Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

G/ator, Radar Darat Generasi Tercanggih Amerika Serikat Untuk Semua Misi (2016)

Amerika Serikat Kembali Melakukan Upgrate Pada Perangkat Sistem Radar Darat Mereka Melalui Perusahaan Teknologi Militer Norhtop Grumman. Alat Alustista Tersebut Bernama TPS-80 Ground Air Oriented Radar atau kita singkat G/ATOR.

G/ATOR adalah Teknologi Radar Serba Bisa Untuk Segala Misi. Mendeteksi Segala Sesuatu dan Ancaman Tantangan yg Semakin Kompleks dari Serpihan-Serpihan Serangan Berukuran Kecil. Seperti Drone Tanpa Awak yg Berukuran Kecil, Peluru Artileri, Mortir, Rudal Genggam, Bahkan Hingga Pesawat Tempur, Helikopter, dan Rudal Jelajah.


Radar Lebih Kecil, Fleksibel dan Hemat Baterei
Perusahaan Militer Amerika Serikat ‘Norhtop Grumman’. Mengklaim, Alat Radar ini Nantinya menjadi Pengganti dari Warisan Radar-Radar Darat Amerika Serikat yg Terdahulu.

G/ATOR diyakini mampu menghemat Keuangan Pajak Amerika Serikat. Karena Alustista ini Berukuran Lebih Kecil dari Pendahulunya. Tetapi Memiliki Kemampuan dan Kecanggihan yg Handal.

Hal ini dikarenakan G/ATOR menggunakan Sistem Pendingin yg Lebih Ringan dibandingkan Radar AESA Terdahulu yg menggunakan Cairan Pendingin Sehingga Terkesan Besar dan Boros Konsumsi Baterei Energi.

G/ATOR Berbeda. Ia Lebih Ringan, Ia bahkan Bisa Melakukan Active Pindai Elektronik Radar Array dalam 1 Sistem Tunggal dengan Konsumsi Energi yg Lebih Hemat. Sehingga Selain mampu mendeteksi objek-objek berukuran kecil dan melakukan Perlindungan Pengawasan Short Range Air Defense (SHORAD). Ia juga bisa melakukan Pengawasan Komunikasi Lalu Lintas Udara (Air Traffic Control) atau ATC.

Di Bawa dalam 3 Unit Konfigurasi


G/ATOR mampu di Bawa Oleh Truck atau Mobil Berjenis Humvee atau Mobil Perang Lainnya. 3 Konfigurasi Tersebut Bernama CEG, REG dan PEG. CEG adalah Sebutan untuk Mobil yg Membawa Alat Peralatan Komunikasi, REG adalah Sebutan untuk Pembawa Radar G/ATOR dan PEG adalah Truck yg Membawa Bahan Bakar, Listrik, Generator dan Baterei.

PENGEMBANGAN :
G/ATOR Telah di Kembangkan dan Di Bikin Melalui Riset dan Penelitian yg Panjang. Di Mulai Pada September 2005 atas Permintaan Pesanan Pemerintahan Amerika Serikat, Bahkan Hingga Saat Artikel ini saya Tulis Bagi Anda. Alat G/ATOR masih berada di Laboratorium untuk dilakukan Berbagai Macam Tes Lainnya dari Ilmuwan-Ilmuwan Negeri Barrack Obama Tersebut.

Alat ini Baru Bisa di Gunakan Pada Tahun 2017 nanti. Jadi, Masih Bentuk Prototipe. Tetapi Alat Radar ini Sudah ada Lahir di Dunia. Dan Telah di Ujicoba oleh Militer Amerika Serikat selama Beberapa Kali. Hasilnya, Pemerintah AS Tertarik untuk membeli Alat ini Pada Tahun 2017 nanti.

Perpanjangan Sensor untuk Basis Armada Laut
Walaupun masih Tahap Pengembangan. G/ATOR di Klaim memiliki Kemampuan Warfighting yang bisa berperan dalam segala Misi. Untuk Perpanjangan Sensor Radar Armada Laut untuk mengaktifkan dan melakukan Pertahanan asset-aset militer di darat atau mengaktifkan Serangan Terhadap Sasaran-Sasaran Darat di Wilayah Musuh.

Ash Carter. Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengatakan : Kita sudah jauh lebih cerdas dalam hal Teknologi Elektronik Digital dan Kemampuan Frekuensi Radio Aktif

Alustista G/ATOR ini nanti akan menggantikan 5 Sistem Warisan Radar Amerika Serikat Pada Tahun 2017 nanti. 5 Sistem dalam 1 Solusi G/ATOR. Menghemat Uang dan Menghindari Biaya yg Mencapai $ Jutaan Per Unit. Sahut Ash Carter. Pada Tanggal 19 Februari 2016. Pada Saat Upacara Pengenalan G/ATOR. Pengujian Alustista masih dilakukan. DI Harapkan Tahun 2016 akan di Tambah Kemampuan Modus GWLR dan suatu saat akan dipasang Kecerdasan Buatan Algoritma Komputer AI.

Sayangnya, Mungkin Karena masih Tahap Pengembangan. Belum ada Informasi detail sampai jarak berapa kemampuan G/ATOR mampu mengendus. Namun, Secara Umum. Ini Lah Gambaran Karakteristik Utama dari G/ATOR



- Radar Bisa di Angkut oleh CH-53E Super Stallion, MV-22B Osprey dan C-130

- Serbaguna untuk Tracking dan Surveillance Radar

- Radar 3D S-Band (2-4 GHZ)

- Mendeteksi Rudal Jelajah, UAV, Artileri, Roket, Pesawat, Helikopter, dll

- Mendeteksi Keberadaan Tembakan Lawan

- Mobilitas Tinggi, Lebih Ringan, Lebih kecil Tetapi Lebih Handal Seperti Radar Ukuran Besar

- Untuk Mempersiapkannya Hanya Membutuhkan Waktu 45 Menit.

- Kemampuan Identifikasi Lawan dan Kawan.

Artikel Lainnya :

Video Trailer

Semoga Bermanfaat. GBU