Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Senjata Rudal dan Roket Serang Permukaan Israel (2017)

1#. SPIKE
Spike adalah Senjata Rudal fire and forget dengan di Kunci Terlebih Dahulu Sebelum Peluncuran. Sistem Bimbingan Electro Optical, CCD, IRI Seeker, dll dapat mengendalikan diri sendiri secara otomatis. Namun Beberapa Rudal Spike ada juga yg menggunakan metode bimbingan oleh operator Tentara untuk menembak Sasaran Target.


Spike dapat di Luncurkan dari mana saja. Tentara, Helikopter, Drone, Pesawat tempur, Truck, Kapal boat, dll

Spike Telah Terjual Laris ke Berbagai Negara Seperti Jerman, ferancis, United Kingdom, Portugal, Korea Selatan, Italia, Turki, Belanda, Singapura, India, Spanyol, dll. 

Negara Jerman melalui Perusahaan Rheinmetall diketahui Telah membeli Lisensi Teknologi Spike dari Israel untuk membuat Rudal Serupa dengan Nama yg Berbeda versi ala Jerman.

Jarak Tembak : 1,5 Km – 8 Km

Status : Aktif

Buatan : Israel

2#. LAHAT
LAHAT adalah Rudal yg di Tembakkan oleh Tank Merkava dari Moncong Meriam 120 mm. Lahat memiliki Semi aktif Bimbingan Laser System yang Langsung atau Tak Langsung.

Lahat diciptakan dengan tujuan utama untuk melumpuhkan Tank yg memiliki Baju Besi Berjenis RHA Rolled Homogeneous Armor atau Baju Besi dengan add-on Baja reaktif Armor.   

Jarak Tembak : 1 Km - 13 Km

Status : Aktif

Buatan : Israel

3#. SPIKE NLOS
SPIKE NLOS sama Seperti Pada Pembahasan Spike diatas ya Pada Poin Nomor #1. Bedanya ukuran dan beratnya lebih besar hingga 70 Kg sehingga hanya dapat di bawa oleh Tank, Kendaraan Lapis Baja, Mobil Perang, Kapal, Helikopter, dan Pesawat tempur.

Spike NLOS memiliki EO-IR / CCD Seeker dengan Laser Semi Active (SAL). Rudal ini memiliki daya hulu ledak tinggi.


 

Spike NLOS dapat pula di Tembakkan oleh Tank Israel Melalui Hidrolik Drop Down. Rudal Tersimpan dan Tersembunyi di dalam Lapis Baja yg Terlindungi. Dalam Kondisi Bertempur. Sistem Hidrolik akan mengangkat Rudal menuju ke atas untuk menembakkan rudal. 

Jarak Tembak : 25 km

Status : Aktif

Buatan : Israel

4#. ROCKET ROMACH

Romach masuk dalam Kategori Roket. (Bukan Rudal).

Pada Tahun 2017. Romach merupakan Andalan Pemerintah Israel dan Sedang di Produksi Massal dalam Jumlah Besar untuk menggantikan Beberapa Sistem 155 mm Batalyon Artileri Israel (M-109 Howitzer Paladin Amerika Serikat).

Platform Peluncurnya menggunakan Kendaraan Tank M270 MLRS milik Amerika Serikat yg dimodifikasi sedikit oleh Israel untuk Romach.

Romach dinilai oleh Pemerintah Israel Sebagai Senjata Roket Murah untuk Mengatisipasi Ancaman Darat Seperti Pergerakan Konvoi Tentara atau Kendaraan. Romach dinilai ampuh karena walaupun berjenis senjata Roket.

Romach di tembakan dari atas dan saat jatuh ke bawah sistem kemudi dikendalikan dari jarak jauh untuk mengenai target yg ada di bawah dengan Gaya Terjun Gravitasi. Romach sama sekali ngga dilengkapi System Rudal Tetapi Kemampuannya mengenai Sasaran bisa sama seperti Rudal.

Romach dapat menghancurkan Rumah berlantai 2 dengan kerusakan minimal di sekitarnya untuk mencegah korban sipil.  

Jarak Tembak : 35 Km

Status : Aktif

Buatan : Israel

5#. NIMROD

Nimrod adalah Rudal Semi Aktif Bimbingan System Laser, Mampu Beroperasi pada siang dan malam hari.

Teknik Penerbangan Nimrod Terbang di bawah menutupi lapisan awan, sementara Tentara Israel memandu dari arah belakang. Rudal ini biasanya disematkan oleh Tentara IDF Israel Pada Pesawat tempur, Helikopter dan Pesawat Drone. 

Jarak Tembak : 36 Km

Status : Aktif

Buatan : Israel

6#. JUMPER
Jarak Tembak : 50 Km

Status : Tak di Produksi Massal

Buatan : Israel

Jumper adalah Rudal Mandiri Otomatis diluncurkan secara vertical. Jumper ngga membutuhkan Platfrom Khusus Jenis Apapun. Cukup menggunakan Bilah Kotak Persegi empat saja. Bilah Kotak ini dapat dipindahkan menggunakan Truck.

Berat Rudal Sebesar 63 Kg. Ketika JUMPER menerima Perintah untuk menembak Posisi Target. Apabila Data Telah di Terima oleh JUMPER. Jumper dapat menembak ke Permukaan darat hingga sejauh 50 Km.

Jumper sama sekali ngga membutuhkan manusia untuk mengendalikannya. Sistem Bimbingan menggunakan Inertial Navigation System via Komputer dan Sensors berdasarkan Perintah Lock awal.

7#. ROCKET EXTRA
Extra adalah Roket yang dapat menembak sejauh 150 Km dalam kondisi cuaca buruk. Tingkat kesalahan tembak (CEP) Sebesar 10 meter. Extra menggunakan Solid Propellant Motor.

Pemerintah Israel diketahui menolak untuk memproduksi massal senjata ini.

Jarak Tembak : 150 Km

Status : Tak di Produksi Massal

Buatan : Israel

8#. GABRIEL
Gabriel adalah Rudal yg digunakan untuk menghancurkan Kapal Perang menggunakan Teknik Sea Skimming. Artinya Gabriel dapat Terbang dengan Tenaga Mesin Turbojet tepat di atas permukaan air sehingga menyulitkan Radar untuk mendeteksi.

Saat ini, Gabriel masih Aktif di Gunakan apa yg Telah di Produksi Sebelumnya. Tetapi Pemerintah Israel di Ketahui Telah berhenti memproduksi Gabriel. Namun di Laporkan sedang mengembangkan Senjata Penghancur Kapal Generasi ke 5. Tetapi informasi Tersebut belum jelas di Konfirmasi.

Jarak Tembak : 200 Km

Status : Tak di Produksi Massal

Buatan : Israel

9#. DELILAH

Delilah dapat di tembakan melalui Darat atau Pesawat Tempur. Pada Tahun 2006, Delilah Pernah di tembakan dalam pertempuran di Lebanon melawan Hizzbulah.

Delilah mampu menembak sejauh 250 Km menggunakan Kecerdasan Real Time Visual. Di Lengkapi juga dengan Data Link untuk intervensi keberhasilan Tembakkan. Pada Tahun 2017, Israel jarang menggunakan senjata ini dan lebih memilih versi Spike atau Nimrod karena lebih murah.  

Jarak Tembak : 250 Km

Status : Tak di Produksi Massal

Buatan : Israel

10#. LORA
Senjata LORA di Tolak oleh Pemerintah Israel untuk di Produksi Massal. LORA merupakan singkatan dari LONG RANGE ATTACK. Daya Tembak Lora dapat menjangkau sejauh 300 Km dengan Tingkat Kesalahan 10 meter. Ia menggunakan Bimbingan TV dan GPS.

Jarak Tembak : 300 Km

Status : Tak di Produksi Massal

Buatan : Israel

11#. POPEYE TURBO SLCM
Popeye Turbo SLCM adalah Rudal Jelajah yg dikembangkan untuk di Tembakkan melalui Tabung 650 mm Kapal Selam Kelas Dolphin.

Israel merahasiakan detail Teknologi ini. Tetapi Pemerintahan AS melalui Angkatan Laut AS pernah mendeteksi keberadaan Popeye Turbo SLCM pada Tahun 2002 Ketika Israel menembakkannya di Samudera Hindia.

Jarak Tembak : 1.500 Km

Status : Belum di Ketahui

Buatan : Israel

12#. JERICHO  

Jericho adalah Rudal Bersenjatakan Nuklir ICBM yg mampu membawa Payload 750 Kg – 1.000 Kg Hulu Ledak Nuklir Tunggal atau dua atau tiga MIRV Hulu Ledak. Israel ngga Pernah Memberikan Data Spesifikasi Detail mengenai Jericho. Karena di Rahasiakan oleh Pemerintah Israel.

Menurut Penelitian dari Missilethreat.com dan Congressional Research Service.

Di Perkirakan, Israel mengubur dalam-dalam rudal ini di dalam bawah tanah. Memastikan bahwa Rudal ini Aman dari Ledakan Nuklir. Sehingga dalam Kondisi Terburuk. Jericho dapat diluncurkan. 

Di Perkirakan Jarak Tembak Jericho Berkisar antara 5.000 Km atau  6.500 Km atau 11.500 Km.

Peneliti Nuklir dari Victor Gilinsky The Bulletin Of Atomic Scientist  menyebutkan Kesalahan Konyol dari Pemerintah Jerman yg pernah memberikan Kapal Selam Dophin kepada Israel. Jerman tak tahu apa-apa tentang Nuklir Israel itu Konyol. Celetusnya.

Israel diyakini mampu merombak Kapal Selam biasa menjadi Kapal Selam Berbasis Serangan Rudal Nuklir ala Jericho. Sehingga, hampir semua Negara yang ada di Bumi ini bisa di Pastikan masuk dalam Jangkauan target Rudal Jericho.

Jericho memiliki arti yg Terambil dari Kitab Taurat Yahudi. Tentang Sebuah Kota yg Hancur Menjadi Debu Karena Amukan TUHAN YAHWEH.

Jarak Tembak : 5.000 Km - 11.500 Km

Status : Di Rahasiakan

Hulu Ledak : NUKLIR

Buatan : Israel

Artikel Lainnya :

Youtube : Israel Missile

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU