yahudi Ortodoks menentang Pembentukan Negara Israel di Palestina oleh Yahudi Israel Modern (Zionist). Karena di anggap Sesat dan menentang Ketidaktaatan dan melanggar Taurat. 

Yahudi Ortodoks Percaya Yudaisme adalah Agama Perdamaian. Yahudi Ortodoks ingin Hidup di Bawah Pemerintahan Arab Palestina dan akan Setia Damai Terhadap Negara Palestina.

Yahudi Ortodoks disebut juga "YUDAISME".

Semoga bermanfaat ya. GBU