Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel ASIO : Teknologi Penyedia Sistem Pesawat MPA (Pengawasan Maritim Patrol) dengan paket hemat biaya (2018)

Di Israel terdapat sekitar 200 Perusahaan teknologi persenjataan.

3 diantaranya bergerak di bidang penyedia solusi untuk pengawasan, pengintaian, intelijen dan pengamatan udara, laut & darat. Berpengalaman selama hampir 5 dekade dan telah teruji di medan peperangan. (battle proven)

Izinkan saya membahas salah satu diantaranya ya,

yaitu Teknologi ASIO dari Perusahaan Aero System yg telah berpengalaman 2 dekade menawarkan paket senjata untuk kalangan B2B dan B2C.

Apa keunggulannya, mari kita simak informasinya di bawah ini

TENTANG ASIO

Pengawasan laut, darat dan udara merupakan sesuatu yg sangat rumit. Terkhusus pada ranah di bidang kelautan atau maritim bukanlah perkara mudah ditengah-tengah hamparan lautan yg begitu membentang luas.

Belum lagi ditambah dengan tantangan kapal selam yg terkenal sangat sulit untuk dideteksi karena mampu bersembunyi dibalik air laut dalam.

Pengawasan maritim seperti melindungi ZEE dari penangkapan pencuri ikan illegal, perompak kapal dagang, penyeludupan, pelanggaran kedaulatan, dan aktivitas terror lainnya membutuhkan teknologi yg mumpuni agar dapat mencakup kesadaran di area yg luas.  

Sayangnya pesawat MPA berharga mahal.

Tak semua negara mampu membeli dalam jumlah besar. Padahal kebutuhan terhadap produk ini begitu diminati mengingat zona ekonomi ekslusif tak lepas dari kemakmuran sebuah bangsa.

Disinilah ASIO hadir memenuhi keinginan klien internasional agar dapat memiliki pesawat maritime patrol dan pengawasan darat yg handal tetapi dengan harga yg lebih murah.

Di Israel, Pengawasan laut telah menggunakan pesawat drone ‘Heron1’ yg mampu menjatuhkan sonobuoy sebagai anti-kapal selam.

Tak semua klien internasional memiliki drone. Kebanyakan memiliki pesawat ‘Cessna’.

Foto : Pesawat Cessna milik pemerintah Meksiko yg diinstal teknologi dari Israel untuk mendeteksi kapal-kapal narkoba
Cessna adalah pesawat penumpang yg telah diproduksi sejak 1927 di Amerika Serikat oleh perusahaan Cessna a textron company.

Hampir kebanyakan negara-negara di dunia ini memiliki pesawat Cessna.

Mengapa tak mengubah pesawat Cessna yg murah tersebut menjadi pesawat militer berkelas.

Teknologi ASIO dari perusahaan Israel bird Aerosystem mampu menyulapnya.

Sehingga biaya menjadi lebih murah dan menguntungkan.

PRODUK-PRODUK ASIO

BIRD Aerosystem memiliki headline :
Tidak peduli apa misi ISR anda. ASIO siap melaksanakan tugasnya untuk Anda.

Berikut merupakan produk-produk yg ASIO tawarkan dimana menyulap pesawat biasa atau pesawat Cessna menjadi seperti pesawat militer.


1]. Kamera Elektro Optik dan Infrared

Berkemampuan resolusi tinggi. Bekerja siang malam hari. Dilengkapi dengan laser range finder dan pointer. Sayangnya tak diungkapkan berapa megapiksel kekuatan kamera tersebut dan seberapa jauh jarak pandangnya.

2]. Data Link dan Satcom
Sarana transfer komunikasi video, gambar, foto dan data untuk dikirim ke GCS (Ground Control System) yang berada di darat berkilo-kilometer jauhnya.

3]. Multi Mode Radar

Sensor & Radar deteksi dan klasifikasi. Mendukung SAR Synthetic Aperture Radars, ISAR, RP, Air-2-Air, MTI, COMINT, dll. Sebagai pendeteksi keberadaan objek yg mencurigakan. Sayangnya tak diungkapkan berapa kemampuan jarak deteksinya. Umumnya, sensor yg kuat mengendus jarak jauh sebanding dengan harganya yg lebih mahal.

4]. AMPS
Airborne missile protection system (AMPS) sejenis perangkat pemberi peringatan bahaya terhadap rudal yg mendekat

5. ELINT
Teknologi deteksi sinyal-sinyal elektronik yg dipancarkan oleh kapal selam, kapal dan lain-lain sebagainya

Artikel Lainnya :

6]. MSIS

MSIS atau mission management system adalah ruang kerja bagi tentara untuk menganalisa informasi yg diambil dari rekaman radar, kamera dan sensor.

Data kemudian dapat dikirim ke GCS (ground control system) yg berada di darat berkilo-kilometer untuk dianalisis oleh banyak tentara yg lainnya.


Untuk mengirimkan data ke GCS dibutuhkan perlindungan cyber dan transfer datalink yg powerful secara real time dalam jumlah pengiriman besar berkualitas resolusi tinggi.

Tak semua negara dapat mengaktifkan fitur tersebut karena berbiaya mahal.

Oleh sebab itu, AERO juga telah menyediakan fitur MSIS yg menyatu dengan kursi penumpang.


Sehingga demi mencapai kesadaran situasional dapat dijalankan di dalam pesawat tanpa perlu mengirimkan ke GCS. Alhasil, biaya menjadi lebih murah.

Untuk membantu tentara yg bertugas menganalisa di dalam pesawat.

AERO telah menyediakan asisten virtual berbentuk algoritma mesin-manusia yg intuitif secara otomatis.

Sehingga kinerja dapat lebih ringan terbantu mengurangi beban kerja kru tentara di pesawat saat mengoperasikan data-data dalam jumlah besar. Algoritma otomatis tersebut hanya bertindak membantu menyelesaikan deteksi dan klasifikasi target yg telah ditentukan oleh program.

Selebihnya, kejelian tentara dilingkungan yg berantakan tetap dibutuhkan.

Produk ASIO dari perusahaan Israel Bird Aero merupakan paket biaya hemat.

Harga untuk menginstal teknologi ini senilai kurang lebih Rp 300.000.000.000 miliar rupiah per unit. 

Belum termasuk biaya pesawat Cessna dari pihak ke 3.

Alamat : https://www.birdaero.com


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU