Langsung ke konten utama

Tilik balik 41 tahun tentara IDF Israel telah sukses kuasai dan caplok 10% wilayah dan pegunungan di lebanon ( 2023 )

Pada tahun 1982. 

Militer tentara IDF Israel melakukan serangan balik ke wilayah Lebanon.

Dengan tujuan utama untuk melemahkan kekuatan politik dan angkatan bersenjata musuh. 

Pada akhir operasi. 

Tak tanggung tanggung, tentara Israel melalui IDF tanpa tawar menawar dengan sukses mencaplok dan menguasai wilayah di Lebanon selatan, bahkan saat ini di zaman modern telah membangun tembok pagar perbatasan yang dilengkapi dengan kamera pengintai, radar, sniper, sistem pertahanan udara Iron dome dan mesin tempur tank Merkava. 

PBB atau perserikatan bangsa bangsa mengutuk keras aksi pencaplokan yang dilakukan oleh militer Israel di Lebanon tersebut, namun selama bertahun tahun mereka tidak berdaya.

Hizzbullah Lebanon mencoba selalu berusaha untuk bergerak maju, tetapi mereka sering kehabisan baterai, BBM dan pelumas oli untuk mengoperasikan berbagai macam motor matic bersenjata dan mobil toyata hilux. Jadi Hizzbullah meminta bantuan Iran untuk mengirimkan senjata tambahan dan paket 150.000 roket. 

Perlawanan organisasi terorist syiah Hizzbullah yang berhasrat untuk merebut kembali tanah subur pegunungan tersebut. 

Selalu saja gagal maning. 

Pada tahun 1999. Pada saat perdana menteri Israel, Ehud barak menjabat. Israel memang pernah mundur dengan menarik diri secara sepihak ke perbatasan yang ditentukan oleh PBB secara internasional. Namun, area sebanyak 10% wilayah Lebanon di selatan masih tetap menjadi hak milik Israel hingga kini tanpa dapat diganggu gugat dimana hukum dan pemerintahan Israel aktif dijalankan.

Untuk mengatasi ketegangan dan konflik berdarah antara kedua belah pihak ( Lebanon VS Israel ). 

PBB menempatkan pasukan perdamaian di perbatasan guna meredam peperangan.  


Hizzbullah tetap klaim bahwa lebanon selatan miliknya.

Tidak mau kalah. 

Hingga detik artikel ini ditulis kepada anda, terorist Hizzbullah melalui pemimpin tertinggi bernama Sayyed Hassan Nasrallah mengklaim bahwa kawasan lebanon selatan yang dikuasai oleh Israel adalah milik Lebanon yang sah. 

Mereka bahkan berjanji untuk merebutnya kembali dari tangan IDF. 

Hizzbullah menekankan bahwa setiap kota kota dan desa desa yang ada di dalam genggaman Israel yang telah dipagari tembok perbatasan, tidak akan ditinggalkan untuk Israel. 

Sayyed hassan nasrallah mengatakan : 

Itu adalah tanah Lebanon dan rumah Lebanon. Itu harus kembali ke Lebanon tanpa syarat apapun dan harus dibebaskan. Ini adalah tanggung jawab negara, tanggung jawab rakyat dan tanggung jawab perlawanan. Sahutnya. 

Selama bertahun tahun, Lebanon dan Hizzbullah telah mengajukan keluhan ke PBB. 

Tetapi semuanya tidak dapat berdaya atas permasalahan wilayah yang dikuasai Israel tersebut. 

Disisi lain, Israel terus menerus melakukan serangan presisi menggunakan artileri, rudal dan roket kepada siapapun yang mencoba melewati atau menginjak garis batas. Bahkan mengancam siapa saja. Termasuk tidak peduli tentara PBB yang mencoba menerobos atau mendekati wilayah Israel utara.

Sejauh ini, ketegangan dan baku tembak di Lebanon selatan masih terus terjadi. 

Hizzbullah merupakan aktor dominan yang berhasrat untuk merebut kembali wilayah yang telah berada di tangan kendali Israel. 

Israel membatasi dirinya dengan membangun tembok perbatasan yang dilengkapi teknologi canggih.

Israel tak segan segan, menembakkan artileri kepada siapapun pelanggar yang melewati garis batas. 

Itu tak peduli bocil sekalipun.   


TNI Indonesia pernah berhadapan dengan moncong tank Merkava. 

Di wilayah perbatasan yang disengketakan. 

Tentara nasional Indonesia yang bergabung ke dalam organisasi PBB ( UNIFIL ). Pernah secara face to face berhadapan secara langsung dengan moncong tank Merkava.

Anggota TNI bernama Amril haris menjelaskan pengalamannya pada saat itu rombongan TNI sedang menjalankan patroli rutin di Lebanon guna meredam ketegangan antara tentara Lebanon ( LAF ) VS IDF Israel. 

Guna mencegah hal pertempuran yang tak diinginkan. 

TNI berada ditengah tengah dengan melambaikan bendera untuk perdamaian.

Sontak saja, beberapa menit kemudian.

Tank Merkava dan rombongan infanteri tentara IDF yang berjalan kaki disamping kiri & kanan bersenjatakan lengkap, akhirnya memutuskan untuk putar balik back to the home pakai Google maps agar tidak sesat menuju pulang ke kampung halamannya. 

Sesembari di jalan.

Tank merkava berteduh dulu di sebuah pohon ghorgod. Karena cuaca sedang panas terik.  


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post