Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulangi Kesuksesan. Kapal Perang Sa’ar 72 milik Israel Terbuka untuk pasar Ekspor internasional (2019)


Sejak awal 1970. Israel telah mampu membangun banyak kapal, baik ditujukan untuk penggunaan sendiri maupun ekspor.

Industri manufaktur Israel Shipyards merupakan salah satu galangan pembuatan kapal militer terbesar di Timur Tengah. Piawai menciptakan kapal militer, kapal kargo, kapal patroli, kapal tugboat, & kapal boat.

Untuk menciptakan kapal perang berjenis seperti kapal fregat, kapal selam, kapal induk, dan kapal penghancur (destroyer).

Israel hingga saat ini belum mampu mengolahnya karena persaingan diranah ini dengan negara lain begitu kompetitif.

Mengingat dokrin Israel adalah kekuatan darat dan udara. Jadi, fokus Israel dibidang industri perkapalan militer hanyalah menciptakan kapal patroli, kapal boat & kapal korvet saja.

Negara seperti Srilanka, Africa Selatan, Cyprus Uni Eropa, Azerbaijan, Chili, Argentina, Yunani Uni Eropa, Singapura, Myanmar, India, Slovenia, Eritrea, Kolombia, Meksiko dan Filipina merupakan salah satu pelanggan atau pemesan setia produk kapal-kapal perang buatan Israel.

Produk kapal militer terlaris buatan Israel diminati dunia berupa kapal korvet dari kelas Sa’ar, kapal robot protector, kapal Dvora, dan kapal patroli shaldaq.

Kapal perang kelas Sa’ar 72 

Korvet Sa’ar 72 adalah pengembangan generasi terbaru lanjutan untuk menggantikan kakaknya yg segera pensiun. yaitu Sa’ar 4 dan Sa’ar 4.5.

Keunggulan Sa’ar 72 terletak pada kemampuan mengurangi visibilitas terdeteksi oleh radar dan inframerah. Tentu saja kali ini ukuran berat jauh lebih besar dari sekitar 500 ton ke 800 ton.

Bagi pelanggan internasional berminat terhadap produk kapal perang corvet Sa’ar 72.

Pada Oktober 2018. 

Sa’ar 72 kini terbuka untuk ekspor.  

Harga perunit $ 350 - $ 400 juta dolar atau sekitar Rp 4 - 5 triliun rupiah.

Sejak pemesanan butuh waktu 30 bulan pengerjaannya per unit di galangan Israel Shipyards.




Sa’ar 72 merupakan kapal korvet yang dilengkapi perang anti-udara dan perang anti-kapal. Penyerangan jarak dekatnya terdiri dari meriam Oto Melara 76 mm untuk menenggelamkan kapal illegal fishing. Sedangkan rudal Barak8 beroperasi dalam jangkauan 100 km untuk melumpuhkan pesawat tempur yg melanggar territorial lautan. Kapal bertindak defensive namun juga bersifat penyerang. Pengontrol tembakan dan pod sensor elektro optic tersedia lengkap. Desain Sa’ar 72 merupakan kapal perang korvet hemat biaya berdasarkan kemampuan daya tembak dan jumlah tentara yg dapat dibawa cukup banyak untuk menggelar aksi pasukan khusus. Hal ini tentu menarik bagi pelanggan internasional untuk membelinya. Tentu saja, Sa’ar 72 tak didesain untuk berperang di laut biru dalam, melawan kapal-kapal penghancur destroyer. Tetapi untuk melawan kapal selain destroyer dipastikan cukup handal dan tentu saja kapal Sa’ar 72 multifungsi.     


Spesifikasi

Sa’ar 72 memiliki panjang 72 meter dan lebar 10 meter.

Mampu membawa 70 pasukan bersenjata lengkap dan 1 unit helikopter dan 2 unit kapal boat ringan.

Kecepatan laju kapal sekitar 30 knot atau 55 km/jam. Mesin yg digunakan adalah 2 unit MTU 16V1163M94 yg dibeli perusahaan Israel Shipyards dari perusahaan Rolls Royce asal  Jerman, Uni Eropa.


Daya tahan sekitar 21 hari di lautan sekali isi bahan bakar.

Untuk persenjataan dilengkapi dengan meriam OTO MELARA 76 mm yg dibeli dari Uni Eropa dan Torpedo yg dibeli dari Amerika Serikat.


Persenjataan lainnya tersedia adalah 8 rudal Gabriel buatan Israel yg mampu menembak kapal musuh dari jarak 200 km, 16 rudal pertahanan Barak8, rudal C-dome (Iron dome versi lautan), drone kamikaze mini-Harpy dan rudal Spike NLOS yg mampu menembak hingga jarak 25 km. 


Disisi kiri dan kanan. Tersedia 2 unit senapan mesin typhoon weapon station buatan perusahaan Israel.

Semua sensor, sistem, radar, pemprosesan dan peperangan elektronik menggunakan 100% komponen dari perusahaan IAI Israel Aerospace Industries, Rafael Advanced Defense System dan Elbit System.

Dalam konfigurasi kapal Sa’ar 72 seperti di bahas diatas. Menawarkan peningkatan dari segi lapisan yg mengurangi deteksi radar, knalpot tersembunyi dan tiang radar terintegrasi untuk EW dan ESM.

Kemampuan radar ALPHA dan EL/M-2258 menyediakan pengawasan dan pelacakan udara jarak jauh 3D, peringatan ancaman tembakan, klasifikasi target, kontrol senjata dan mampu melacak rudal anti-ship yg menggunakan teknik sea skimming terbang rendah.

Kapal Sa’ar 72 cocok untuk penjaga perbatasan ZEE Zona ekonomi eksklusif kedaulatan lautan, mengatasi illegal fishing, melindungi kapal dagang komersial, sebagai pengawal konvoi kapal kargo yg berlayar jauh, dan patroli kepas pantai.

Youtube : Israel Sa’ar 72

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU