Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Israel 6TLi lon Epsilor : Teknologi baterei energi listrik untuk pengisi daya Tank Merkava dan Namer dengan penghematan 35% dari generasi sebelumnya. Dilengkapi sistem manajemen digital cerdas otomatis dan ketahanan produk hingga 10 tahun tanpa biaya jasa maintenance ( $ 0 ) ( 2022 )

Tank dan kendaraan tempur lapis baja di abad modern ini membutuhkan banyak daya listrik pada bagian perlengkapan atau peralatan sistem elektronik onboard. 

Listrik pada tank digunakan untuk kebutuhan dalam menyalakan sistem perlindungan aktif, jammer, C3, pendingin AC, layar komputer, monitor, menggerakkan turret, mengaktifkan radar secara terus menerus dan lain lain sebagainya. 

Bahkan listrik tetap dibutuhkan sekalipun tank dalam keadaan diam siaga ( disebut juga silent watch ). 

Konsumsi energi listrik merupakan bagian penting yang tak dapat terpisahkan untuk penggunaan tank dan kendaraan tempur lainnya. 

Jika daya listrik mati. 

Maka mati lampu dong. 

Israel 6TLi lon Epsilor : Teknologi baterei energi listrik untuk pengisi daya Tank Merkava dan Namer dengan penghematan 35% dari generasi sebelumnya. Dilengkapi sistem manajemen digital cerdas otomatis dan ketahanan produk hingga 10 tahun tanpa biaya jasa maintenance ( $ 0 ) ( 2022 )

Foto : Tank Namer Israel

Dalam keadaan perang yang berantakan di area perkotaan, gurun, hutan sawit dan di kawasan pedesaan.

Memiliki teknologi baterei yang kuat dan tangguh merupakan persyaratan mutlak demi memastikan kelangsungan hidup para tentara di dalamnnya. 

Menjaga dengan meminimalkan suara yang rendah dari kebisingan, menghemat bahan bakar energi dalam waktu yang panjang dan menghadirkan tanda deteksi termal yang rendah sambil tetap waspada.

Epsilor kembali mengupgrate teknologi miliknya dengan menawarkan penghematan efesiensi listrik hingga 35% dari generasi sebelumnya di lini COMBATT. 

Menggabungkan dua elektro kimia baru yaitu NCA dan LFP. Menghasilkan 6TLi. 

Baterei 6T memiliki ketahanan pakai hingga 10 tahun. 

Tak seperti produk sebelumnya yang mengharuskan adanya biaya perawatan setiap tahun. Maka 6T tak memerlukan hal seperti itu lagi dan sistem digitalnya telah diupgrate serba otomatis.  

Ronen badichi dari Israel mengatakan 

Fakta bahwa baterei 6T kami memenuhi persyaratan keselamatan Mil prf 32565C. Menempatkan Epsilor berada di garis terdepan penyedia baterei teknologi 6T dan kami menyaksikan ada banyak minat permintaan terhadap produk dari keluarga COMBATT 6T milik kami. Sahutnya. 

Foto : Tank Merkava Israel

Baterei buatan Eplisor sejak lama telah diinstal pada tank Merkava dan Namer. 

Selain digunakan oleh pemerintah Israel melalui angkatan bersenjata IDF. Berbagai macam negara lain juga turut ikut menggunakan produk ini. Seperti dari negara Kanada dan Uni Eropa yang terinstal ke kendaraan lapis baja mereka. 

Tentang Epsilor :

Foto : Ilmuwan Epsilor

Epsilor didirikan pada tanggal 1 Januari 1985 di Israel. 

Epsilor menciptakan teknologi penyimpanan energi pertama kali di dunia berdasarkan bahan kimia sel ion lithium dan polimer lithium untuk mengisi daya listrik tank, kendaraan lapis baja, drone, perangkat medis, smartphone, rudal, pesawat, helikopter dan berbagai macam benda elektronik lainnya.

Didirikan oleh para kumpulan orang orang inovator sejak 37 tahun yang lalu dari lulusan Technion dan Tel Aviv university. 

Epsilor menawarkan solusi mutakhir, elektronik cerdas dan sistem canggih elektro yang optimal sebagai penyimpanan daya energi listrik untuk militer dan keperluaan sipil komersial. 

Pada tahun 2019. Perusahaan Epsilor 100% telah di akuisisi ke perusahaan asal Amerika Serikat. Greenbriar. Di bagian Arotech Energy Solution yang berkantor pusat di AS.  

Hingga saat ini, tim Epsilor tetap diberikan hak kebebasan untuk mengelola dalam tata kelola di pabrik Israel. Keputusan menutup sepenuhnya fasilitas pabrik Epsilor masih dalam tahap pertimbangan yang sulit, mengingat Arotech menginginkan adanya satu pabrik bersifat pararel agar terjadi efesiensi ketimbang harus memiliki 2 pabrik di tempat lokasi yang berbeda. 

Tetapi disisi lain terganjal akibat tak ingin kehilangan bakat dari SDM orang orang Israel di Epsilor. 

Sebelum adanya akuisisi Epsilor. Hal yang sama pernah terjadi di tahun 2.000 kepada perusahaan Israel bernama Tadiranbat yang juga menciptakan teknologi baterei canggih. 

Raytheon Technology asal Amerika Serikat, Aviation industry corporation + Norinco asal China dan Rostec asal Rusia adalah pesaing terberat Eplisor. 

Di Israel. Epsilor bukanlah perusahaan pemain satu satunya di ranah teknologi baterei energi listrik. 

Masih ada perusahaan lain yang menawarkan teknologi yang lebih baru. Seperti Storedot, Electreon, Wicharge, Phinergy, 3Dbattery, Gencell, Brenmiller, dll

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU