Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Ex Machina : Robot AI yang memiliki Kesadaran meloloskan diri dari Karantina

Foto : Wallpaper Ex Machina
Caleb Smith. Umur 26 Tahun adalah Karyawan Programmer Kode Komputer AI Artificial Intelligence yang Handal di sebuah Perusahaan Search Engine yg menguasai 94% Pasar di Dunia Internasional.

Suatu Ketika, Caleb mendapatkan Hadiah untuk mengunjungi Sang Pendiri Perusahaan di sebuah Tempat Mewah, Terpencil dan Terisolasi di Tempat yg Jauh.

Caleb menandatangai Perjanjiaan Tes Turing
Lokasi Keberadaan Pendiri Perusahaan Tersebut Berada di Luas Wilayah yg Sangat Besar, Bersalju dan dikelilingi oleh Taman Hutan yg dialiri Sungai Air jernih.

Beberapa Tempat Tinggalnya Berada menancap ke Bawah Tanah.

Disana, Caleb akhirnya bertemu dengan Nathan.


Nathan adalah Pendiri Perusahaan Search Engine yg Sangat Kaya Raya.

Nathan Tinggal Seorang Diri, Bersama Robot Pelayan Kyoko dan Robot Kecerdasan Buatan Humanoid bernama AVA.

Nathan memberitahukan kepada Caleb. Tentang robot yg sedang dikembangkan memiliki Kesadaran dan mampu berpikir mandiri.

Oleh sebab itu, Kunjungan Caleb selama 1 minggu untuk melakukan Tes Turing dalam Kesepakatan Rahasia Blue Book.

Jika Berhasil. Maka Nathan merupakan Sosok Orang Paling Penting dalam Peristiwa Ilmu Pengetahuan Terbesar Sejarah Manusia dalam Percobaan Ilmiah Mesin Robot Komputer Berkesadaran Manusia.

Nathan Setuju dan Menandatangani Perjanjiaan Kerjasama Tes Turing Tersebut.

Tes Turing adalah Tes yg Mengujicoba sebuah Robot yg Seolah-olah memiliki Perilaku Seperti Manusia. Dan Manusia tak menyadari jika telah berbicara atau berinterasi dengan Robot.

Pertemuan Caleb dan Ava
Foto : Ava
Caleb mulai melakukan Percakapan dengan Robot AVA.

Sesembari Nathan mengawasi melalui Kamera CCTV.

Pada Hari Pertama : Caleb begitu Takjub dengan Robot yg dibuat oleh Nathan.

Pada Hari Kedua. Caleb dan AVA Saling mengenal dan mulai terjalin kedekatan. Pada saat Kejadian Mati Listrik. AVA Berubah dan memberitahukan Kepada Caleb bahwa Nathan adalah Sosok Pria Jahat.


Setelah Percakapan Selesai : Nathan juga sempat memberitahukan Tentang Pusat Riset Hardware Basah di Mana Otak dan Robot-Robot Humanoid sebelumnya di Ciptakan.


Pada Hari ketiga : Caleb Jatuh Cinta Pada AVA. Dan Mulai merasa tak nyaman dengan Nathan yg Kasar Terhadap AVA dan Kyoto. Pada Pandangan Caleb. Nathan Sosok Pribadi yg Suka Mabuk-Mabukan Hingga Pingsan.


Nathan juga Kesal Terhadap Caleb karena merancang Robot menjadi Romantis dan Pandai Merayu. Tetapi Nathan mencoba menjelaskannya bahwa hal ini harus terjadi karena Alamiah.

Pada Hari Keempat : Caleb berencana membawa Kabur AVA dari Karantina. Setelah menyadari ternyata Nathan ingin melakukan upgrate versi Robot menjadi Lebih Baik. Itu Berarti, AVA Harus dimatikan dan diganti dengan Model Teknologi Penyempurnaan Baru.

Ketika Nathan Mabuk. Caleb mencuri Kartu Kunci dan menuju Komputer Tempat Kerja Nathan untuk menganti Protokol Kode Keamanan Pintu. Tanpa disengaja, Caleb menemukan Video Jenis-Jenis Robot-Robot Terdahulu yg Telah di Hancurkan oleh Nathan.  

Takut apakah dirinya merupakan Robot. Caleb melukai Tangannya untuk membuktikan apakah dirinya manusia atau robot.

Hari Terakhir : Membebaskan AVA

Sayangnya, Semua Rencana Caleb Telah diketahui oleh ‘Nathan’.

Nathan kemudian memberitahukan bahwa Tes Turing dinyatakan Berhasil. Dimana AVA menunjjukkan Kecerdasan Sejatinya dengan menggelabui Caleb agar Jatuh Cinta dan mengikuti Perintah untuk membawanya meloloskan diri.

Pada Jam 22.00. Terjadi Pemadaman Listrik seperti yg Telah direncanakan.


AVA Meloloskan diri. Tetapi justru membunuh Nathan dan mengunci Caleb di Karantina.

Dengan Menggunakan Helikopter yg dimaksudkan untuk menjemput Caleb. AVA Tiba di Perkotaan dengan menggunakan Baju dan Wajah yg Mirip Manusia.

Artikel Lainnya :

Youtube : Ex Machina

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU